PROBLEMATIKA GURU DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SUPERVISI PENDIDIKAN
Keywords:
Educational Supervision, Teaching Skills, Teacher Work Motivation, Job Satisfaction, Teacher Problems, Professional DevelopmentAbstract
Supervisi pendidikan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Namun, implementasi supervisi yang belum optimal kerap menjadi pemicu munculnya berbagai problematika di kalangan guru. Penelitian ini mengkaji secara mendalam problematika guru dalam konteks supervisi pendidikan, meliputi keterampilan mengajar yang belum memadai, rendahnya motivasi kerja, serta tingkat kepuasan kerja yang fluktuatif. Keterbatasan dalam keterampilan pedagogik dan penguasaan metodologi pembelajaran menyebabkan proses belajar tidak mencapai efektivitas maksimal. Di sisi lain, motivasi kerja guru yang rendah sering kali bersumber dari kurangnya penghargaan, beban kerja yang berlebihan, serta lemahnya dukungan moral dan profesional. Hal ini diperburuk oleh supervisi pendidikan yang cenderung bersifat administratif dan kurang menyentuh aspek pembinaan profesional guru secara holistik. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan pendekatan supervisi yang lebih humanistik, kolaboratif, dan memberdayakan, sehingga guru tidak hanya menjadi pelaksana kurikulum, melainkan juga agen perubahan pendidikan. Kajian ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai pentingnya sinergi antara kompetensi guru, motivasi intrinsik, kepuasan kerja, dan pola supervisi yang transformatif untuk menciptakan ekosistem sekolah yang progresif.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.
Effendi, A., Sari, D. N., & Wulandari, L. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(2), 115–125.
Effendy, M. (2021). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 45–56.
Ekawaty, A. E., Satori, D., Triatna, C., & Herawan, E. (2024). Academic Supervision In Improving The Quality Of Education Through Teacher Competency And Performance Intervention At Junior School Level In Bireuen District. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 7791–7796. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i4.2640
Glanz, J. (2022). Supervision: Supporting best practices. New York: Rowman & Littlefield.
Haris, İ., Naway, F., Pulukadang, W. T., Takeshita, H., & Ancho, İ. V. (2018). School Supervision Practices in the Indonesian Education System; Perspectives and Challenges. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 366–387.
Keiser University. (2023). Effective lesson planning: A key to classroom success. Retrieved from https://www.keiseruniversity.edu
Michaelowa, K. (2002). Teacher job satisfaction, student achievement, and the cost of primary education in Francophone Sub-Saharan Africa. HWWA Discussion Paper No. 188.
Nisa, K., Imron, A., Rasdiana, R., Sobri, A. Y., Hariyadi, R., Anggara, R. A., Rudyman, R., Risaldi, D., Azizah, F., Attamimi, M. R., & Salym, A. Q. N. (2024). Increasing teacher professionalism through the implementation of digital academic supervision in Indonesian secondary school: Personal learning networks as mediator. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(8). https://doi.org/10.24294/jipd.v8i8.6420
Prasetyo, A. (2017). Motivasi kerja guru ditinjau dari lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 285–298.
Puri, R. D., Santoso, H., & Lestari, N. (2023). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Supervisi Pendidikan, 11(1), 22–33.
Rofifah, N., Wibowo, A., & Raharjo, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 5(1), 37–50.
Saskatchewan School Boards. (1998). Teacher supervision for improved instruction: A framework for teacher growth and development. Regina: Saskatchewan School Trustees Association.
Taddese, N., & Mengistu, B. (2020). Challenges of instructional supervision in secondary schools: A case of Ethiopia. International Journal of Education and Research, 8(3), 113–128.
Tambingon, H., Rawis, Y. A., Mangantes, M. L., & Mottoh, Y. H. (2022). Problem Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan (Kajian Tentang Problematika Guru di Sekolah Dalam Perspektif Supervisi Pendidikan). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 649–660. https://doi.org/10.5281/zenodo.7432081
Tria, J. Z. (2023). Work environment and teacher job satisfaction: A correlational study. Journal of Educational Management and Development Studies, 3(1), 51–65.
Victorynie, I., & Othman, A. B. (2023). Academic Supervision Practices Integrated into the School Supervisor Support Programs: Teachers’ Point of View. International Journal of Asian Education, 4(4), 280–291. https://doi.org/10.46966/ijae.v4i4.362.



