PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KB PERMATA BUNDA KECAMATAN RANTAU SELATAN
Keywords:
Media Lagu, Kosa Kata Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap penguasaan kosa kata bahasa inggris di KB Permata Bunda Kecamatan Rantau Selatan. Jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif (Quasi Experiment) dengan sampel penelitian dengan tehnik total sampling, Kelas Kelompok Bermain sebagai kelas kontrol peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, diskusi) kegiatan pembelajaran berpuasat pada guru dan kelas V B sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Media Lagu. Pada uji regresi linier sederhana terdapat nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05, dengan kata lain ada pengaruh media lagu (x) terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris (y). Pada uji koefisien R terdapat determinasi (R Square) sebesar 0,729. Ini berarti pengaruh variable bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 72,9 % . Pada Uji-T diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.. Dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media lagu terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris pada siswa di KB. Permata Bunda Kec. Rantau Selatan.
References
Adriyati May Nggiri, 2014, Keefektifan Penggunaan Media Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Muntilan Magelang, Universitas Negeri Yogyakarta, Magelang.
Aeni, A.N., Aulia, C.R., Fauziah,L.N.E dan Fernando, Y, 2022, Pengembangan Lagu“Malaikatku” sebagai Media Edukasi Mengenalkan Malaikat Allah dalam Islam Bagi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No.3.
Ahmad, S, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Anggraini, Tristanti Dewi dan Endro Wahyuno, 2015, Pengaruh Pengguunaan Media Permainan Dadu terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Tuna Grahita Kelas 1, Jurnal Pengembangan dan Penelitian Luar Biasa, Vol. 2 No. 1.
Atmoko, T, 2015, Standar Operasional dan Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas, Unpad, Bandung
Darman, R.A, 2017, Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 melalui Pendidikan Berkualitas, Jurnal Edik Informatika, Vol.3, No.2.
Djamarah, Syaiful Bahari dan Azwan Zain, 2020, Strategi Belajar Mengajar, PT.Rhineka Cipta.
Dr. Yuniastuti, SH., M.Pd., Miftakhuddin, S.Pd., M.Pd., Muhammad Khoiron, S.Pd., M.Pd., 2021, Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial, Scopindo Media Pustaka, Surabaya.
F, Fatria, 2017, Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indoneisa, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.2, No.1.
Fajri, Nur, dkk, 2023, Paradigma Pendidikan Praktis dalam Pembelajaran Seni Musik Untuk Anak di Sekolah Dasar, PT. Nasya Expanding Management, Pekalongan.
Hamidulloh, Ibda, 2017, Media Pembelajaran Berbasis Wayang : Konsep Dan Aplikasi, CV. Pilar Nusantara, Semarang.
Haryati, Sri dan Zakir, 2017, Pengaruh Metode Pembelajaran Croosword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, Vol. 5, No. 1.
Hoy, Yam Jin dan Ruhiyat Taufik, 2021, Hipotesis Penelitian Kuantitaif, Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 3 No. 2.
Irawan.R, dan Surjono, H.D, 2018, Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol.5 No.1.
Ismail, Muhammad Ilyas, 2020, Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur, Rajagrafindo Persada, Depok.
Jannah, Miftahul, 2016, Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya dalam Islam, Jurnal Psikoislamedia, Vol. 1, No. 1.
Johariah, 2019, Peningkatan Prestasi Belajar Matematika materi Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Jigsaw, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 1.
M, Yamin, 2017, Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar(PGSD), Universitas Syiah Kuala Jurnal Pesona Dasar, Vol.1, No.5.
Mitchell, H. F, 2018, Music students’ perceptions of experiential learning at the moot audition. Music Education Research, Vol.20, No.3.
Munardi dan Nanimirianwati, 2013, Modul Penilain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Pnfi Provinsi Bengkulu, Bengkulu,).
Munthe, E. J. B., Simamora, M. A., Herman, Napitupulu, F. D., and Saragi, C. N, 2022, An analysis of contextual meaning in Batak Toba songs lyric by Putri Silitonga: A case on semantics, American Journal of Research in Humanities and Social Sciences, Vol. 4, No.2.
N. Eliana, 2020, Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sekolah Dasar, J. Pendidik. Dasar, Vol.11, No.1.
Nasution, Sangkot, 2017, Variabel Penelitian, Jurnal Tarbiyah Uinsu, Vol. 5, No. 2.
Noor, Wahyuni, 2014, UJi Validitas dan Reliabilitas, Binus University.
Pertalola, Maretta dan Nova Yulia, 2019, Efektifitas Media Lagu Bahasa Jepang Terhadap Penguasaan Goi Siswa kelas X SMAN 05 Padang, Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, Vol.2, No.2.
Prayudha, Joko dan Aziz Abdul Malik, 2021, Penerapan Metode Bernyayi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di TK Negeri Pembina Lebong, Sistema Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1.
R, Wahyuningtyas dan Sulasmono, B.S, 2020, Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.2, No.1.
Rifayanti, Dewi, 2013, A Portrait of Teaching Vocabulary Through Song to Young Learners, Universitas Pendidikan Indonesia.
Rina Syahfitri, Leli Hasanah Lubis, & Ismi Yulizar. (2024). PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KB PERMATA BUNDA KECAMATAN RANTAU SELATAN. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/7
Salwa, R, M. Usman, dan N. Saleh, 2021, Media Puzzle dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman, Phonologie Journal og Language and Literature, Vol.1, No.2.
Sanjaya, Wina, 2015, Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta.
Satria dan Rita, 2021, Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia, Jurnal Ilmiah M. Progress, Vol. 11 No. 1.
Simatupang, Gracia Elizabeth, dkk, 2022, Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2, No.1.
Sinaga, H, H. Herman, dan Pasaribu.E, 2020. The Effect of Anagram Game on Students’ Vocabulary Achievement at Grade Eight of SMP Negeri 8 Pematangsiantar.Journal of English Educational Study, Vol.3, No.1.
Sufiani. S,dkk, 2022, Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.3, No.2.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, CV, Bandung.
V, Sopya.I, 2018, Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Vol.1, No.1.
V, Wiratna Sujarweni, 2014, Metode Penelitian Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.