PENERAPAN PERMAINAN CONGKLAK TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK PAUD HIDAYAH DESA PANYABUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.240Keywords:
Traditional Congklak Game, Counting for ChildrenAbstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan permainan congklak tradisional terlihat masih rendahnya ketuntasan belajar membilang anak sehingga mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang tengah berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan disetiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakkan, observasi dan juga refleksi. Siklus berhenti ketika target keberhasilan telah tercapai. Instrument penggumpulan data yang di gunakan yaitu : Lembar tes hasil belajar, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan wawancara dengan guru kelas. Setelah menggunakan permainan congklak terjadi peningkatan yaitu dari pra siklus 29,5% belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 70,1% (16 siswa yang tuntas), sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 90,35% (19 siswa yang tuntas). Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,25%. Oleh karena itu, peneliti tindakan kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil
References
Ahmad, T Y, Pengaruh Media Congklak Dan Motivasi Terhadap Keterampilan Menghitung Perkalian Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Limboto Kab. Gorontalo, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 2022, 313–29 <http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1078>
Aminah,Pabittei, 2019, Permainan Rakyat Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan.
Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata
Ardini, Pupung Puspa, Dan Nik Lestariningrum, 2018, "Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini ,Sebuah Kajian Teori Dan Praktik, Nganjuk : Adjie Media Nusantara
Arikunto, 2015. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta. Bumi Aksara
Bambang Suwondo, 2017, Permainan Rakyat Suku Bugis Makassar Di Sulawesi Selatan. Jakarta
Dwijawiyata,2013, Mari Bermain Permainan Kelompok Untuk Anak,Yogjakarta: Kanisius
Handojo, 2017. Konseptualisasi Kemampuan Membilang Anak Usia TK Dan Permainan Tradisional Congklak
Soebadio, Haryati. 2016, Permainan Rakyat Daerah Bali. Jakarta. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Husain, Ahmad, ‘Hakikat Pengembangan’, Igarss 2014, 1, 2014, 1–5 Husna, 2019. Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta. Andi
Irham, Muhammad & Novan Ardy Wiyani, 2013, Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iswinarti, 2017, Permainan Tradisional Prosedur Dan Analisis Manfaat Psikologis Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Kementrian Pendidikan Nasional, 2017. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak . Jakarta
Khadijah, 2016, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan Perdana Mulya Sarana
Dewi Lestari. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak KelompokA Di TK Aba Jimbung I, Kalikotes, Klaten.
M. Fadlillah, 2017, Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini ,Jakarta: Kencana
M.Fadillah, 2017, Bermain Dan Permainan, Jakarta: Pt Fajar Interpratama
Melodyana, Puspa ayu, Fakultas Ilmu, Tarbiyah UIN Syarif, and Hidayatullah Jakarta, ‘tahun dengan permainan ular tangga di paud
Mohammad Fauziddin, 2017, Pembelajaran Paud Bermain Cerita Dan Menyanyi Secara Ilmiah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhammad fadillah, 2016, Desain Perkembangan Paud, yogyakarta, Ar-ruz Media,
Depdiknas. 2015. Pedoman Permainan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Jurnal, Repository.Upi. Edu/Operator/Upload/S_a0651_0603881_chapter2.Pdf. Indikator Kemampuan Membilang Anak TK. Diakses Pada Tanggal 5 Januari. 24/02/2024
ini Ratnasari Dan Komala, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Media Modifikasi Di Paud, Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), Vol.3, No.1, Januari 2020
Novi Mulyani, 2016, Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia ,
Yogyakarta: Diva Press
Observasi dengan pak tomi, tentang Penerapan permainan tradisional congklak yang efektif, 2 September 2023
Ramli., 2015 ,Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Ritonga, Soybatul Aslamiah, Analisis Kemampuan Kerja Sama Anak Dengan Permainan Pipa Bocor Di Tk Generasi Hati Rantau Selatan, 2016, 1–6
Ritonga, Syahrudin, Bukhari Is, and Ismi Yulizar, Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Haji Wada’ Dengan Media Visual Pada Kelas III Mdta Nurul Ummi Kecamatan Bilah Hulu’, Qalam Lil Mubtadiin, 7.2 (2023), 2
Runtukahu, J. Tombokan, 2014, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Ruslan, Hayati, T & Nuraeni, Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B. Ceria
Santi Dan Muhammad Yusri Bachtiar, Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak, Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten, and 2020
Sudijono, Anas, 2015. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press Sugiyono,. 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualititatif Dan R&D. Bandung.
Alfabeta
Susanto, Ahmad, 2015. Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Suyanto, S. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Yamin, Martinis & Sabri, Sanan, J. 2016. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini,
Jakarta: Gaung Persada Press Group
Yasinta Nina Damayanti, 2015, Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B1 TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul, Yogyakarta: Universitas Negeri
Yoni, Acep, 2016 Menyusun Penelitian TIndakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Okta Paranita Ritonga, Bukhari Iskandar, Ismi Yulizar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International