PENGARUH METODE TAKRIR TERHADAP PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA SDIT ALAM ARROZAQ RANTAUPRAPAT
Keywords:
Metode Takrir, Penguatan Hafalan, Al-Qur’anAbstract
Metode Takrir ialah mengulang hafalan atau mensima’kan hafalan yang pernah dihafalkan/sudah pernah disima’kan kepada guru tahfidz, takrir dimaksudkan agar hafalan yang pernah dihafal tetap terjaga dengan baik. Selain dengan guru, takrir juga dapat dilakukan sendiri-sendiri, bersama teman dengan maksud melancarkan hafalan yang telah dihafal, sehingga tidak mudah lupa. Memori ingatan yaitu sesuatu hal yang penting bagi manusia, salah satu cara manusia untuk merefleksikan dirinya yakni dengan cara mengingat, dengan cara berkomunikasi, dan mengutarakan pikiran yang berhubungan dengan pengalaman-pengalamannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pencapaian nilai kemampuan menghafal dan mengingat hafalan Al-Qur’an yang masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode takrir dalam meningkatkan penguatan hafalan Al-Qur’an pada kelas IV SDIT Alam Arrozaq Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diteliti yaitu selurh peserta didik kelas IV SDIT Alam Arrozaq yaitu berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan banyak sampel atau N = 41, kemudian dapat dihitung df/dk = 41– 2 = 39. Dengan taraf 5%, maka nilai ttabel dengan taraf 5% ialah 2,0231. Dari hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 43,74 > nilai ttabel sebesar 2,0231 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode takrir dalam meningkatkan penguatan hafalan Al- Qur’an kelas IV SDIT Alam Arrozaq Rantauprapat”.
References
Abdulwaly Cece. 2018. Jadilah Hafizh. DIVA Press. Yogyakarta.
Afilisia Noza. 2016. Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafizh Al-Qur’an. Jurnal Kajian dan Kemasyarakatan. Vol.1. No.1.
Amin Suma Muhammad. 2013. Ulumul Qur’an. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Baeturahmah Bayyina. 2022. Pengaruh Metode Takrir terhadap Kualitas Hafalan Santri di Pesantren Tahfidz Ummul Quro Al Islami Bogor. Al-Munadzomah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1.
Cordoba. 2018. Al-Qur’an Cordoba. Bandung.
Firdaus Rijal. 2017. Desain Instrumen Pengukur Afektif.Aura. Gedong Meneg.
Ghazali Amir. 2020. Motivasi untuk Penghafal Al-Qur’a. Pustaka Qur’an Sunnah. Solo.
Hajarman. 2017. Implementasi Metode Sima’i dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah I Bandar Lambun. Tesis. PPs IAIN Raden Intan Lampung, Lampung.
Islah Nurul. 2020. Pengaruh Metode Tahfidz dan Takrir terhadap Pencapaian Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas Tahfidz MI Al-Washliyah. Basic. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4.
Muhamad Amran, & Faisal. (2024). FILSAFAT AGAMA DAN AN-NAFS. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/2
Parwati, Ni Nyoman Parwati dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Depok.
Pendidikan Nasional Departemen. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kelima. Jakarta.
Romlah. 2017. Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Vol.2. Lampung.
Shohib Tohir Muhammad. 2013. Al-Quran dan Terjemah. PT.Ad-Dawy Sukses Mandiri. Jakarta.
Shulhah Putri Ardina, Qurotul Uyun. 2017. Hubungan Tawakal dan Resiliensi pada Santri Remaja Penghafal Al-Qur’an di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam. Vol. 4. No.1. Yogyakarta.
Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tania Siti. 2018. Efektifitas Metode Tahfidz dan Takrir dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-qur’an Santri Putri Ma’had Al-jamiah UIN Raden Intan Lampung. Bandar Lampung.
Ubaid Al-Hafizh Majdi. 2014. 9 Langkah Mudah Menghafal Alquran. Aqwam. Solo.