PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS III SDN 01 BAKARAN BATU
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.195Keywords:
Peningkatan, Hasil Belajar, Pendidikan Matematika, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas III SDN 01 Bakaran Batu, subjek penelitian ini adalah kelas III SDN 01 Bakaranbatu yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023, penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sisitem siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dsn refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penilaian yang digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses belajar dan mengajar berlangsung, dan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase dari hasil belajar kognitif sisiwa, sikap dan aktivitas peserta didik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas III SDN 01 Bakaran Batu.
References
Adjie Nahrowi, Suci Utami Putri, dan Pinitia Dewi, 2021, Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik(PMR) pada Anak Usia Dini, 1031004 volume.5, Edisi 2
Ayudia A, Suryanto, 2017, Analsis Kesalahan Penggunaan Bahasa Dalam Laporan Hasil Observasi, Jurnal. Fkip. Uns.Ac, Volume 2, Edisi 4, Jakarta.
Basrowi, Suandi, 2018, Memahami Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Edisi 12, Jakarta
BP Abdahman, 2022, Unsur-Unsur Pendidikan, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unusr-Unsu Pendidikan, Volume 02, Edisi 1, Bandung.
BSNP, 2016, Standar Isi Satuan Pendidikan dan Dasar Menengah, Volume 3, Edisi, Jakarta.
Daud Sagian Muhammad, 2016,Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika,Volume 2, Edisi 1, Jakarta.
Fadilah Lailatul Maghfiroh and Other, 2021, Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Numerisasi Siswa Di Sekolah Dasar, Jurnal Basic Edu, Volume 5, Edisi 5. Yokyakarta.
Fajriyah Noor, Eef Asiska Wati, 2015, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP, Edu Mat,Jurnal Pndidikan Matematika, 1025527 Volume 15, Edisi 3, Jakarta.
Guman A, 2020, Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android, Jurnal Kesenian Dan Keolahragawan, Volume 15, Edisi 2, Jakarta.
Hartono H, K Hutomo, 2013, Deskripsi Objek Penelitian, Jurnal Penelitian, Dan Skripsi, Volume 5, Edisi 4, Jakarta.
Holisin Iis, 2016, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) , Jurnal Arrtikel matematika, Volume 3, Edisi 3, Bandung.
Is Bukhari, Suryatik, 2021, Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran Melalui Daring pada Masa covid 19, Tarbiyatul Bil Kolam, Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, Volume 5, Edisi 1, Rantauparapat.
Jeheman AA, B Gunur, 2019, Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Edisi 5, Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2017, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Badan pengembangan dan pembinaann Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Jakarta.
Kholisin Iis, 2015, Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan atemaatika, Volume 2, Edisi 2, Jakarta.
Prayogo Pangestu, Apri Utami Parta Santi, 2016, Pengaruh Pendidikan Matematika Realistic Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika, 10. 24853, Volume 2, Edisi 2, Jakarta
Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Volume 1. Edisi 2, Jakarta
Puspitasari Ripka Yuspin and Gamaliel Septian Arlianda, 2021, Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basic Edu,10.31004, Volume5, Edisi 2, Jakarta.
Suanto Ahmad, 2015, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah, Jurnal Matematika Terpadu, Volume2, Edisi 3, Bandung.
Suharsimi Ari Kunto, 2022, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Volume 2, Edisi 4 , Bandung.
Yandiyana S.N Y.Ariani, 2020, Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pecahan Di Sekolah Dasar, Volume 4, Edisi 2, Jakarta.
Yulianti, 2019, Kemapuan Kemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran, Jurnal Basic Edu, Volume 4, Edisi 2, Jakarta.
Yayk Erna, 2019, Pembelajaran Matematika SD, Jurnal Pendidikan, Volume I, Edisi 4, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SRI WAHYUNI LUBIS, leli hasanah lubis, Suryatik, Muhammad Zulham Munthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International