PENGARUH MEDIA KOTAK PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOIR SIDORUKUN KECAMATAN PANGKATAN KABUPATEN LABUHANBATU

Authors

  • Novita Wulan Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Sahbuki Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Soybatul Aslamiyah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qla.v3i1.253

Keywords:

media kotak pintar, kemampuan berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media kotak pintar terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di KB Al-Khoir Sidorukun dan untuk mengetahui seberapa efektif pegaruh media kotak pintar terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di KB Al-Khoir Sidorukun tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik Kelompok Bermain yang berjumlah 31 orang. Sampel dibagi 2 kelompok yaitu 15 anak kelas kontrol dan 16 anak untuk kelas eksperimen.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 untuk uji Normalitas, Homogenitas dan uji Hipotesis. Kemampuan berhitung peserta didik pada kelas kontrol saat pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,07 dan pada saat post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 7.47. Kemampuan berhitung peserta didik pada kelas eksperimen pada saat pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 9,25 dan pada saat post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 10,94. Terdapat pengaruh media kotak pintar terhadap kemampuan berhitung pada peseta didik Kelompok Bermain Al-Khoir Sidorukun. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 5%.Uji t satu pihak dimana harga t-hitung 6,569 dan diketahui t-tabel 2,045. Maka kriteria pengujian adalah jika t-hitung > t-tabel maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh media kotak pintar terhadap kemampuan berhitung pada anak di KB al-Khoir Sidorukun

References

Aminah, Siti, And Eka Yusnaldi, ‘Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Kependidikan, 13.3 (2024), 3077–86

Asnawi, Arsad, Cece Rakhmat, And Geri Syahril Sidik, ‘Peran Guru Dalam Menemukan Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio Fkip Unma, 9.2 (2023), 1089–99

Ekasari, Lintang Analisa, Anggun Kirana Primastuti, Herdya Vita Andrea, Azizah Maghfirani Kusuma, Aurelya Putri Andini, Yeni Yuniarti, And Others, ‘Pengembangan Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Scramble’, Teaching, Learning And Development, 1.2 (2023), 92–102

Endang, Anis, ‘The Phenomenon Of The Instagram Stories Feature As A Medium For Student Self-Existence Fenomena Fitur Instagram Stories Sebagai Media Eksistensi Diri Mahasiswa’, Jurnal Iso, 3.2 (2023), 121–34

Handayani, Fajar Anisa, And Titik Haryati, ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Qr-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman Khd Di Smp Negeri 6 Semarang’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9.2 (2024), 809–15

Lailan, Alfina, ‘Urgensi Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Anak Usia Dini’, Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2.12 (2023), 5027–34

Magfirah, A. D., Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N., ‘Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023 (2023), 1–23

Maran, Maria Felisitas Nitit, Imelda Oliva Wissang, And Pilipus Wai Lawet, ‘Nilai Dan Fungsi Tarian Gawe Daku Masyarakat Desa Bahinga Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur’, Social Science Academic, 1.2 (2023), 161–66

Meilina, Dwi Maya, ‘A Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Kotak Pintar” Sebagai Media Pembelajaran Ski Di Madrasah Ibtidaiyah’, Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4.1 (2024), 45–56

Nilam Sari Pailokol, Nabila Nabila, And Nurma Tambunan, ‘Rancangan Bangun Media Pembelajaran Bintaro (Bianglala Pintar Trigonometri) Pada Materi Trigonometri Kelas X Smk Negeri 37 Jakarta Selatan’, Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3.1 (2024), 177–85

Nofiana, Lina, Rizka Wahyuni Amelia, And Siska Yunanti, ‘Pengaruh Return On Equity Dan Return On Investment Terhadap Harga Saham Pada Pt . Tower Bersama Infrastructure , Tbk’, 14 (2024), 210–21

Parapat, Siti Halisya, Ihdatul Wardah Caniago, Ikhrawati Suryani, Heppy Ariani, Taufik Hidayat Siregar, And Eka Yusnaldi, ‘Keberagaman Sosial Dan Budaya Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.1 (2024), 1255–61

Pekanbaru, Toko Oleh-Oleh, Rafik Ahmad, Nurliana Nasution, And N Arizal, ‘Pengaruh Komunikasi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Trust Di Insyira’, 3.1 (2024), 1–9

Putri, Elma Sabrina, Muhammad Guntur, And Pertiwi Kamariah Hasis, ‘Pengembangan Media Kotak Pintar Menggunakan Bahan Bekas Pendahuluan’, 1 (2024), 79–93

Putri, Rizka Hanafiah, Maharani Putri Kumalasani, Arina Restian, Pgsd Fkip, And Universitas Muhammadiyah Malang, ‘Implementasi Media Pembelajaran Kopunka (Kotak Pintar Menyusun Kalimat) Mengatasi Permasalahan Menyusun Kalimat Siswa Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah 05 Batu’, 09 (2024), 6335–44

Ridho, Ali, And Muzammil Imron, ‘Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, Journal Creativity, 1.2 (2023), 88–95

Rohima, Najwa, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa’, Publikasi Pembelajaran, 1.1 (2023), 1–12

Sifa Nur Azizah, And Ageng Saepudin Kanda S, ‘Pengaruh Tunjangan Kinerja Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Guru Pendidikan Usia Dini’, Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2.2 (2024), 318–22

Sundari, Elgy, ‘Cendikia Pendidikan’, Cendekia Pendidikan, 4.4 (2024), 50–54

Syakdia Apria Ningsih, ‘Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2.3 (2024), 288–93

Syifa, Nishrina, And Julia Julia, ‘Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7.1 (2023), 271

Utami, Tresiana Sari Diah, ‘Kemampuan Berpidato Mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas’, Jurnal Pgsd Musi, 6.1 (2023), 69–89

Wulandari, Hayani, And Mariya Ulfa Dwi Shafarani, ‘Dampak Fatherless Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini’, Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12.1 (2023), 1

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Novita Wulan Lestari, Sahbuki Ritonga, Soybatul Aslamiyah Ritonga, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH MEDIA KOTAK PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOIR SIDORUKUN KECAMATAN PANGKATAN KABUPATEN LABUHANBATU. Qalam Lil Athfal, 3(1). https://doi.org/10.58822/qla.v3i1.253