PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I SUMBERJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Media Gambar Berseri, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia DiniAbstract
Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu 2023.
Media Gambar Berseri merupakan sejumlah gambar yang menggambarkan suasana yang diceritakan dan menunjukkan kesinambungan antara satu gambar dengan gambar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan berbahasa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (Eksperimen Quasy). Subjek penelitian ini adalah populasi dan sampel. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo yang berjumlah 50 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu siswa-siswi TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo berjumlah 50. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t).
Hasil penelitian ini adanya pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo yang di buktikan melalui uji hipotesis adalah thitung Sebesar 6,008. Dan ttabel sebesar 2,013, sehingga thitung.>ttabel . maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO di tolak, yang berarti ada pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sumberjo.
References
Suryani A. I, dkk, 2022, Mengatasi Kurangnya Minat Membaca AUD Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran, Jurnal usia dini, ISSN. 2502-7239, Vol.8, No.2. Medan.
Anita, 2018, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal al-Shifa Bimbingan
Dan Konseling, Vol.6, No.2.
Amalia Ulfa dan Rakimahwati,2020, Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang, ISSN.2477-4715,Vol.5, No.2. Padang.
Setyo, A. A, dkk, 2022, strategi pembelajaran problem based learning, yayasan bercode.
Arief S, dkk, 2009, Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Rajawali Pres, Jakarta.
Djaali, 2020, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional Edisi Keempat, Kamus Besar Bahasa
Indonesia Pusat Bahasa. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sandewa fadli, 2018, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Di Kabupaten Banggai Kepulauan, Jurnal Ilmiah Clean Government, ISSN.2620-3014, Vol.1, No.2. Luwuk.
Hasan, 2022, Peran Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, ISSN. 2746-7767, Vol.3, No.2. Dompu.
Oki H.T.S, dkk 2017, Pengaruh Penggunaan Media
Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK
Santo Antonius I Medan Tahun Ajaran2016/2017,Jurnal Usia Dini, ISSN.2502-7239, Vol.3, No.1. Medan.
Aprinawati Iis, 2017, Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi, ISSN.2549-8959, Vol. 1, No.1. Bangkinang.
Rasyid Isran, Rohani, 2018, Manfaat Media Dalam Pembelajaran, Axiom, ISSN.2087-8249, Vol.VII, No.1. Medan. Jurnal Ilmiah PG-PAUD Ikip Veteran Semarang.
Kementerian Agama RI, 2012, Al-Quran dan Terjemahan New Cordova,Syaamil quran, Kiaracondong, Bandung.
Khadijah, 2015, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Perdana Publishing, Medan.
Maharani Ni Made Ayu, dkk, 2019, Pengaruh Metode Bercerita Berbntuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Kelompok A, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, ISSN.2613-9669, Vol. 7, No.1. Singaraja.
Nurhasanah, dkk, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk SD
dan SM, Bina Sarana Pustaka, Jakarta.
Nurul Ihsan, 2016-2021, Komik 18 Nilai Karakter Bangsa, Luxima, Bandung.
Nurjaidah, Soybatul Aslamiah Ritonga, Sahbuki Ritonga, 2021, PeningkatanKemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karyawisata Di PAUD Miftahul Ilmi Desa Tebing Linggahara Tahun Pelajaran 2020-2021, Jurnal Tarbiyah Bil Qalam, Labuhanbatu Rantauprapat.
Alfianika Ninit,2018. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. CV Budi Utama, Yogyakarta.
Qomariah Nur dkk, 2020, Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA 06 Bromo Medan, Bunga Rampai Usia Emas, ISSN.2502-7166, Vol.6, No.1. Medan.
Ahmadi Rulam, 2016, Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan, Ar- Ruzz Media, Yogyakarta.
Susilana Rudi, dkk, Media Pembelajaran, CV. Wacana Prima, Bandung.
Sahbuki Ritonga, 2021, Manajemen Pendidikan PAUD, CV.Manhaji Medan, Medan.
Sarayati, 2018, Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak TK B Dewi Sartika Sintang, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN. 2621- 4016, Vol.1, No.2. Sengkuang.
Kamila Siti, 2020, Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Membaca Nyaring di Taman Kanak-Kanak Al Mukmin Balikpapan, AT- TAZAKKI. Vol.4, No.1. Balikpapan.
Lauroza Suci Putri dan, dkk, 2019, Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Di TK Islam Daud Kholifatulloh Tabing Padang, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, ISSN.2337-8301, Vol.6, No.1. Padang.
Rina Syahfitri, Leli Hasanah Lubis, & Ismi Yulizar. (2024). PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KB PERMATA BUNDA KECAMATAN RANTAU SELATAN. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/7
Suryadi, 2014, Teori Pembelajaran anak usia dini, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Suryatik, 2019, Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Madrasah Ibtidaiyah Labuhanbatu, Tarbiyah bil Qalam, Vol.3, No.1. Labuhanbatu Rantauprapat.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1 Ayat 14
Uswatun Hasanah Masrah Tangse dan Soybatul Aslamiah Ritonga, Ade Irmayani Pasaribu, 2022, Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di RA-Generasi Qur'ani Ujung Bandar, Tarbiyah bil Qalam, Vol.VI Edisi 2. Labuhanbatu Ratauprapat.
Hulu Victor Trismanjaya, dkk, 2019, Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan STATCAL, Yayasan Kita Menulis.
Sujiono Yuliani Nurani, 2013, Konsep Dasar Pendidikan Aanak Usia Dini Edisi Revisi Cetakan ke VIII, PT.INDEKS, Jakarta.