PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 117509 POLDUNG

Authors

  • HOTMA SARI STITA
  • azhar
  • leli hasanah lubis
  • Jupriaman

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.190

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah utuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan berapa besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray  terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 117509 Poldung Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2023/2024.

                Landasan teori pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif adalah berasal dari kata cooperative learning yang artinya sebuah metode atau medel dan strategi pembelajaran. Two Stay two Stray adalah model pembelajaran yang lakukan dengan membetuk kelompok sekotar 4 orang.  Hasil belajar adalah sebagai hasil yang dicapai seseorang yang mengalami proes belajar.

                Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 117509 Poldung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (Quasi Exprimen) dengan sampel penelitian dengan teknik total sampling, kelas V A pembelajaran menggunakan metode konvensional (tanya jawab, ceramah, dan diskusi) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas V B sebagai kelas Eksprimen diajarkan menggunakan model pembelajaran Two Stay two Stray.

        Berdasakan hasil perhitungan, hasil penelitian rata rata pada tes  awal yaitu 85,6 dan pada tes akhir yaitu 90, hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 bahwa ttabel = 2,019 dan thtung = -2,045 sehingga terbukti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 117509 Poldung.

References

Ali, Ismun, 2021, Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Mubtadiin, Vol.7.No.1, Lampung.

Amalia, Fithria Khusno dan Muhtar Solihin, 2017, Nilai-Nilai Ulu Al-‘Azmi Dalam Tafsir Ibnu Katsir’, Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur‟an Dan Tafsir, Vol 2, Edisi 1, Bandung.

Aminah, Siti Hasibuan dan Ismi Yulizar,, 2022 ,Tarbiyah Bil Qalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Min Medan, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, Vol VI. Edisi 1, Sumatera Utara Rantauprapat.

Apriandi, Devi, 2013, Efektifitas Model pembelajaran Koopratif Tipe Two StayTwo Stray (TSTS) dan Numbered head together(NHT) Terhadap prestasi Belajar Matematika Peserta Didik kelas VIII di kabupaten Bantul Ditinjau dari Aktivitas belajar”jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 1, No. 1.

Aripin, Zainal, 2012, Evaluasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Asiah, Nur, 2014, Inovasi pembelajaran, Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung.

Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Indonesia, 2017, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 5, Jakarta.

Diponegoro, 2018, Al-Qur’an Terjemah Al-Hikmah, Cv Penerbit Diponegoro, Bandung.

Erlinda, Nelfi, 2017, Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model pembelajaran Koopratif Tipe Time Game Tournamen Pada Mata pelajaran Fisika Kelas X Dharma Bakti Lubuk Alung” Tadris: Jurnal Keguruan dan ilmu Tarbiyah, Vol. 2, No. 1.

Fiteriani, Ida, 2016, Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V Mi raden wonodadi, kecamatan Gadinrejo tahun pelajaran 2015/2016”TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol.3, No. 1.

Huda, Miftahul, 2014, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Huda, Miftahul, 2015, Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta: 141.

Is, Bukhari dan Suryatik, 2021, Metode dan Model Pembelajaran, CV. Manhaji, Medan.

Isjoni, 2013, Cooperatif Learning, Alfebeta, bandung.

Jaya, Indra dan Ardat, 2013, Penerapan Statistik untuk Pendidikaan, Citapustaka Media Pritis, Bandung.

Jaya, Indra dan Ardat, 2013, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Citapustaka Media Pritis, Bandung.

Joyce, dan Weil, 2013, Model-Model Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kuandar, 2014, Penelitian Autentik, rajawali Pres, Jakarta.

Ripai, Arsyad, Siregar and Bukhari Is, 2020, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi azan Dengan Menggunkan Metode Demonstrasi Di Kelas II Darul Muhsini: Jurnal Pendidikan agama,Vol 2. Edisi 25 ,Sumatera Utara Rantauprapat.

Ripai, Arsyad, Siregar dan Bukhari Is, 2020, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi azan Dengan Menggunkan Metode Demonstrasi Di Kelas II Darul Muhsini: Jurnal Pendidikan agama,Vol 2. Edisi 25 , Sumatera Utara Rantauparapat.

Shoimin, Aris, 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Arrus media,Yogyakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendkatan Kuantitatif R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D , Alfabeta Bandung,.

Suprijono, Agus, 2014, Coopratif And Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Suraji, 2017, Penerapan Model Kooperatip Tipe Two Stay Two stray (TSTS) dalam UpayaMeningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Metematis Siswa SD, Jurnal Ilmiah Pendidikan matematika, Vol. 3, No.2.

Syahri, Alfi, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih: Jurnal Pendidikan agama, 5, Sumatra Utara, Rantauprapat.

Undang-undang Republik Indonesia Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Bab Pasal 1 Ayat 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan bagi perannya dimasa yang akan datang.

Usiono, 2016, Filsafat Pendidikan Islam, Cipta Pustaka Media, Bandung.

Downloads

Published

25-12-2024

How to Cite

HOTMA SARI, azhar, leli hasanah lubis, & Jupriaman. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 117509 POLDUNG. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.190