PENGARUH SEMINAR PARENTING TERHADAP PEMBIASAAN DISPLIN DI SEKOLAH TK GENERASI HATI

Authors

  • Iin Rahmadani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Eriani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.238

Keywords:

Seminar Parenting, Pembiasaan Disiplin, Pendidikan Karakter, Metodologi Kuantitatif, TK Generasi Hati.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seminar parenting
terhadap pembentukan disiplin di TK Generasi Hati. Penelitian ini didasarkan
pada beberapa isu, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan penggunaan jargon
disiplin, rendahnya kebiasaan anak dalam membuang sampah pada tempatnya,
serta kurangnya pemahaman orang tua mengenai penerapan pola pendidikan
karakter di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner kepada orang
tua siswa di Taman Kanak-Kanak Generasi Hati. Populasi penelitian ini terdiri
dari seluruh orang tua murid TK Generasi Hati, dan teknik pengambilan sampel
yang diterapkan adalah random sampling dengan total responden sebanyak 30
individu. Statistical analysis was performed by the application of a partial t-test to
evaluate the effect of parenting seminars on children's discipline.
Partial testing findings demonstrate that parenting seminars significantly influence
children's discipline. Nilai t yang diperoleh untuk kegiatan parenting adalah
55,574, dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil
dari α = 0,05 (5%). This signifies that the parenting seminar has a beneficial and
substantial impact on the cultivation of discipline in children at TK Generasi Hati.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima (Ho ditolak, Ha diterima),
yang menyimpulkan bahwa seminar parenting berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan anak.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa setelah seminar parenting, orang tua
lebih proaktif dalam menerapkan disiplin di rumah, yang berdampak pada
perilaku disiplin anak di sekolah, khususnya terkait kebiasaan membuang sampah
pada tempatnya. Seminar program parenting meningkatkan pemahaman orang tua
tentang pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di rumah, sehingga
mendukung pembentukan kedisiplinan di sekolah.
Rekomendasi dari penelitian ini mencakup peningkatan penggunaan jargon
disiplin di lingkungan sekolah dan rumah, pengembangan program pembiasaan
disiplin yang berkelanjutan, pelaksanaan seminar parenting secara berkala, serta
penguatan komunikasi antara institusi pendidikan dan orang tua. Melalui langkahlangkah ini, diharapkan bahwa pembiasaan disiplin anak di TK Generasi Hati
dapat dilaksanakan dengan konsistensi.

References

Arikunto, 2010. Suharsimi, Prosedur

Proposal Suatu Pendekatan

Praktik Rineka Cipta. Jakarta.

Dadang, Dandy Suhendar, ‘Kamus Besar

Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa,

Edisi V, Cetakan Kedua. Badan

Pengembangan dan Pembinaan

Bahasa Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan Republik

Indonesia, PN Balai Pustaka,

Jakarta.

Fakhruddin, 2022. ‘The Mediation Effect

of Work Discipline in the

Relationship Between School

Culture and Academic

Supervision and Teacher

Performance in Public Senior

High Schools in Magelang City’,

Educational Management,

Fauzi, Ahmad, 2022. Pentingnya

Pembiasaan Disiplin Dalam

Pengelolaan Perilaku Anak:

Perspektif Psikologis"’, Jurnal

Psikologi Anak, 14.2 (2022), 68

Khadijah, 2022. Pendidikan Karakter

Anak Usia Dini. Penerbit

Perdana Publishing, Medan.

Nugraha, Dian, 2024 ‘Pendekatan

Berbasis Faktor Dalam Membuat

Peserta Didik Disiplin: Implikasi

Untuk Praktik Pendidikan’,

Jurnal Psikologi Pendidikan,

Rahma, 2020. Pengaruh Disiplin,

Motivasi, Dan Kepemimpinan

Terhadap Kepuasan Kerja

Pegawai Badan Keuangan

Kabupaten Penajam Paser

Utara’, Jurnal GeoEkonomi.

Rahman, Nia, 2022. Pendekatan Sensitif

Dalam Membentuk Disiplin Pada

Peserta Didik: Implikasi

Psikologis, Jurnal Psikologi

Pendidikan

Sari, Maya, 2023. Membangun

Keterampilan Parenting Melalui

Partisipasi Dalam Seminar

Parenting, Jurnal Psikologi

Keluarga Dan Anak.

Sugiyono, 2019, Metode Proposal

Kuantitatif, Kualitatis, Dan

R&D, Edisi Ke II Alfabeta,

Bandung.

Susanti, Ani, 2023. Peran Seminar

Parenting Dalam Pembentukan

Karakter Anak Melalui

Pembiasaan Disiplin, Jurnal

Pendidikan Keluarga.

Susilo, Bambang, 2023. Strategi Holistik

Dalam Membuat Peserta Didik

Disiplin: Perspektif Pendidikan,

Jurnal Pendidikan.

Wiranata, 2019. Parenting Dan

Manfaatnya. Penerbit Rineka

Cipta, Bandung.

Downloads

Published

25-12-2024

How to Cite

Iin Rahmadani, Suryatik, & Eriani. (2024). PENGARUH SEMINAR PARENTING TERHADAP PEMBIASAAN DISPLIN DI SEKOLAH TK GENERASI HATI. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.238