PENGELOLAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MIFTAHUL ILMI DESA TEBING LINGGAHARA KEC. BILAH BARAT KABUPATEN LABUHANBATU

Authors

  • Sahbuki Ritonga STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Haris Suwondo STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU
  • Malina Al-Nuri Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Keywords:

Pengelolaan, Manajemen Pendidikan, PAUD

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak
sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian ransangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak
memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.1 Pendidikan Anak Usia Dini di beri
wadah untuk mengembangkannya dalam bentuk lembaga PAUD. Saat berdirinya suatu lembaga
PAUD tentunya harus dilakukannya manajemen pada lembaga tersebu mulai perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian agar program yang menjadi berdirinya
suatu lembaga dapat berjalan dengan baik dan dapat tercapai sesuai dengan harapan dari lembaga
tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolalan manajemen pendidikan pada
lembaga PAUD RA Miftahul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan pada jurnakl ini adalah
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini
adalah guru dan kepala sekolah sebagai narasumber. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
observasi.
Hasil dari penelitian adalah pengelolaan manajemen pendidikan Anak Usia Dini di RA
Miftahul Ilmi sudah berjalan dengan baik dan semestinya yang sesuai dengan Pasal 62 ayat 2,
dan dapat merasakan sendiri fungsi dari pengelolaan manjemen tersebut.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Sahbuki Ritonga, Haris Suwondo, & Malina Al-Nuri. (2022). PENGELOLAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MIFTAHUL ILMI DESA TEBING LINGGAHARA KEC. BILAH BARAT KABUPATEN LABUHANBATU. Qalam Lil Athfal, 1(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/41