PENGARUH BERMAIN SENI KRIYA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI PAUD IKHLAS SIDORUKUN URUNG KOMPAS
DOI:
https://doi.org/10.58822/qla.v3i1.254Keywords:
seni kriya, perkembangan kognitif, anak usia dini, PAUD, aktivitas kreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bermain seni kriya terhadap perkembangan kognitif anak di PAUD Ikhlas Sidorukun Urung Kompas. Seni kriya sebagai salah satu bentuk aktivitas kreatif diyakini mampu merangsang kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan meningkatkan daya konsentrasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment). Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok usia 4-6 tahun di PAUD Ikhlas Sidorukun Urung Kompas, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi perkembangan kognitif berdasarkan indikator-indikator yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti aktivitas seni kriya mengalami peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengikuti aktivitas tersebut. Aktivitas seni kriya, seperti membuat karya dari kertas, kain, dan bahan alam, terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa bermain seni kriya memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Oleh karena itu, disarankan kepada pendidik PAUD untuk mengintegrasikan seni kriya dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari sebagai salah satu metode stimulasi perkembangan anak.
References
Ardana, Linda Novi, Nadia Vega, Putri Kirana, and Titin Sunaryati, ‘Peran Penting Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (2023), 1–6
Arifin, Arifin, Magito Magito, Didin Hikmah Perkasa, and Wenny Desty Febrian, ‘Pengaruh Kompensasi, Kompetensi Dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan’, GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1.01 (2023), 24–33 <https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130>
Erlianti, Dila, E Maznah Hijeriah, Lili Suryani, Lilis Wahyuni, Nurmala Sari, and Dwi Hartutik, Metodologi Penelitian: Teori Dan Perkembangannya (PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024)
Fadilla, Annisa Rizky, Putri Ayu Wulandari, Fakultas Bahasa, and Universitas Negeri Yogyakarta, ‘JURNAL PENELITIAN Volume 1 No 3 II Agustus 2023 E-ISSN : 2986-5573 ( Online ) Volume 1 No 3 II Agustus 2023 E-ISSN : 2986-5573 ( Online ) Page 34-46’, 1.3 (2023), 34–46
file:///C:/Users/ASUS/Downloads/scholar (4).risNirwana, Ida, Seflidiana Roza, and Reza Maiyastria, ‘Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( Simpeg )’, 5.2 (2024), 681–88
Gede, Putu, Asnawa Dikta, Luh Putu, and Okta Kusumadewi, ‘Pelatihan Kepeloporan Bidang Seni Dan Budaya Sebagai Upaya Pelestarian Seni Dan Budaya Di Kawasan Suci Pura Agung Besakih Pioneer Training in Arts and Culture as an Effort to Preserve Arts and Culture in the Sacred Area of Pura Agung Besakih’, 4.3 (2024), 1578–84
Guritno, Kartika Anggraeni, and Universitas Muhammadiyah, ‘PENDAMPINGAN ORANG TUA BERMAIN BERSAMA ANAK’, 2.4 (2024), 467–76
Hasibuan, Sulhan Effendi, ‘Perkembangan Peserta Didik Anak Usia Dini Umur 2-6 Tahun’, 1, 2024, 106–18
JASMINE, KHANZA, ‘済無No Title No Title No Title’, Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 09 (2014)
Laia, Erlina, ‘Analisis Struktur Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022’, KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3.2 (2023), 13–23 <https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i2.848>
Litik, Bernadeti Sartika Yasni, and Dian Fitri Argarini, ‘Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota Ntt’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4.1 (2023), 79–88
Maran, Maria Felisitas Nitit, Imelda Oliva Wissang, and Pilipus Wai Lawet, ‘Nilai Dan Fungsi Tarian Gawe Daku Masyarakat Desa Bahinga Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur’, Social Science Academic, 1.2 (2023), 161–66 <https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3466>
Primasanti, Yunita, Atik Aryani, Program Studi, Teknik Industri, Fakultas Sains, Program Studi Ners, and others, ‘Dampak Industri Kecil Menengah ( Ikm ) Gozzo Indonesia’, 17.1 (2012), 44–49
Puspitasari, Gloria Lintang, and Universitas Pgri Semarang, ‘Efektivitas Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Nearpod Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Godong Menyenangkan Kepada Siswa Selama Proses Pembelajaran . Dengan Menggunakan Media Kreatif Dan Inovasi , Berpikir Logis , Pemecahan Masalah , Pemahaman Teknologi Informasi Dan Pembelajaran Berlangsung Siswa Hanya Mendengarkan Dan Tidak Aktif Bertanya . Agar Siswa Pembelajaran Yang Dapat Memberikan Suatu Tantangan Untuk Berpikir Lebih Mendalam Ketika’, 2, 2024
Retno Farhana Nurulita, and Muhammad Ivan Miftahul Aziz, ‘Pembelajaran Aktif Melalui Gerakan: Mengeksplorasi Hubungan Motorik-Kognitif Dalam Konteks Pendidikan Jasmani’, Journal Physical Health Recreation, 4.2 (2024), 494–504 <https://doi.org/10.55081/jphr.v4i2.2397>
Rupa, Jurnal Seni, Muhimatul Hamidah, Indah Chrysanti Angge, Program Studi, Pendidikan Seni, Universitas Negeri Surabaya, and others, ‘BOTOL PLASTIK SEBAGAI BAHAN AKSESORIS HIASAN KEPALA OLEH’, 12.4 (2024), 53–63
Sari, Cindi Mustika, ‘KONSEP PERENCANAAN MANAJEMEN DI LEMBAGA PAUD’
suci Sukmawati, Anastasia, Gusti Rusmayadi, Mekar Meilisa Amalia, Hikmah Hikmah, Nini Apriani Rumata, Ashari Abdullah, and others, METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Teori Dan Penerapan Praktis Analisis Data Berbasis Studi Kasus (PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023)
Supriyanti, Dina, Tanty Herdianti, and Iik Fitriyanti, ‘Pengembangan Bakat Dan Kreativitas Anak’, 9.1 (2023), 45–50