IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH IBTIDAIYAH LABUHANBATU

Authors

  • Bukhari Is STIT Al-Bukhary

Keywords:

Implementasi, Layanan BK, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah Swt., sebagai manusia yang
unit dengan segala keterbatasan dan kekurangannya maka
untuk mengatasi permasalah tersebut dilaksanakan melalui
layanan Bimbinmgan dan Konseling (BK) atau disebut juga
dengan Layanan Konseling. Para pembelajar juga tidak
terlepas dari hambatan dalam mensukseskan proses
pembelajarannya oleh karena itu di satuan pendidikan perlu
disiapkan guru BK. Layanan Konseling sangat penting di
madrasah untuk melaksanakan bantuan belajar dan arah
peminatan khususnya studi lanjut.
Implementasi dalam penelitian ini adalah aktivitas yang
didasari perencanaan yang cermat, rinci dan matang untuk
dapat terlaksananya layanan konseling secara efektif dan
efesien berdasarkan norma-norma hukum, aga, susila dan
kesopanan untuk mencapai tujuan bersama yang ditetapkan
dalam layanan konseling.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
melalui wawancara pada tingkat penjajakan dan wawancara
mendalam. Sebelum melakukan penelitian penulis melakukan
penjajakan kegiatan ke tempat penelitian untuk mencari
temukan masalah (grand tour).
Layanan Konseling harus dilakukan oleh tenaga
professional yaitu tenaga ahli yang memiliki pendidikan
akademik Bimbingan dan Konseling atau yang sejenisnya dan
lebih diutamana yang memiliki Pendidikan Profesi Konselor
(PPK), sehingga layanan konseling di Madrasah dapatb
terlaksana d=sesuai dengan amanat undang-undang.

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Bukhari Is. (2022). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH IBTIDAIYAH LABUHANBATU. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/15

Issue

Section

Articles