HUBUNGAN PERMAINAN CONGKAK TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK RAUDHATUL ATHFAL AN-NAMIR RANTAUPRAPAT
Keywords:
PermainanCongkak, KeterampilanBerhitungAbstract
Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifdenganpre testpost testcontrol design group. Penelitianinimenggunakantekhnikpengambilansampeldengan total sampling yaknidenganmelibatkanseluruhpesertadidikdi RA An-Namir Rantauprapat yang berjumlah 30 siswa. Sampel dibagimenjadi dua kelompokyaitu 15 siswakelas control dan 15 siswakelaseksperimen.
Peningkatankemampuanberhitung pada anakkelaskontrol pada tema Binatang yang tidakdiberikanperlakuan media congkakdiperolehnilai rata-rata pre testsebesar 10,06 dan nilai rata-rata pre testsebesar 16,26. Peningkatankemampuanberhitunganakkelaseksperimen pada tema Binatang denganmenggunakan media congkakdiperolehbilai rata-rata pre testsebesar 10,2 dan nilai rata-rata post testsebesar 18,93. Uji pengaruhnilaipost testkelas control dan kelaseksperimendiperoleh t-hitung = 4,994 sedangkan t-tabel = 2,048 atau t-hitung ≤ t-tabel (4,994 ≥2,048) sehingga Ha diterima dan Ho ditolakartinyaterdpatpengaruh media congkakterhadappeningkatankemampuanberhitung pada anak RA An-Namir Rantauprapat
References
Adriana Dian, 2013,Tumbuh Kembang dan TerapiBermain Pada Anak, Salemba Medika, Jakarta
ArikuntoSuharsimi, 2012, ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek, Rineka Cipta, Jakarta
Ariyanti, ZidniImmawan Muslimin, 2015, Efektifitas Alat PermainanEdukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuanberhitung,JurnalPsikolog, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Darmawan, 2016, Metode PenelitianKuantitatif, PT Rosdakarya, Bandung
Fadillah, Muhamad, 2012, Desain Pembelajaran PAUD, Arruzz media, Jogjakarta
Indra Jaya, Ardat, 2013,PenerapanStatistikUntuk Pendidikan,Ciptapustaka Media Pritis, Bandung
Kurniati, 2016, PermainanTradisional&PerannyadalamMengembangkanKeterampilanSosial Anak, Prenadamedia Group, Jakarta.
Martono Nanang, 2012, Metode PenelitianKuantitatif; Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, PT Raja GrafindoPersada, Jakarta
Mulyani Novi, 2016, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Kalimedia, Yogyakarta
Muri A.Yusuf. 2013, Metode Penelitia (Dasar-Dasar PenyelidikanIlmiah), UNP Press, Padang
Nurani Sujiono Yuliani, 2008, Metode PengembanganKognitif, Universitas Terbuka, Jakarta
PeraturanPemerintahNomor 58 tahun 2009 TentangKemampuanBerhitung, Jakarta
Rismawati, 2019, MenstimulasiPerkembanganOtakDenganPermainan (untukanakusia 0 – 12 tahun), Sleman, Jogjakarta
Rosa Imani Khan, Ninik Yuliani, Januari 2016, Meningkatkan KemampuanBerhitung Anak, Vol.10 No.1
Setiowati Rina, 2017, Meningkatkan KemampuanOperasiHitungPerkalianMenggunakan Media PermaianCongkak Pada SiswaKelas II SDN 182/1 Hutan Lindung, Skripsi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, IAIN Jambi
Subini Nini, 2011, MengatasiKesulitan Belajar Pada Anak, PT bukukita, Jakarta
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabet, Bandung
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Jakarta
Suniantara, dkk, 2021, Meningkatkan KemampuanBerhitung Anak Menggunakan Metode Jarimatika Di TK Mekar Kumara Desa Kesiut, Widyabhakti, JurnalIlmiahPopuler, 4(1)
SupenaAsep, 2018, PedomanPenilaianPembelajaranAUD, DirektoratPembinaan Pada Anak Usia Dini, Jakarta
Susanto Ahmad, 2011, Perkembangan Anak Usia Dini, Prenada Media, Jakarta
Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangsistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Bab 1 Pasal 1 ayat (14)