HUBUNGAN PERMAINAN CONGKAK TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK RAUDHATUL ATHFAL AN-NAMIR RANTAUPRAPAT

Authors

  • Siti Mariam Dalimunthe STITA
  • Leli Hasanah Lubis
  • Ismi Yulizar

Keywords:

PermainanCongkak, KeterampilanBerhitung

Abstract

Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifdenganpre testpost testcontrol design group. Penelitianinimenggunakantekhnikpengambilansampeldengan total sampling yaknidenganmelibatkanseluruhpesertadidikdi RA An-Namir Rantauprapat yang berjumlah 30 siswa. Sampel dibagimenjadi dua kelompokyaitu 15 siswakelas control dan 15 siswakelaseksperimen.

Peningkatankemampuanberhitung pada anakkelaskontrol pada tema Binatang yang tidakdiberikanperlakuan media congkakdiperolehnilai rata-rata pre testsebesar 10,06 dan nilai rata-rata pre testsebesar 16,26. Peningkatankemampuanberhitunganakkelaseksperimen pada tema Binatang denganmenggunakan media congkakdiperolehbilai rata-rata pre testsebesar 10,2 dan nilai rata-rata post testsebesar 18,93. Uji pengaruhnilaipost testkelas control dan kelaseksperimendiperoleh t-hitung = 4,994 sedangkan t-tabel = 2,048 atau t-hitung ≤ t-tabel (4,994 ≥2,048) sehingga Ha diterima dan Ho ditolakartinyaterdpatpengaruh media congkakterhadappeningkatankemampuanberhitung pada anak RA An-Namir Rantauprapat

References

Adriana Dian, 2013,Tumbuh Kembang dan TerapiBermain Pada Anak, Salemba Medika, Jakarta

ArikuntoSuharsimi, 2012, ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek, Rineka Cipta, Jakarta

Ariyanti, ZidniImmawan Muslimin, 2015, Efektifitas Alat PermainanEdukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuanberhitung,JurnalPsikolog, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Darmawan, 2016, Metode PenelitianKuantitatif, PT Rosdakarya, Bandung

Fadillah, Muhamad, 2012, Desain Pembelajaran PAUD, Arruzz media, Jogjakarta

Indra Jaya, Ardat, 2013,PenerapanStatistikUntuk Pendidikan,Ciptapustaka Media Pritis, Bandung

Kurniati, 2016, PermainanTradisional&PerannyadalamMengembangkanKeterampilanSosial Anak, Prenadamedia Group, Jakarta.

Martono Nanang, 2012, Metode PenelitianKuantitatif; Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, PT Raja GrafindoPersada, Jakarta

Mulyani Novi, 2016, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Kalimedia, Yogyakarta

Muri A.Yusuf. 2013, Metode Penelitia (Dasar-Dasar PenyelidikanIlmiah), UNP Press, Padang

Nurani Sujiono Yuliani, 2008, Metode PengembanganKognitif, Universitas Terbuka, Jakarta

PeraturanPemerintahNomor 58 tahun 2009 TentangKemampuanBerhitung, Jakarta

Rismawati, 2019, MenstimulasiPerkembanganOtakDenganPermainan (untukanakusia 0 – 12 tahun), Sleman, Jogjakarta

Rosa Imani Khan, Ninik Yuliani, Januari 2016, Meningkatkan KemampuanBerhitung Anak, Vol.10 No.1

Setiowati Rina, 2017, Meningkatkan KemampuanOperasiHitungPerkalianMenggunakan Media PermaianCongkak Pada SiswaKelas II SDN 182/1 Hutan Lindung, Skripsi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, IAIN Jambi

Subini Nini, 2011, MengatasiKesulitan Belajar Pada Anak, PT bukukita, Jakarta

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabet, Bandung

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Jakarta

Suniantara, dkk, 2021, Meningkatkan KemampuanBerhitung Anak Menggunakan Metode Jarimatika Di TK Mekar Kumara Desa Kesiut, Widyabhakti, JurnalIlmiahPopuler, 4(1)

SupenaAsep, 2018, PedomanPenilaianPembelajaranAUD, DirektoratPembinaan Pada Anak Usia Dini, Jakarta

Susanto Ahmad, 2011, Perkembangan Anak Usia Dini, Prenada Media, Jakarta

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangsistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Bab 1 Pasal 1 ayat (14)

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Siti Mariam Dalimunthe, Leli Hasanah Lubis, & Ismi Yulizar. (2024). HUBUNGAN PERMAINAN CONGKAK TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK RAUDHATUL ATHFAL AN-NAMIR RANTAUPRAPAT. Qalam Lil Athfal, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/177