PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS BANGSA PULAU INTAN
Keywords:
Kata kunci: media kartu angka bergambar, kognitif peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak pada PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pre-tes post tes control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan yang berjumlah 32 orang. Sampel dibagi 2 kelompok yaitu 16 orang kelas kontrol dan 16 orang dikelas eksperimen.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk uji Normalitas, Homogenitas dan uji Hipotesis. Kemampuan kognitif peserta didik pada kelas kontrol saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,13 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,00. Kemampuan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,56 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 9,75. Terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan kognitif peseta didik PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotsis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihakdengan taraf signifikan 5%. Uji t satu pihak dimana harga thitung 3,530 dan diketahui ttabel 2,042. Maka kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak.
Kata kunci: media kartu angka bergambar, kognitif peserta didik
References
Allen, k. E. dan Lynn R. Marotz. 2017. Profil Perkembangan Anak Pra Kelahiran Hingga Usia 12 Tahun. edisi 5, Jakarta, Pt Indeks.
Ambara Didith Pramuditya. 2014. et Al Asesment Anak Usia Dini. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, Grafindo Persada.
Astuti. 2013. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka di Kelompok B TK Aisiyah Pulau Payung Rumbio Jaya. Jurnal PAUD Tambusi.
Departemen Agama Rebublik Indonesia. 2011. Al Muyasar Al Quran dan Terjemahan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Diane, Human Development. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadilla Muhammad 2014 Bermain dan Permainan Anak, Pt Indeks, Jakarta.
Fauzidin Muhammad 2017 Pembelajara PAUD, Remaja Rodas Karya, Jakarta.
Hapsari, Iriani Indri. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
Hartati, Ni Putu Erna. Dkk. Penerapan Metode Bermain Berbantu Media Magnet Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Tk Santa Maria.Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, vol 2 No 1.
Hasiana, Isabela. Anik Wirastania 2017. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak-Kanak Kelompok A Jurnal Universitas PGRI Adi Buana.
Holis, Ade. 2016. Belajar Melalui Bermain Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol 9 No 1.
Iskandar, Bukhari dan Suryatik. 2017. Panduan Penulisan Karya Ilmiah Dan Skripsi. Medan: C.V. Manhaji
Juita, Ratna. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air Di Tk Aisiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD, vol 1 No 1.
Karim, M Busro. Siti Hartini Wifroh 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif
Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Bermain Edukatif. Jurnal PG PAUD Trunojoyo .
Kolly, Normala R. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 dengan Menggunakan Media Konkrit Penutup Botol Pada Anak Usia Dini di Kelompok A Cempaka Putih Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal S1 PG PAUD FIF UNG.
Latif, Muhammad. 2014. et Al Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Jakarta:
Kencana Permana Media Group.
Megawati, Ni Made Pande. Dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantukan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan. Jurnal PG PAUD Universitas Ganesha.
Misyanti, Ni Wayan Dkk. 2014. Penerapan Media Demontrasi Berbantu Media Konkrit Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal PG PAUD Universitas Ganesha vol 2 No 1.
Mufarizuddin. 2017. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Melalui MediaKartu Angka Kelompok B1 Tk Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1 (1).
Nurbaity,Salmiah dan Desi Mulia Sari. 2016. Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal ISNN 2355-1023X Vol III
No 1.
Nurrahmawati, Erfa. Dkk, Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Rraudhatul Ulum Kresnomulyo. Jurnal PAUD UIN Raden Intan Lampung.
Pedoman PenilaianPembelajaran AUD. 2015. Direktorat Pembina Pada Anak Usia Dini. Jakarta.
Priliantini,Rini. Dkk. 2013. Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 2 No 3.
Purwaningsih, Nunik dan Purwati Halida. 2019. Pengenalan Kartu Angka Dalam Konsep Bilangan Usia 5-6 Tahun di Tk Negri Pembina Rasau Jaya. Jurnal PAUD UNTAN Pontianak.
Ramli,M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadis.
Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. Vol 13 No 23.
Rohani,Ahmad. 2001. Media Intruksional Edukatif. Jakarta:Rineka Cipta.
Siagian, Febriani. 2015. Upaya Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Eksperiment di PAUD Mawar Kelurahan Petisah Hulu Medan T. A 2014/2015, Jurnal PAUD, vol 1.
Srianis,Komang. Dkk. 2014. Penerapan Metode Puzzel Geometri Untuk Meningkatkan Pekembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, vol 2 No 1.
Suryani, Nunuk. Dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Pt Remaja Rodaskarya.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:Alfabet.
Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Permana Group.
Tajuddin, Nilawati. 2015. Desain Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandar Lampung: Aura Printing & Publising.
Widoyoko. 2012. Tehnik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Yatini, Trifena. Dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan berhitung Permulaan Dengan Menggunakan Media gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal PG PAUD Fikif Universitas Tanjungpura Pontianak.
Yuliani. 2013. Konsep Anak Usia Dini. Jakarta: Pt Indeks.
Yusuf,Syamsul. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Grafindo.