PENGARUH SEMINAR PARENTING TERHADAP PEMBIASAAN DISPLIN DI SEKOLAH TK GENERASI HATI
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.238Keywords:
Seminar Parenting, Pembiasaan Disiplin, Pendidikan Karakter, Metodologi Kuantitatif, TK Generasi Hati.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seminar parenting
terhadap pembentukan disiplin di TK Generasi Hati. Penelitian ini didasarkan
pada beberapa isu, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan penggunaan jargon
disiplin, rendahnya kebiasaan anak dalam membuang sampah pada tempatnya,
serta kurangnya pemahaman orang tua mengenai penerapan pola pendidikan
karakter di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner kepada orang
tua siswa di Taman Kanak-Kanak Generasi Hati. Populasi penelitian ini terdiri
dari seluruh orang tua murid TK Generasi Hati, dan teknik pengambilan sampel
yang diterapkan adalah random sampling dengan total responden sebanyak 30
individu. Statistical analysis was performed by the application of a partial t-test to
evaluate the effect of parenting seminars on children's discipline.
Partial testing findings demonstrate that parenting seminars significantly influence
children's discipline. Nilai t yang diperoleh untuk kegiatan parenting adalah
55,574, dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil
dari α = 0,05 (5%). This signifies that the parenting seminar has a beneficial and
substantial impact on the cultivation of discipline in children at TK Generasi Hati.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima (Ho ditolak, Ha diterima),
yang menyimpulkan bahwa seminar parenting berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan anak.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa setelah seminar parenting, orang tua
lebih proaktif dalam menerapkan disiplin di rumah, yang berdampak pada
perilaku disiplin anak di sekolah, khususnya terkait kebiasaan membuang sampah
pada tempatnya. Seminar program parenting meningkatkan pemahaman orang tua
tentang pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di rumah, sehingga
mendukung pembentukan kedisiplinan di sekolah.
Rekomendasi dari penelitian ini mencakup peningkatan penggunaan jargon
disiplin di lingkungan sekolah dan rumah, pengembangan program pembiasaan
disiplin yang berkelanjutan, pelaksanaan seminar parenting secara berkala, serta
penguatan komunikasi antara institusi pendidikan dan orang tua. Melalui langkahlangkah ini, diharapkan bahwa pembiasaan disiplin anak di TK Generasi Hati
dapat dilaksanakan dengan konsistensi.
References
Arikunto, 2010. Suharsimi, Prosedur
Proposal Suatu Pendekatan
Praktik Rineka Cipta. Jakarta.
Dadang, Dandy Suhendar, ‘Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa,
Edisi V, Cetakan Kedua. Badan
Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik
Indonesia, PN Balai Pustaka,
Jakarta.
Fakhruddin, 2022. ‘The Mediation Effect
of Work Discipline in the
Relationship Between School
Culture and Academic
Supervision and Teacher
Performance in Public Senior
High Schools in Magelang City’,
Educational Management,
Fauzi, Ahmad, 2022. Pentingnya
Pembiasaan Disiplin Dalam
Pengelolaan Perilaku Anak:
Perspektif Psikologis"’, Jurnal
Psikologi Anak, 14.2 (2022), 68
Khadijah, 2022. Pendidikan Karakter
Anak Usia Dini. Penerbit
Perdana Publishing, Medan.
Nugraha, Dian, 2024 ‘Pendekatan
Berbasis Faktor Dalam Membuat
Peserta Didik Disiplin: Implikasi
Untuk Praktik Pendidikan’,
Jurnal Psikologi Pendidikan,
Rahma, 2020. Pengaruh Disiplin,
Motivasi, Dan Kepemimpinan
Terhadap Kepuasan Kerja
Pegawai Badan Keuangan
Kabupaten Penajam Paser
Utara’, Jurnal GeoEkonomi.
Rahman, Nia, 2022. Pendekatan Sensitif
Dalam Membentuk Disiplin Pada
Peserta Didik: Implikasi
Psikologis, Jurnal Psikologi
Pendidikan
Sari, Maya, 2023. Membangun
Keterampilan Parenting Melalui
Partisipasi Dalam Seminar
Parenting, Jurnal Psikologi
Keluarga Dan Anak.
Sugiyono, 2019, Metode Proposal
Kuantitatif, Kualitatis, Dan
R&D, Edisi Ke II Alfabeta,
Bandung.
Susanti, Ani, 2023. Peran Seminar
Parenting Dalam Pembentukan
Karakter Anak Melalui
Pembiasaan Disiplin, Jurnal
Pendidikan Keluarga.
Susilo, Bambang, 2023. Strategi Holistik
Dalam Membuat Peserta Didik
Disiplin: Perspektif Pendidikan,
Jurnal Pendidikan.
Wiranata, 2019. Parenting Dan
Manfaatnya. Penerbit Rineka
Cipta, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iin Rahmadani, Suryatik, Eriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International