PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS V MIS PERDAMEAN SIGAMBAL

Authors

  • Fitri Nurhanila STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU
  • Leli hasanah Lubis STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Keywords:

Pengaruh Strategi,Problem Based Learning, Keterampilan Berhitung

Abstract

Fitri Nurhanila, 2021, “Pengaruh Penggunaan
Strategi Problem Based Learning Terhadap
Keterampilan Berhitung Siswa Kelas V MIS Perdamean
Sigambal. Skripsi.Rantauprapat: Sekolah Tinggi Ilmu
Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning
terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V MIS
Perdamean Sigambal Tahun Ajaran 2020/2021Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (Quasi
Experiment) dengan sampel penelitian ditentukan
denganteknik total sampling. Kelas V A sebagai kelas
Kontrol diajarkan dengan model pembelajaran
Konvensional dan kelas V Bsebagai kelas eksperimen
diajarkan dengan menggunakanmodel pembelajaran
Problem Based Learning.
Instrumen penelitian menggunakan tes hasil
keterampilan bentukessaytes. Teknik analisis data
menggunakan uji tberpasangan pada taraf signifikasi
α=0,05. HasilUji Hipotesis data Posttest strategi
pembelajaran Problem Based Learning diperoleh
thitung>ttabel(2,658>1,701). Sehingga Ha diterima dan H0
ditolak. Maka terdapat pengaruh keterampilan
berhitung siswa dengan menggunakan strategi Problem
BasedLearning pada materi bangun ruang di kelas V
MIS Perdam

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Fitri Nurhanila, Suryatik, & Leli hasanah Lubis. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS V MIS PERDAMEAN SIGAMBAL. Qalam Lil Athfal, 1(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/42