MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH POSITIF MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER
Keywords:
Karakter, Budaya Sekolah, SiswaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi upaya membangun budaya sekolah positif melalui implementasi program pendidikan karakter. Program ini dirancang untuk memperkuat nilai-nilai moral dan etika di kalangan siswa, guru, dan staf sekolah. Metodologi penelitian mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif terhadap dampak program pendidikan karakter dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung, inklusif, dan harmonis. Hasil menunjukkan bahwa penerapan program ini meningkatkan interaksi sosial yang positif, menurunkan kasus perilaku negatif, dan memperbaiki kepuasan siswa serta staf. Penelitian ini menyarankan bahwa integrasi nilai karakter dalam kurikulum dan kegiatan sekolah secara signifikan dapat mempengaruhi atmosfer sekolah secara keseluruhan. Membangun budaya sekolah positif memerlukan komitmen yang konsisten terhadap nilai-nilai karakter yang diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sekolah.
Dari hasil pembahasan dalam penulisan ini dapat di simpulkan bawa membangun karakter siswa perlu adanya keterlibatan seluruh komponen sekolah, Kepala Sekolah sebagai manajerial, Guru, Orang Tua Siswa dan Masyarakat dilingkungan sekolah, agar dapat mewujudkan pendidikan karakter pada diri anak, perlu adanya pembiasaan atau budaya sekolah yang dapat di implementasikan melalui, mata pelajaran, kegiatan sehari-hari, kegiatan spontanitas, kegiatan extra kurikuler dan kegiatan lainnya.
References
Adi Kurnia, and Bambang Qomarudin. Membangun Budaya Sekolah. Simbiosa Rekatama Media, 2012.
Arsitektur, Studi Teknik, Universitas Ichsan Gorontalo, Universitas Ichsan Gorontalo, Program Studi, Desain Komunikasi, and Universitas Ichsan Gorontalo. “Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat,” 2024.
Cahyono, Sigit Dwi, Fourry Handoko, and Nelly Budiharti. “Penerapan Efektivitas Mesin Debarker Menggunakan Overall Equipment Effectiveness ( Studi Pada PT . Tri Tunggal Laksana Unit Blitar )” 6, no. 2 (2020): 12–17.
Darmayanti, Stovika Eva, and Udik Budi Wibowo. “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 2 (2014): 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721.
Ernawati, Suryatik, Ismi Yulizar, & Soybatul Aslamiah Ritonga. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK DI RA AL-BASITHIYAH BATU TUNGGAL. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/4
Guru, Kerja, D A N Budaya, Sekolah Terhadap, and Kinerja Guru. “No Title” 6, no. 2 (2018): 149–62.
Isnanto, Isnanto, Samsi Pomalingo, and Meldiana N Harun. “Strategi Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser 4, no. 1 (2020): 7. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392.
Lucia Maduningtias. “Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 323–31. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.378.
Manti, Biltiser Bachtiar, Adian Husaini, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 151. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v5i2.589.
Mihit, Yohanes. “Dinamika Dan Tantangan Dalam Pendidikan Pancasila Di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur.” EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies 2023, no. 1 (2023): 357–66.
Mustoip, Sofyan. Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018, 2018.
Nindya Faradina. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.” Jurnal Hanata Widya 6, no. 8 (2017): 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280.
Sukatin, Nur’aini, Noprita Sari, Usnul Hamidia, and Khairil Akhiri. “Pendidikan Karakter Anak.” Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 2 (2022): 7–13. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783.
Susanti, Sani. “Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Non Formal,” no. 0 (2016): 1–23.
Zain, Anwar, Andi Fitriani DJollong, Supadmi, Abdul Kamal Ahmad, Nurmina, Abdul Walid, Cynantia Rachmijati, et al. Psikologi Pendidikan. Arr Rad Pratama, 2022.