MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK RA MIFTAHUL HIDAYAH SUMBER MULYO KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2020
Keywords:
Kata kunci: meningkatkan, kemandirian anak, anak usia dini, metode bermain peranAbstract
Pembelajaran bermain peran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini. Dalam kenyataannya tingkat kemandirian anak usia dini di RA Miftahul Hidayah Sumber Mulyo masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya pembelajaran bermain peran. Oleh karena itu diperlukan adanya pembelajaran bermain peran untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: Untuk mengetahui pembelajaran metode bermain peran di RA Miftahul Hidayah Sumber Mulyo dan untuk mengetahui sejuah mana metode bermain peran dalam meningkatkan kemandirian anak RA Miftahul Hidayah Sumber Mulyo.
Subjek penelitian ini adalah anak-anak RA Miftahul Hidayah Sumber Mulyo yang berjumlah 20 anak. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian pada aspek keberanian memiliki rasa tanggung jawab 17 anak atau sebesar 85% mendapatkan nilai ● (lingkaran penuh) berkembang sangat baik, sedangkan aspek mampu bekerja sendiri ada 16 anak atau sebesar 80% mendapatkan nilai ● (lingkaran penuh) berkembang sangat baik. Pada aspek menguasai keterampilan ada 16 anak atau sebesar 80% mendapatkan nilai ● (lingkaran penuh) berkembang sangat baik, sedangkan aspek mampu mengendalikan emosi ada 17 anak atau sebesar 85% mendapatkan nilai ● (lingkaran penuh) berkembang sangat baik. Aspek kemandirian anak ada 17 anak atau sebesar 85% mendapatkan nilai ● (lingkaran penuh) berkembang sangat baik. Dari 5 aspek yang dinilai, maka rata-rata ketercapaian anak adalah 82%.
Kata kunci: meningkatkan, kemandirian anak, anak usia dini, metode bermain peran