HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MIN PADANG BULAN LABUHANBATU

Authors

  • Leli Hasanah Lubis STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Linieritas Keilmuan, Manajerial Guru, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Gaya belajar adalah salah satu cara bagaimana menyerap,
mengatur dan mengolah informasi. Sehingga dengan
mengetahui adanya gaya belajar pada diri siswa, maka dapat
membantu dirinya sendiri dalam belajar lebih cepat dan lebih
mudah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adakah
hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. MIN
Padang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar
dengan hasil belajar siswa di madrasah. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajar
dengan hasil belajar siswa di MIN Padang Bulan
Rantauprapat, Labuhanbatu terhadap linieritas keilmuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasi product moment. Dalam penelitian ini
yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V MIN
Padang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Sampel
menggunakan random sampling sebanyak 51 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket. Angket yang
dipersiapkan dibagikan kepada repondan. Angket berkaitan
tentang gaya belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Data
diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi
product moment, regresi linear berganda dan koefisien korelasi
berganda, pada taraf signifikan 5% dan n=51. Berdasarkan
hasil penelitian analisis data diperoleh r hitung = (0,455) > dari
r tabel dengan n=51 (0,279) atau nilai sig 0,012 <α (0,05) dengan
demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini
adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
gaya belajar dengan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Padang Bulan Labuhanbatu.

Downloads

Published

29-11-2022

How to Cite

Leli Hasanah Lubis. (2022). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MIN PADANG BULAN LABUHANBATU. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/12

Issue

Section

Articles