HUBUNGAN PERMAINAN PLASTISIN DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI PAUD KARTINI SIGAMBAL

Authors

  • Supinah STITA
  • Suryatik
  • Eriani

Keywords:

Permainan Plastisin, Kemampuan Motorik Halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Permainan Plastisin Dengan Kemampuan Motorik Halus Di Paud Kartini Sigambal. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan permainan plastisin dengan kemampuan motorik halus anak di PAUD  Kartini Sigambal dan berapa besar hubungan permainan plastisin dengan kemampuan motorik halus anak  di PAUD Kartini Sigambal.

Metode Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan pre test post test control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik PAUD Kartini Sigambal yang berjumlah 30 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 siswa kelas control dan 15 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan perkembangan motorik halus anak kelas kontrol pada tema tanaman/subtema buah-buahanyang tidak diberikan perlakuan permainan plastisin diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 4,13 dan nilai rata-rata post tes sebesar 6,27. Peningkatan perkembangan motorik halus anak kelas eksperimen pada tema tanaman/subtema buah-buahan dengan menggunakan permainan plastisin diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 4,27 dan nilai rata-rata post tes sebesar 7,33. Uji pengaruh nilai post-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 4,824 sedangkan ttabel = 2,048 atau thitung ≥ ttabel ( 4,824 ≥ 2,048) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh permainan plastisin terhadap peningkatan perkembangan motorik halus anak Paud Kartini Sigambal.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasanya terdapat Hubungan Permainan Plastisin Dengan Kemampuan Motorik Halus Di Paud Kartini Sigambal.

References

Afandi. Ahcmad. 2019.Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo.

Asmawati, Luluk. 2019, Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Ayu, FatmawatiFitri. 2020.Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Comunication. Jawa Timur.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012.Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. PT Gramedia Pustama Utama. Jakarta.

Fadillah. 2017. Bermain Dan Permainan.Kencana. Jakarta.

Handayani, Sri. 2016. Penerapan Media Play Dough Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Universitas Terbuka Convention Center.

Jhon Suntrock. 2007. Perkembangan Anak. Erlangga. Jakarta.

Nurani, Sujiono Yuliani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta.

Priyani. Septi. 2014.pengaruh penggunaan media plastisin tepung bewarna terhadap

perkembangan kreativitas usia sini ra darush sholihin lampung barat.

Rewinda, 2015,Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Anak Pra Sekola,Jurnal Ners Dan Kebidanan, Vol 2, No 2.

Samsudin. 2015.PembelajaranMotorik di Taman Kanak-kanak. Prenada Media Group. Jakarta.

Suyadi, 2014, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosain, PT. Remaja Rosdakarya , Bandung.

Wartini. 2014.Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Bermain Plastisin Pada Anak Kelompok A TK Bandung 2 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun 2013-2014. Jurnal Publikasi Ilmiah.

Yusuf LN,Syamsu. 2016.Psikologi Perkembangan Anakdan Remaja.. Remaja Rosda Karya.Bandung .

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Supinah, Suryatik, & Eriani. (2024). HUBUNGAN PERMAINAN PLASTISIN DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI PAUD KARTINI SIGAMBAL. Qalam Lil Athfal, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/176