PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK RA ARAFAH PADANG BULAN RANTAUPRAPAT

Authors

  • HIKMAH DEWI Mahasiswi PIAUD

Keywords:

Kata kunci : bermain balok, Perkembangan kreativitas

Abstract

Balok adalah alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan potongan-potongan yang menyerupai kayu yang sama tebalnya dan dengan panjang dua kali atau empat kali sama besarnya ada yang berbentuk kurva, slinder dan setengah dari potongan balok juga disediakan, tetapi semua dengan panjang yang sama sesuai dengan ukuran balok-balok dasar. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya kegiatan imajinatif, untuk menumbuhkan kreativitas seseorang prlu dihadapkan pada berbagai kegiatan baru yang bervariasi. Hal ini diawali dengan keberanian anak dalam beraktivitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Bermain Balok Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Di Raudhlatul Athfal Arafah Padang Bulan? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bermain balok terhadap pengembangan kreativitas anak.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pre-tes post tes controldesign group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik RA Arafah Padang Bulan Rantauprapat yang berjumlah 40 orang. Sampel dibagi 2 kelompok yaitu 20 orang kelas control dan 20 orang di kelas eksperimen.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 21 untuk uji Normalitas, Homogenitas dan  uji Hipetesis. Kemampuan  mengenal kreativitas anak pada kelas kontrol saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 23,7 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 27,7. Ada pengaruh mengenalkan geometri terhadap peningkatan kemampuan kreativitas anak RA Aafah Padang Bulan. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 21,3Uji t satu pihak dimana harga 36,7 maka di terima artinya terdapat pengaruh mengenalkan kreativitas pada anak. Hal ini dapat dilihat dari penguji hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan tarif signifikan 5% . Uji t satu pihak dimana harga thitung16,289 dan di ketahui ttabel2,021. Maka kriteria pengujian adalah jika thitung> ttabelmaka Haditerima artinya terdapat pengaruh media pembelajaran balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri

Kata kunci : bermain balok, Perkembangan kreativitas

References

Aradnyani, GustiAyu Rai dkk. 2014. Penerapan Model Penerapan Pembelajaran InsideOutside CircleBerbantuan Berbantuan Media Balok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B,Jurnal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 20.1

Aradnyani, Made Dwi dkk. 2015. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak, Jurnal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, vol 3, no 1

Arikunto. 2009. Manejemen Penelitian. Rineka cipta, Jakarta.

Arikunto.2013.Prosedur Penelitian suatu Penelitian Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Aslindah Andi.2018. Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Dengan Menggunakan Media Balok Di TK Alifea Samarinda. Universitas widyagama Mahakam Samarinda. Jurnal Pendidikan Dan Embelajaran anak Usia Dini, Vol 03, No 01.

Bahran, Taib Pipih Sofia. 2018. Penerapan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Huruf Hijayah Pada Kelompok B3 Paud Sandhy Putra Telkom ternate Pipih

Darmawan. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rodes Karya, Bandung.

Denico, Ahmad.2019. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Balok Asesoris Pada Kelompok Bermain Al-Mukmin Rokan Hilir, Jurnal Al-Abyadh Vol 2 No. 2 Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir.

Fauziddin, Muhammad. 2017. Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini, jurnal care, v. 5 (1),

Fajar, Yulias Wulani. 2014. MeningkatanKreativitas anak Melalui Metode Menggambar di Desa Karangasem Lamongan, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol 1,

Fakhriyani,Diana Vidya. 2016. PengembanganKreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, Vol.4, No.2

https:/kbbi.web.id kreativitas

Juli, Santi Putri. 2014. Meningkatkan Kecerdasan visual Spasial Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Buildin G-Block Pada Kelompok B6 Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu.

Kemalawati, Ika. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan BalokDi Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia, Jurnal Empowerment, Vol 6, No 1. Kabupaten Bandung Barat

Khalijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. perdana publishing, Medan.

Latif, Muktar dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, kencana prenada media group, Jakara.

Lestari, Putri Mulia. 2016.JurnalPengaruh Penggunaan Media Balok Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun,Universitas Lampung.

Masnipal. 2016. Model Pengembangan Kreativitas Melalui Permainan Konstruktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Usia Dini, Program Studi PG PAUD Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Isalm Bandung, Jurnal Pendidikan Islam, Vol V, No, 1.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta, Jakarta.

Nurhayati, Dwi. 2017. Meningkatkan kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna, e Jurnal Program Studi PG- PAUD Fakultasilmu Pendidikan universitas Trunojoyomadura, vol 1 no 2.

Nurhastuti, Eni. 2015. Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompo B TK Tanggan I Kabupaten Seragen.

Rahmawati, Dian Idha dkk. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pola MelaluiBermainKonstruktif Dengan Media Balok Pada Anak Kelompok A TK Guworejo 2 Krarang malang sragen, Jurnal PG-PAUD Tahun AJaran 2014/2015

Rini, Hildayani. 2015. Psikologi Perkembangan Anak.Universitas Terbuka, Jakarta.

Rohaeni, Eni. 2014. Penerapan Metode Bermain Balok Dalam Mengembangkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini Pada PAUD Nuansa Kota Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, VOL 4, No 2, ISSN No 2252-4738

Sofia, Bahran Taib, Penerapan Media Balok untuk MeningkatkanKemampuan Belajar Huruf, Jurnal Pendidikan Vol 16, no 2 Juni.

Sri, Hartini Annisa. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matimatika Melalui Permainan Balok Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Kelompok B TK Palengadung 3 Jaten pelengadung, Jurnal AUDI ISSN 2528-3367.

Sukmadinati, Nana syaodih.2003. landasan pisikologi proses pendidikan.remaja rosdakarya, Bandung

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Alfabeta, Bandung.

Susanto, Ahmad. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. PT bumiaksara, Jakarta.

Sudjana. 2016. Metodi Statistika.Tarsito, Bandung.

Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabet, Bandung.

Syarifuddin.2019. Metode Permainan Balok Dapat Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A TK Malahayati Sabang . Jurnal Ekonomi. Pendidikan dan Sains Vol. 3. No. 2.

Tadjuddin, Nilawati. 2016. Optimalisasi Potensi Bawaan Melalui Rangsangan Otak, Darulilmi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 no 2

Tohari, Hamim. 2014. kementrian Agama RI Al-Qur’an Tikrar, sigma, Jakarta

Vidya,FahriyaniDiana. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini,. Jurnal. Pemikiran Penelitian Dan Sains, Vol. 4, No.2.

Yeni, Rachmawati. 2019. Metode Pengembangan Sociall Emosional Anak, universitas terbuka, tanggerang.

Yuliana, Nuraini Bambang. 2010. Bermain Aktif Berbasis Kecerdasan Jamak, PT Indek, Jakarta.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

HIKMAH DEWI. (2023). PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK RA ARAFAH PADANG BULAN RANTAUPRAPAT. Qalam Lil Athfal, 1(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/141