PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA BANIL AUTHON RANTAUPRAPAT

Authors

  • Malina Al - Nuri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Sahbuki Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Galih Orlando Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Soybatul Aslamiyah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qla.v3i1.252

Keywords:

Metode Bermain Peran, Perkembangan Kreativitas

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode bermain peran untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA Banil Authon Rantauprapat. Terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu kreativitas anak seperti imajinasi, rasa percaya diri, dan rasa ingin tahu anak belum sepenuhnya berkembang. Proses pembelajaran tentang metode bermain peran seperti memerankan anggota-anggota keluarga di kelas perlu diterapkan. Selama ini anak hanya melihat melalui video tentang tokoh kartun yang berperan dalam kegiatan sehari-hari dalam sebuah keluarga. Seharusnya diterapkan juga metode bermain peran agar anak dapat mengembangkan kreativitasnya. Bermain peran merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam memerankan seorang tokoh agar mereka menghayat sifat-sifat dari tokoh atau benda tersebut. Dengan bermain peran tentunya akan meningkatkan kreativitas anak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu siswa kelompok B RA Banil Authon Rantauprapat, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi meliputi profil sekolah dan foto-foto RA Banil Authon Rantauprapat. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan metode bermain peran berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak di RA Banil Authon Rantauprapat karena thitung ≥ ttabel. Nilai thitung diperoleh 2,020 dan ttabel yaitu 1,998, maka thitung ≥ ttabel ( 2,020 ≥ 1,998 ) sehingga nilai Hₐ diterima dan Hₒ ditolak.

References

Akbar, Rizky Falian, ‘Menavigasi Komunikasi Hukum Lintas Batas : Peran Bahasa Inggris Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa Internasional’, 2024, 11–17

Andhika Nanda Perdhana, ‘Penerapan Kebijakan Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dalam Pendidikan Formal Di Sdn 3 Kalimanggis Temanggung’, NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2.1 (2023), 36–42 <https://doi.org/10.56444/nalar.v2i1.776>

Ariyanti, Ayu, and Buyung Surahman, ‘Permainan Tata Balok Dalam Meningkatkan Konstruksi Anak Usia Dini’, Jurnal El-Audi, 4.1 (2023), 2685–6344 <https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i1.69>

Charismana, Dian Satria, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro, ‘Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta’, Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9.2 (2022), 99–113 <https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333>

Fatkhurakman, F, and S Syufaat, ‘Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS)(Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam)’, Jurnal Hukum Ekonomi …, 6.2 (2023), 129–48 <https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JHES/article/view/17058%0Ahttps://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JHES/article/download/17058/6372>

Fauzi, Rahmad, Ilham Sahdi Lubis, Ahmad Zainy, and Teknologi Informasi, ‘Filsafat Teknologi Informasi Dan Pattern Recognition Secara Etimologis’, JURNAL MathEdu (Mathematic …, 6.2 (2023), 187–92 <https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/5447/3025>

Gemar, Gelaran, Belajar Al-qur, Bagi Anak, Usia Dini, Membentuk Generasi, and Berjiwa Qurani, ‘GELARAN ( Gemar Belajar Al-Qur ’ an ) Bagi Anak Usia Dini Guna Membentuk Generasi Madani Dan Berjiwa Qurani’

Harminanti, A. Tuty, Sumarno Sumarno, and Ida Dwijayanti, ‘Analisis Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Kurikulum Merdeka Di TK Pelangi Kasih’, Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3.1 (2024), 1–7 <https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1395>

Judrah, M, A Arjum, Haeruddin, and Mustabsyirah, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik’, Journal of Instructional and Development Researches, 4.1 (2024), 25–37 https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR>

Jumadilla Afifah, Oriza Latifah, Imah Yulianti, and Linda Yarni, ‘Perkembangan Akhir Masa Anak-Anak’, Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2.1 (2023), 70–78 <https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.647>

Kampung, Aisyiyah, and Baru Kabupaten, ‘Pola Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Bustanul Atfhal Aisyiyah Kampung Baru Kabupaten Barru’

Kiai, Universitas, and Abdullah Faqih, ‘Pembentukan Kepribadian Siswa Melalui Program Literasi Budaya Arab Di Mts Nasyiin Sidoarjo’, 20, 267–85

Listiana, Heni, Zilfania Qathrun Nada, Najwa Afcarina Izzati, Ririn Widiyawati, and Mohammad Holis, ‘Model “Market Day” Sebagai Upaya Untuk Memperluas Pendekatan Pembelajaran Yang Ramah Anak Di RA Nurur Rahmah’, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2024, 66–83 <https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12716>

