PENGARUH SEMINAR PARENTING TERHADAP PEMBIASAAN DISPLIN DI SEKOLAH TK GENERASI HATI

Authors

  • Iin Rahmadani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Eriani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Seminar Parenting, Pembiasaan Disiplin, Pendidikan Karakter, Metodologi Kuantitatif, TK Generasi Hati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seminar parenting terhadap pembiasaan disiplin di TK Generasi Hati. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada beberapa masalah, seperti perlunya peningkatan penggunaan jargon disiplin, rendahnya kebiasaan anak membuang sampah pada tempatnya, serta kurangnya pemahaman orang tua mengenai penerapan pola pendidikan karakter di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada orang tua murid di TK Generasi Hati. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua murid TK Generasi Hati, dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Pengujian data dilakukan dengan uji statistik, menggunakan uji t (parsial) untuk mengetahui pengaruh seminar parenting terhadap kedisiplinan anak.

Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa seminar parenting memiliki pengaruh signifikan terhadap kedisiplinan anak. Nilai t yang diperoleh untuk kegiatan parenting adalah 55,574 dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari α = 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa seminar parenting memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pembiasaan disiplin anak di TK Generasi Hati. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima (Ho ditolak, Ha diterima), yang menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari seminar parenting terhadap kedisiplinan anak.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah seminar parenting, orang tua lebih terlibat dalam penerapan disiplin di rumah, yang berdampak pada perilaku disiplin anak di sekolah, khususnya dalam hal kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Program seminar parenting meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di rumah, sehingga mendukung pembentukan kedisiplinan di sekolah.

Saran dari penelitian ini meliputi peningkatan penggunaan jargon disiplin di sekolah dan rumah, pengembangan program pembiasaan disiplin yang berkelanjutan, pelaksanaan seminar parenting secara berkala, serta penguatan komunikasi antara sekolah dan orang tua. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pembiasaan disiplin anak di TK Generasi Hati dapat diterapkan secara konsisten

References

Arikunto, 2010. Suharsimi, Prosedur Proposal Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta. Jakarta.

Dadang, Dandy Suhendar, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Edisi V, Cetakan Kedua. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta.

Fakhruddin, 2022. ‘The Mediation Effect of Work Discipline in the Relationship Between School Culture and Academic Supervision and Teacher Performance in Public Senior High Schools in Magelang City’, Educational Management,

Fauzi, Ahmad, 2022. Pentingnya Pembiasaan Disiplin Dalam Pengelolaan Perilaku Anak: Perspektif Psikologis"’, Jurnal Psikologi Anak, 14.2 (2022), 68

Halida, Rizka, 2016. Pendekatan Reward and Punishment Dalam Seminar Parenting, Jurnal Psikologi Klinis

Hartini, N, 2017. Pembuatan Aturan Dalam Seminar Parenting, Jurnal Psikologi Anak Indonesia.

Khadijah, 2022. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Penerbit Perdana Publishing, Medan.

Nugraha, Dian, 2024 ‘Pendekatan Berbasis Faktor Dalam Membuat Peserta Didik Disiplin: Implikasi Untuk Praktik Pendidikan’, Jurnal Psikologi Pendidikan,

Rahma, 2020. Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Badan Keuangan Kabupaten Penajam Paser Utara’, Jurnal GeoEkonomi.

Rahman, Nia, 2022. Pendekatan Sensitif Dalam Membentuk Disiplin Pada Peserta Didik: Implikasi Psikologis, Jurnal Psikologi Pendidikan

Santoso, B., 2018. Fleksibilitas Aturan Dalam Seminar Parenting’, Jurnal Pendidikan Keluarga. 2018.

Sari, Maya, 2023. Membangun Keterampilan Parenting Melalui Partisipasi Dalam Seminar Parenting, Jurnal Psikologi Keluarga Dan Anak.

Sugiyono, 2019, Metode Proposal Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D, Edisi Ke II Alfabeta, Bandung.

Suryani, A., 2019. Konsistensi Dalam Penerapan Aturan Seminar Parenting, Jurnal Psikologi Pendidikan.

Susanti, Ani, 2023. Peran Seminar Parenting Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembiasaan Disiplin, Jurnal Pendidikan Keluarga.

Susilo, Bambang, 2023. Strategi Holistik Dalam Membuat Peserta Didik Disiplin: Perspektif Pendidikan, Jurnal Pendidikan.

Wiranata, 2019. Parenting Dan Manfaatnya. Penerbit Rineka Cipta, Bandung.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Iin Rahmadani, Suryatik, Eriani, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH SEMINAR PARENTING TERHADAP PEMBIASAAN DISPLIN DI SEKOLAH TK GENERASI HATI. Qalam Lil Athfal, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/371