UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN BERMAIN PLASTISIN PAUD AL-KHANZA DESA PULO BARGOT KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Authors

  • Fika Yuli Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Soybatul Aslamiah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Jupriaman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.194

Keywords:

Kemampuan motorik halus, anak usia dini, media bermain plastisin

Abstract

Masalah pokok pada dalam penelitian ini adalah Apakah bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Paud Al-Khanza Desa Pulo Bargot Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2021/2022?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak pada anak Paud Al-Khanza Desa Pulo Bargot Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

                Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tahap dua siklus yang dilaksanakan di Paud Al-Khanza dengan subjek penelitian adalah siswa Paud Al-Khanza yabg berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Siklus I mencapai nilai 40%. Kemudia pada siklus II sudah bertambah menjadi nilai 90%.

        Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak diperlukan. Oleh karena itu dengan menggunakan pembelajaran dengan bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Paud Al-Khanza Desa Pulo Bargot Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara

References

AiniJamila, 2021, Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di RA Miftahul Hidayah Sumber Mulyo Kabupaten Labuhanbatu, Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu, Sumatera Utara.

ArlinaSiti, 2014, Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin Pada Kelompok A di PAUD Plus Al Fattah Jarak Kulon Kabupaten Jombang, Jurnal PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya.

Aslamiah RitongaSoybatul, 2022, Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Ponegoro Asam Jawa, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary ( STITA)Sumatera Utara, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, Vol VI,Edisi 1Januari - Juni , ISSN 2599 - 2945 , Ranrauprapat.

DesmarianiEvi, 2020, Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini, Pustaka Galeri Mandiri, Padang.

Elfiadi, 2016, Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini, dalam Itqan, Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh Lhokseumawe dan penerbit Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Volume VII/No.1/Januari-Juni.

IsBukhari, 2020, Model Pembelajaran Al-Amtsal Untuk Meningkatkan Daya Nalar Anak Dalam Proses Pembelajaran, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu, Sumatera Utara, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, Vol. IV, Edisi 2 Julii – Desember 2020, ISSN 2599 – 2945, Rantauprapat.

Khadijah, Dkk, 2020, Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik, Kencana, Jakarta.

Masganti Sit, 2017, Perkembangan Peserta Didik, Prenada Media Group, Depok.

Munardi, Nanimirianwati, 2013, Modul Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, bp:pnfi Bengkulu.

NofiantiRita, 2021, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edu Publisher, Tasikmalaya.

Nur JatmikaYusep, 2012, Ragam Aktivitas Harian untuk Playgroup, IKAPI, Jogjakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.

Rahmi WardaniIlfi, 2017, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Menggunakan Media Plastisin Di Kelompok B TK Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung, Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

RambeElpiani, Bukhari Is, 2017, Konseling Individual Peserta Didik Berkesulitan Belajar dan Pengentasan Melalui Strategi Pekerjaan Rumah dan Fonik, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu, Sumatera Utara, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, Vol. IV, Edisi 1 Januari – Juni 2020, ISSN 2599 – 2945, Rantauprapat.

RitongaJuliana, 2021, Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di PAUD AN-NISAH Padang Malaka, Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary ( STITA ) Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Sahbuki Ritonga, 2021, Manajemen Pendidikan PAUD, CV. Manhaji, Cet. Pertama, Medan.

Samsudin, 2012, Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak, Litera Media Group, Jakarta.

SuhadaIdad, 2018, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, PT Remaja Rosydakarya, Bandung.

SusantoAhmad, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Kencana Prenada Media Cet Ke-3 , Jakarta.

Wahyu Pertiwi SariDyana,. 2013, Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol 2, No 3.

WijayaCandra, dkk, 2013, penelitian Tindakan Kelas, Citapustaka Media Perintis, Bandung.

YantiArni, 2020, Penggunaan Media Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak AUD Al-Furqon Salam Sari, Lampung Timur, Skripsi Jurusan PIAUD Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro, Salam Sari, Lampung Timur.

Downloads

Published

25-06-2024

How to Cite

Fika Yuli Handayani, Suryatik, Soybatul Aslamiah Ritonga, & Jupriaman. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN BERMAIN PLASTISIN PAUD AL-KHANZA DESA PULO BARGOT KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.194