Lubis, N A, F N A Siregar, K Khadijah, and A Z Rahmah, ‘Optimalisasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini’, Journal on Education, 06.01 (2023), 4801–8 <https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3637>

Mbilosos, Melati, ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Case Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Buko Selatan The Influence of the Case Study Learning Method on the Creative Thinking Abilities of Class XI Students at SMA Negeri 1 South B’, 2.2 (2024), 59–67

Mundofi, Ahmad Asron, ‘Pengembangan Kurikulum ISMUBA Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah’, Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan, 4.1 (2024), 65–75 <https://oi.org/10.18196/jasika.>

Mustofa, Yusuf, ‘Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Dlwi Madura’, Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 02.01 (2023), 4–10 <http://www.nber.org/papers/w16019>

Orchid, Andy Adawiyah, and Yeni Artanti, ‘Resiliensi Perempuan Difabel Dalam Novel Une Fille Comme Elle Karya Marc Levy’, SUSASTRA: Jurnal Ilmu Susastra Dan Budaya, 12.1 (2023), 1–11 <https://doi.org/10.51817/susastra.v12i1.126>

Panggabean, Noviyantika Azzahra, and Fajar Utama Ritonga, ‘Cara Melatih Dan Mengembangkan Daya Ingat Anak Usia 7-11 Tahun ( Studi Kasus : SD N 067690 )’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.1 (2023), 5–8

‘Pembangunan Item Bagi Kesejahteraan Spiritual Islam Sebagai Mediator Terhadap Hubungan Kecenderungan Kalangan Graduan Usahawan Di Malaysia Item Development for Islamic Spiritual Well-Being As a Mediator on the Relationship Between Risk-Taking Propensity A’, 2008

Pokhrel, Sakinah, ‘No TitleΕΛΕΝΗ’, Αγαη, 15.1 (2024), 37–48

Ramadhani Asiri, Fadillah, Rianti Simarmata, Yisawinur Barella, Jl H Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec Pontianak Tenggara, and others, ‘Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning)’, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3.2 (2024), 255–66 <https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644>

Rayhan, Nur, Rizki Ananda, Muhammad Syahrul Rizal, and Ory Syafari Jamel Sutiyan, ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar’, Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7.1 (2023), 42–56 <https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274>

Riha Adatul’aisy, Ana Puspita, Ninda Abelia, Riska Apriliani, and Dwi Noviani, ‘Perkembangan Kognitif Dan Motorik Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Pembelajaran’, Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.4 (2023), 82–93 <https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.631>

Sya, Miftahu, Martin Kustati, and Rezki Amelia, ‘Pendampingan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Di RA Adz Dzikra Isyhaarul Jannah Dharmasraya’, 2.November (2024), 608–15

Tampubolon, J, R Hasibuan, and ..., ‘Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Siantar’, Innovative: Journal Of …, 4 (2024), 755–66 <http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7947%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/7947/5354>

Tirta Rhamadanty, ‘Cognitive and Child Language Development and Involvement in Learning’, Journal of Insan Mulia Education, 1.2 (2023), 58–64 <https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.39>

Untuk, Musik, Merangsang Keterampilan, Emosional Pada, and Anak Usia, ‘Symphony of Growth : Efektivitas Pembelajaran Musik Untuk Merangsang Keterampilan Sosial- Emosional Pada Anak Usia Dini’, 4.2 (2024), 77–83

Wahyuni, R, and S Lailatul, ‘Integerasi Satuan Karya (Saka) Dalam Menumbuhkan Minat Dan Bakat Anggota Pramuka’, Jurnal Bakti Sosial, 3.1 (2024), 110–19 <https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3967471>

Zaki Dhamayanti1, Miki, Dian Hidayati, Enung Hasanah, and Sukirman Sukirman, ‘Pengalaman Peserta Didik Kelas 1 SD Dalam Menggunakan Quizizz Sebagai Sarana Belajar Interaktif’, Manajemen Pendidikan, 19.1 (2024), 1–15 <https://doi.org/10.23917/jmp.v19i1.3997>

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Malina Al - Nuri, Sahbuki Ritonga, Galih Orlando, Soybatul Aslamiyah Ritonga, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA BANIL AUTHON RANTAUPRAPAT. Qalam Lil Athfal, 3(1). https://doi.org/10.58822/qla.v3i1.252