PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.198Keywords:
Peran, Guru, Pengembangan, Potensi Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mengembangkan potensi siswa melalui pendekatan fasilitator pembelajaran, metode pembelajaran aktif, dan pendekatan individual. Pendahuluan penelitian ini menyoroti pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi perubahan tingkah laku siswa, yang merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah library research atau studi kepustakaan, di mana data dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, dan dokumen terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru yang efektif dapat mengenali dan memahami keberagaman potensi siswa, serta merancang pembelajaran yang sesuai dengan berbagai gaya belajar dan minat siswa. Metode pembelajaran aktif terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi mereka, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Selain itu, pendekatan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berperan penting dalam memaksimalkan potensi mereka. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa dukungan emosional, interaksi yang dinamis, dan pendekatan personal oleh guru adalah kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.
References
Amaliyah, Aam, & Rahmat, Azwar. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. 5(1), 28–45.
Asnawi, Arsad, Rakhmat, Cece, & Sidik, Geri Syahril. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017
Belajar, Hasil, Kelas, D. I., & Smk, X. I. (n.d.). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas xi smk. 1–14.
Di, I. P. A., & Dasar, Sekolah. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran. 1(2), 57–68.
Khasanah, Fifin Nur, Inayah, Hisbiyatul, Hajar, Siti, & Bahrodin, Ariga. (2020). Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Potensi Diri Peserta DIDIK. Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Potensi Diri Peserta Didik, 02(01), 47–57. Retrieved from http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/aladawat
M. Yuda Wahidin, Sumarni. (2022). Peran Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13, 226–237.
Maulandari, Maulandari, Kusnadi, Dedi, & Mas’an Al Wahid, Sucahyo. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 131–138. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.139
Mumpuni, Yuna. (2017). Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Logika, 1000(1), 36–48.
Porajow, Andreas D., Tulenan, Virginia, & Paturusi, Sary D. E. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 15(4), 315–324.
Rahmawati, Mega, & Suryadi, Edi. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Rizal Faturrokhman. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan. 2(4), 713–721.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aditya Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International