PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AR-RIDHO TANJUNG MULIA
Keywords:
Model Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan Berpikir siswa, Materi Bahasa.Abstract
Penulis adalah Nur Aisyah Nasution, dengan judul
“Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir pada Siswa Kelas
III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung
Mulia Tahun Pelajaran 2020-2021”. Karya Ilmiah ini
merupakan ringkasan Skripsi penulis dari Sekolah
Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu.
Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan,
kekecewaan penulis dalam pengamatan proses
pembelajaran siswa terlihat dari berbagai aktifitas siswa
yang kurang motivasi untuk belajar. Untuk itu penulis
mengharapkan kepekaan pengajar dalam upaya
meningkatkan dan membangkitkan motivasi belajar
siswa sehingga dapat lebih mengembangkan kemampuan
berpikir siswa.
Penelitian yang penulis ajukan ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun jenis PTK yang
digunakan adalah PTK dalam bentuk partisipan, karena
peneliti terlibat langsung sebagai guru model dalam
penelitian ini, sedangkan sebagai pengamat (observer)
adalah guru kelas di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunbakan 2 siklus dengan 4
kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin
mengetahui apakah model penerapan pembelajaran
Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan berpikir
siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho
Tanjung Mulia Tahun Pekajaran 2020-2021.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan
kemampuan berpikir siswa, hal ini terlihat dari kenaikan
perolehan hasil pengamatan pada sisklus pertama dan
kedua. Pada siklus I diperoleh skor yaitu 33% dan pada
siklus kedua diperoleh skor 83%.