CARA MENGEFEKTIFKAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Authors

  • Azmi Ayu Fauziah Batubara Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar
  • Intan Tri Permatasari Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar.
  • Asmah Naziha Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar
  • Irfan Fauzi Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar

Keywords:

Supervisi Pendidikan, Manajemen Sekolah, Partisipasi Guru, Pengembangan Profesional, Kolaborasi Edukatif

Abstract

Supervisi pendidikan yang efektif merupakan elemen krusial dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalitas pendidik di lingkungan sekolah. Penguatan manajemen dan administrasi menjadi fondasi utama dalam menciptakan sistem supervisi yang terstruktur. Selanjutnya, partisipasi aktif seluruh warga sekolah dibangun melalui peningkatan kesadaran kolektif. Efektivitas supervisi juga didorong dengan optimalisasi rapat pimpinan dan guru, serta penyediaan media seperti papan karya guru dan perpustakaan yang representatif. Forum diskusi guru dan penerbitan buletin sekolah dijadikan sarana refleksi dan berbagi praktik baik. Inovasi lain dilakukan melalui pembentukan forum penelitian guru dan pelaksanaan workshop kurikulum untuk meningkatkan kapasitas pedagogis. Studi banding tahunan dilaksanakan sebagai sarana benchmarking yang konstruktif. Melalui pendekatan ini, supervisi pendidikan tidak hanya menjadi instrumen pengawasan, tetapi juga media pembinaan, kolaborasi, dan pengembangan profesional yang berkesinambungan.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. Y. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974.

Almuarif & Darul Ilmi, 2024, Pengaruh Kompetensi Sosial Pimpinan Pondok Pesantren Dan Religiusitas Guru Terhadap Kinerja Guru. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 590. https://doi.org/10.24127/att.v8i2.3704

Budiastuti, Arina Siti. 2022, Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 146–155. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.455

Budiyanto, Agung. & Zahrina Roseliana Mazidah, 2022. Peran Perpustakaan dalam Mengenalkan Sejarah Indonesia Melalui Arsip Koran Kompas pada Perpustakaan Universitas Semarang. Information Science and Library, 1(2), 87. https://doi.org/10.26623/jisl.v1i2.2853

Maduratih, Kurniayu. & Afakhrul Masub Bakhtiar, 2024. Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar P5 dengan Media Papan Pintar Kelas II SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.842

Maisaroh, S., & Danuri. (2020). Administrasi & supervisi pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Maritim, Ery. 2024. Membimbing Siswa Menulis Dan Menerbitkan Karya Buku Anak Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.296

Muhajirah, B., Rahman, D., & Nursita, L. (2023). Problematika dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 90.

Muji, R., Hartinah, S., & Maufur. (2024). Pengaruh supervisi kepala sekolah, dan partisipasi guru dalam kegiatan kelompok kerja guru, serta pemanfaatan platform Merdeka Mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(4), 4583.

Naima, Retoliah, & Farida. (2023). Supervisi pendidikan. Gowa, Sulawesi Selatan: Penerbit Aksara Timur.

Pettalongi, S. S., Pahmi, Zakaria, N., Pratama, I. P. Y., & Marzuki. (2025). Manajemen administrasi pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Putra Adi Dharma.

Purwanto, M. E. (2022). Peran studi banding dalam meningkatkan kualitas guru dan kinerja sekolah. Kridatama Sains dan Teknologi, 4(2), 182.

Setyani, Noormalita Amelia. & Heriyanto, 2021. Perilaku Informasi Masyarakat Kota Kendal Pengguna Koran Dinding. Pustakaloka, 13(1), 137–155. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i1.2467

Sutikno, M. S. (2022). Pengantar supervisi pendidikan. Kota Mataram: UIN Mataram Press.

Suwardi, 2021. Meningkatkan keterampilan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran tematik melalui workshop. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.6

Tursina, N. (2017). Administrasi dan supervisi pendidikan. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Wahyuningsih, Rini. & Ermayanti. 2022. Peningkatan Kualitas Sekolah Melalui Supervisi Pendidikan. Buletin Edukasi Indonesia, 1(01), 13–18. https://doi.org/10.56741/bei.v1i01.21

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Azmi Ayu Fauziah Batubara, Intan Tri Permatasari, Asmah Naziha, & Irfan Fauzi. (2025). CARA MENGEFEKTIFKAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Qalam Lil Athfal, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/425