PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM KEJAR ( KELOMPOK BELAJAR ) PAKET C DI LAPAS RANTAUPRAPAT

Authors

  • Ruwaidah Universitas Al washliyah Labuhanbatu

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, LAPAS, Kelompok Belajar, Paket C.

Abstract

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia.
Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang
bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari peran agama amat penting bagi
kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi
menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan
di lingkungan keluarga, di lembaga pendidikan formal maupun nonformal serta
masyarakat. Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual
dan membentuk peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika,
budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan
potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai
keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual
ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada
akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia
yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Tujuan Pelasanaan Pendidikan Agama Islam di LAPAS Rantauprapat merupakan
salah satu program yang diberikan Kampus Universitas Alwashliyah Labuhanbatu,
sebagai bukti dari tridharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pengabdian
Masyarakat dan juga merupakan salah satu Hak dan Kewajiban Warga Lapas yaitu
mendapatkan Pendidikan dan Pengajaran, dengan memberikan Kelompok Belajar
(Kejar) Paket C kepada warga,

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Ruwaidah. (2022). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM KEJAR ( KELOMPOK BELAJAR ) PAKET C DI LAPAS RANTAUPRAPAT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 4(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/21