PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR FIKIH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MIS AL WAHSLIYAH PADANG MATINGGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nurhaida Yani Rambe Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Soybatul Aslamiyah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Jupriaman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Metode Demonstrasi, Aktivitas Belajar

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar pada pelajaran fikih siswa kelas IV MIS Al Washliyah Padang Matinggi Pelajaran 2021/2022? Penelitian bertujuan Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada pelajaran fikih menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV MIS Al Washliyah Padang Matinggi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data ovservasi. Hasil penelitian diperoleh pada aktivitas belajar siswa persentase siswa yang aktif secara klasikal siklus I adalah 38.64%. kemudian pada siklus II persentase Aktivitas Belajar Siswa yang aktif secara klasikal adalah 88.64%.

Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak diperlukan. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode demonstrasi telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar pada pelajaran fikih siswa kelas IV MIS Al Wahsliyah Padang Matinggi.

References

Al-Qur’andan terjemahannya, Kementerian Agama RI.

Abdul kadir sahlan, 2018, MendidikPerspektif Psikologi, Deepublish Grub Penerbit CV Budi Utama Yogyakarta.

Aisyah Hayyu S.T, 2019,Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Idain dengan Menggunakan Media Audio Visual Kelas Iv Mi Al-Ahmad Krian Sidoarjo.

Ali Mudiofir dan Evi Fatimur Rusydiyah, 2016. Desain Pembelajaran Inovatif, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Arsyi Mirdanda,2019, Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar, PGRI Kalbar dan Yudha English Gallery, Kalbar.

Bukhari, Suryatik, 2017, Panduan Penulisan Karya Ilmiah Dan Skripsi, RantauPrapat, Perpustakaan STITA.

E Mulyasa, 2015, Menjadi Kepala Sekolah yang professional, Bandung.

Eliyyil Akbar, 2020 Metode Belajar Anak Usia Dini, Kencana, Jakarta.

H. Ali Mudhofir dan Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, 2019, Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik, PT Rajagrafindo Persada.

H. Sulaiman Rasjid, 2017, Fiqih Islam, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Haris Abizar, 2017, Buku Master Lesson Study,Diva Pres, Yogyakarta.

Istarani Dan Intan Pulungan, 2017, Ensiklopedia Pendidikan, Media Persada, Medan.

Istarani, 2013 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan, Media Persada.

Jum anidar, 2017. Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran, Jurnal UIN Imam Bonjol.

Moh Rifa’I, 2019, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap,PT.Karya Toha Putra Semarang, Semarang.

Mohammad Rizqillah Masykur,2019, Metodologi Pembelajaran Fiqih, Jurnal Al-Makrifat.

Muh. Fitrah & Luthfiyah, 2017, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Cv Jejak,Jawa Barat.

Nurhayani,2017, Penerapan Metode Simulasi Dalam PembelajaranFikih Ibadah Bagi Siswa di Mts Ympi Sei TualangRaso Tanjung Balai,Jurnal Ansiru, Tanjung Balai.

Rahmat, 2019, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013, Bening Pustaka, Yogyakarta.

Roni Hariyanto bhidju, 2020, Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Demonstrasi, CV.Multimedia Edukasi,Malang.

Sinar, 2018, Metode Active Learning, CV Budi Utama, Yogyakarta.

Siti Halimah, 2015, Strategi Pembelajaran, Cita Pustaka Media Perintis, Bandung.

Sri Lestari, & Jupriaman. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/11

Suarni, 2017,Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran Pkn Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor T.A. 2014/2015, Medan,Journal of Physics and Science Learning (PASCAL).

Suharsimi Arikunto 2012, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Edisi Revisi.

Suprijanto, 2012, Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Suprijanto, 2012, Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi.PT. Aksara, Jakarta.

Syahrini Tambak, 2012, 6 Metode Ilmiah Dan Inovasi Pendidikan Agama Islam, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Totok Sukardiyono, 2015, Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Dan Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas,Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsini,2012,Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Sambon, Surakarta, Naskah Publikasi.

Wina Sanjaya 2016, Penelitian Tindakan Kelas, Prenada Media, Jakarta.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Nurhaida Yani Rambe, Soybatul Aslamiyah Ritonga, & Jupriaman. (2024). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR FIKIH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MIS AL WAHSLIYAH PADANG MATINGGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Qalam Lil Athfal, 2(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/220