UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA KELAS IV MDTA TUNAS BANGSA PULAU INTAN

Authors

  • ROHATIJAH Mahasiswa PGMI
  • Suryatik
  • Azhar

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.166

Keywords:

Keywords—Minat Belajar, Metode drill, MDTA..

Abstract

Penulis adalah Rohatijah, NPM :17.86232.0002, NIRM : 017.40.1.2.3.1.0167 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Judul penelitian adalah Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Drill pada Kelas IV MDTA Tunas Bangsa Pulau Intan.

 

Banyak permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar terutama yang berkaitan dengan penelitian penulis adalah masalah minat belajar yang rendah, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor yang berasal dari siswa itu sendiri dan dapat pula berasal dari keterampilan guru dalam menggunakan metode mengajar.

 

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas partisipan, karena peneliti terlibat berpartisipasi langsung dalam penelitian mulai awal sampai berakhirnya penelitian. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, dan menggunakan 2 (dua) siklus.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan minat siswa dan bagaimanakah pengaruh metode drill dalam kaitannya dengan pembelajaran siswa terhadap materi pokok ilmu tajwid pada siswakelas IV MDTA Tunas Bangsa Pulau Intan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dengan ukuran ketuntasan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Pada siklus pertama diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 20%, sedangkan pada siklus kedua ketuntasan belajar mencapai 85%, dari data tersebut diperoleh kenaikan sebesar 65%, hal ini menunjukkan kenaikan yang signifikan.

References

Al-Quranul karim dan terjemahannya, Kementerian Agama Repubil Ikdonesia.

Adi S, 2021, Pengertian Peningkatan Menurut Para Ahli, Http://Www.Duniapelajar.Com,pengertian-

Peningkatan-Menurut-Para-Ahli,Html. Diakses tanggal 02 desember 2021

Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta

Is Bukhari, 2018, Manajemen Konseling Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 1 Tahun 2018, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Rantauprapat.

Abdullah Mu’ti dan ChabibThoha. 2010. PBM-PAI di SekolahEksistensi dan Proses BelajarMengajar PAI. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Abdullah Rahman Shaleh, dkk. 2016. Didaktif Pendidikan Agama. Bulan Bintang: Jakarta.

Alfandi, Safuan. KamusLengkap Bahasa Indonesia.SendangIlmu: Solo

Ali, Muhammad Daud. 2004. Pendidikan Agama Islam. PT.RajaGrafindoPersada. PT. Raja

A. M, Sardiman. 2014. Interaksi dan

MotivasiBelajarMengajar. Rajawali Pers: Jakarta.

ArikuntoSuharsimi. 2010. ProsedurPenelitian Tindakan Kelas. BumiAksara: Jakarta.

A.ShomadRobith dan Saeruddin. 2011. TuntunanIlmu Tajwid Praktis. Surabaya: INDAH.

Armai, Arief. 2002. PengantarIlmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Intermasa. Jakarta.

Asy’ari, Abdullah. 2017. Pelajaran Tajwid. Apollo: Surabaya.

Azis, Abdul Sholeh. dkk. At-tarbiatuWaTarokuTadris. DarulMa’arif :Mesir.

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam danModernisasiMenujuMilleniumBaru. Logos Wacana: Jakarta.

Departemen Agama RI. 2015. Al-Hikmah Al-Qur’an dan Terjemahannya. PenerbitDiponegoro: Bandung.

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. RinekaCipta: Jakarta.

Drajat, Zakiah. dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. BumiAksara: Jakarta.

Nata, Abuddin. 2010. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Raja GrapindoPersada: Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. PT. RemajaRosdakarya: Bandung.

Rosyadi, Khoiron. 2010. Pendidikan Profetik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. SinarBaruAlgensindo : Bandung.

Sudijono, Anas. 2013. PengantarEvaluasi Pendidikan. PT. Raja GrapindoPersada: Jakarta.

Sugandi, Ahmad. 2010. TeoriPembelajaran. UPT. Unnes: Semarang.

Supriyono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Jakarta.

SM, Ismail. 2011. SrategiPembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Rasail Media Group: Semarang.

Syaiful, BahriDjamara. 2015. Guru dan Anak DidikdalamInteraksiEdukatif. RinekaCipta: Jakarta.

The Liang Gie. 2010. Cara Belajar yang Efektif. PUBIB. Yogyakarta.

Udang-Undang Dasar, 2006. SISDIKNAS No 20 Tahun 2003. Citra Umbara. Bandung

, Layanan Bimbingan Konseling Dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 2 Tahun 2018, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Rantauprapat.

Downloads

Published

25-12-2023

How to Cite

ROHATIJAH, Suryatik, & Azhar. (2023). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA KELAS IV MDTA TUNAS BANGSA PULAU INTAN. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.166