DESAIN PENELITIAN STUDI KASUS DALAM METODOLOGI KUALITATIF

Authors

  • Erny Wulandari Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar
  • Anisa Fitri Arivia Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar
  • Amanda Saragih Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar

Keywords:

Studi Kasus, Penelitian Kualitatif, Analisis Data, Triangulasi, Metodologi Penelitian

Abstract

Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Eksplorasi Mendalam Fenomena Sosial Penelitian kualitatif berfokus pada pemahaman makna di balik perilaku, pengalaman, dan interaksi sosial. Salah satu pendekatan utamanya adalah studi kasus, yaitu metode yang memungkinkan peneliti menggali secara mendalam suatu fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Studi kasus dapat diterapkan pada individu, kelompok, lembaga, atau peristiwa tertentu, dengan tujuan memahami dinamika yang terjadi secara holistik. Pertanyaan penelitian dalam studi kasus biasanya bersifat eksploratif, seperti “Bagaimana proses adaptasi guru terhadap kurikulum baru di sekolah dasar?” Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara tematik dan terus-menerus hingga ditemukan makna yang utuh dan mendalam.

Metode ini memiliki kelebihan dalam menghasilkan pemahaman kontekstual yang kaya, namun kelemahannya terletak pada keterbatasan generalisasi dan potensi subjektivitas peneliti. Oleh karena itu, studi kasus menuntut prosedur sistematis, mulai dari perumusan fokus kasus, pengumpulan data triangulatif, analisis mendalam, hingga pelaporan hasil yang transparan. Dengan desain yang tepat, studi kasus menjadi alat yang kuat dalam mengungkap realitas sosial secara menyeluruh dan bermakna.

References

Roberts, J. A. (2013). A comparative analysis of shale gas extraction policy: Potential lessons for South Africa (Doctoral dissertation, Stellenbosch: Stellenbosch University).

Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Siregar, A. Y., & Murhayati, S. (2024). Metodologi Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif :Kajian Konsep, Desain, dan Manfaatnya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 45305–45314. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/21801

Patnaik, S., & Pandey, S. C. (2019). Case study research. In Methodological issues in management research: Advances, challenges, and the way ahead (pp. 163-179). Emerald Publishing Limited.

Flyvbjerg, B. (2006). Five misunderstandings about case-study research. Qualitative inquiry, 12(2), 219-245.

RAMPAI, B. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi.

Alpi, K. M., & Evans, J. J. (2019). Distinguishing case study as a research method from case reports as a publication type. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 107(1), 1–5. https://doi.org/10.5195/jmla.2019.615

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). sage.

Stake, R. E. (1995). The art of case study research. SAGE Publications.

Merriam, S. B. (1998). Qualitative research and case study applications in education. Jossey-Bass.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (4th ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Erny Wulandari, Anisa Fitri Arivia, & Amanda Saragih. (2025). DESAIN PENELITIAN STUDI KASUS DALAM METODOLOGI KUALITATIF. Qalam Lil Athfal, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/426