LATIHAN PENGGUNAAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI MTs. AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT

Authors

  • Suryatik STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Bukhary Is

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.109

Abstract

Abstract—Abstak

Bahasa yang mudah direima oleh anak adalah ragam bahasa lisan dibanding dengan bahasa tulisan, dalam hal ini perlu penguatan bahasa lisan yang baik dan benar sesuai dengan norma susila, agama dan hukum Negara. Bahasa lisan dengan mudah mereka terima dari berbagai informasi, bisa saja pada saat mereka bermain-main atau kegiatan lainnya yang secara spontan terlontar bahasa-bahasa yang selalu mereka dengar dan mereka gunakan yang diperoleh dari berbagai macam lingkungan social yang berbeda, dapat juga mereka terima melalui media elektronik internet, handphone dan lain sebagainya yang saat ini sangat mudah diakses dengan menggunakan bahasa lisan, misalnya android ketika kita untuk mencari informasi atau berita lainnya cukup menggunakan panggilan suara, maka akan keluarlah pilihan yang kita inginkan dan kita tinggal melakukan klik dan klik. Kesemuanya itu akan dapat mempengaruhi perkembangan nalar anak.

Untuk membuat suatu keputusan tindakan itulah yang disebut dengan nalar, nalar mempunyai kekuatan individu untuk berbuat lebih banyak bagi lingkungan. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan untuk melatih siswa menggunakan bahasa lisan yang baik dan benar dengan menggunakan strategi konseling kelompok. Tempat penelitian adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Bukhary Rantauprapat merupakan salah satu sekolah yang terletak di Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

 

References

Al-Hamat Anung, 2016, Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari, Penerbiut Ummul Qura, Jakarta

Al-Quranul karim dan terjemahannya, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Is Bukhari, 2018, Manajemen Konseling Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 1 Tahun 2018, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Rantauprapat.

Is Bukhari, 2020, Model Pembelajaran Al-Amtsal Untuk Meningkatkan Daya Nalar Anak Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Tarbiyah bil Qalam Vol.IV, Edisi 2, ISSN 2599-2945, E-ISSN 2715-0151, Rantauprapat, Sumatera Utara.

Suryatik, 2020, Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Penerbit CV. Manhaji, Medan.

Suhadi, Effendi S, Djoko Kentjono, Basuki, 2015, Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia, Bandung, Remaja Rosdakarya, Bandung

Suhardi, 2015, Bahasa Dasar Bahasa Indonesia, Bandung, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

15-07-2023

How to Cite

Suryatik, & Bukhary Is. (2023). LATIHAN PENGGUNAAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI MTs. AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT . Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.109