PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.112Keywords:
Keywords—Alat Permainan Edukatif, Motorik KasarAbstract
Abstract—Abstrak
“Bermain mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Bermain merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak dalam mengeluarkan energy yang terpendam. Bermain juga merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi anak.” “Melalui bermain dapat mengembangkan potensi dan kemampuan anak.” “Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan motorik kasar anak terlihat dari anak tidak banyak melakukan aktivitas gerak saat disekolah, yang mengakibatkan anak mudah bosan sehingga menyebabkan anak mulai mengganggu temannya yang lain.” “Suasana kelas yang terlalu monoton dengan menggunakan model pembelajaran yang konvensional membuat anak menjadi malas bergerak.” “Kurangnya penggunaan alat permainan edukatif yang dilakukan dalam pembelajaran, proses pembelajaran masih bersifat konvensionl.” “Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh alat permainan edukatif terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.” “Penelitian ini menggunakan metode quaasiexperiment dengan one group pretest-posttest design, dan melibatkan 28 anak di TK Ummi Asmah Urung Kompas di Kabupaten Labuhanbatu pada bulan September 2022.” “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh alat permainan edukatif (APE) terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5- 6 tahun.
References
Al-Hamat Anung, 2016, Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari, Penerbiut Ummul Qura, Jakarta. Al-Quranul karim dan terjemahannya, Kementerian Agama Repubil Ikdonesia.
Astini, Baik Nilawati et al, 2017, Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9.
Hasanah, Uswatun, ‘Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro’, AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5.1 (2019), 20 <https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831>
Is Bukhari, 2018, Manajemen Konseling Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 1, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Rantauprapat. __________, 2018, Layanan BimbinganKonseling Dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 2, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu,Rantauprapat. Layla maghfiroh, 2016, Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Anak DI TK Terpadu Tarviyahtul Athfal Jepara.
Rahma, Dian, Muhamad Ali, and Desni Yuniarni, 2017, Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al Fikri, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6.10, 212143.
Ritonga, Soybatul Aslamiah, 2022, Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Tk Diponegoro Asam Jawa, Tarbiyah Bil Qalam, VI.1.
Syamsuardi, 2012, Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, Jurnal Publikasi Pendidikan, II.1.
Zawi, Khairi, Denise Koh Choon Lian, and Rozlina Tan Abdullah, 2014, Gross Motor Development of Malaysian Hearing Impaired Male Preand Early School Children’, International Education Studies, 7.13, <https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p242>