ANALISIS KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK DENGAN PERMAINAN PIPA BOCOR DI TK GENERASI HATI RANTAU SELATAN

Authors

  • Soybatul Aslamiah Ritonga STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Haris Suwondo
  • Widia Lestari

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.168

Keywords:

Keywords—Permainan Pipa Bocor, Kemampuan Kerjasama, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian  ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kerja sama anak di TK Generasi Hati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan kerjasama anak dengan permainan pipa bocor di TK Generasi Hati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B TK Generasi Hati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pembelajaran dengan permainan pipa bocor terbukti memiliki potensi untuk membangun kerjasama diantara sesama anggota kelompok. Kedua, pembelajaran dengan permainan pipa lines memakasa anggota kelompok untuk bersikap secara serius dalam menyikapi persoalan yang muncul dalam kelompoknya. Ketiga, pembelajaran dengan permainan pipa lines menumbuhkan pula sikap tanggungjawab, disiplin, saling menghargai, kesabaran, dan kesadaran kelompok untuk saling membantu terhadap sesama anggota kelompok.

References

Ellena, R, C. & Suminar. 2018. Effective Cooperative Learning Numbered Heads Together to Improve the Social Skills of Kindergartens Student. The International Journal Of Social Sciences and Humanities Invention.

Fauziddin M. 2016. Pendekatan Kemampuan Kerjasam melalui Kegiatan Kerja Kelompok A TK Kartika Solo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Gillies, R.M. 2016. Cooperative Learning:Review of Research and Practice. Australia Journal Of Teachers Education, Vol.41.

Nurhamida, I. 2018. Problematika Komptensi Pedagogik Guru terhadap Karakter Peserta Didik. Journal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS.

Prabandari I R & Fidesrinur F. 2021. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Journal Anal Usia Dini Holistic Integratif (AUDHI).

Ritonga, Soybatul Aslamiah. 2023. Pengaruh Alat Permainan Edukatif terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tarbiyah Bil Qalam Vol.VII.I.

(Ritonga, 2023)

Sohrabi, T. 2021. Power Of Play: How Playing Affect Cooperation Skills. Brock Education Journal.

Suryono D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. In Prenademia Group (Edisi Pertama). Kencana.

Van Oers B. 2013. Is it Play? Towards a reconceptualisation of role play from an activity theory perspective. European Early Childhood Education Research Journal.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Soybatul Aslamiah Ritonga, Haris Suwondo, & Widia Lestari. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK DENGAN PERMAINAN PIPA BOCOR DI TK GENERASI HATI RANTAU SELATAN . Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.168