UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI PADA KELOMPOK B ABU HURAIRAH DI RA AL AZHAR RANTAUPRAPAT
Keywords:
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, kegiatan lompat tali, anak.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui kegiatan Lompat Tali Kelompok B Abu Hurairah di RA Al Azhar Rantauprapat. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B Abu Hurairah. Objek dalam penelitian ini adalah siswa usia 5-6 tahun dengan unsur yang menunjang kemampuan motorik kasar siswa khususnya kekuatan dan keseimbangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi (checklist).
Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah melakukan kegiatan lompat tali yaitu dengan anak melakukan pemanasan terlebih dahulu, setelah itu anak dibagi menjadi dua kelompok, langkah selanjutnya anak melakukan lompat tali dengan ketinggian 20 cm. Anak yang sudah melakukan lompat tali diberikan reward berupa stiker bintang untuk setiap anak.
Unsur motorik kasar yang diamati dalam kegiatan lompat tali pada Siklus I dan Siklus II yaitu kekuatan, kelincahan, dan keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan kegiatan lompat tali. Peningkatan komponen motorik kasar dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 6% atau 1 anak dari 17 anak pada kriteria baik, pada Siklus I diperoleh 35% atau 6 anak dari 17 anak pada kriteria baik, dan Siklus II diperoleh 76% atau 13 anak dari 17 anak pada kriteria baik. Anak dapat melakukan gerakan melompat dengan tolakan kuat sehingga mendarat dengan baik.
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, kegiatan lompat tali, anak.
References
Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional, Jogjakarta, Javalitera.
Aisyah, S. 2009. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Universitas Terbuka Edisi 1.
Ali, D. A.-J. 2004. Al-Qur'an dan Terjemahnya, Bandung, Anggota IKAPI Ikatan Penerbit Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Dharmamulya, S. 2008. Permainan Tradisional Jawa, Yogyakarta, Kepel Press.
Fad, A. 2014. Kumpulan Permainan Tradisional Anak Usia Dini, Jakarta, Niaga Swadaya.
Fadillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana.
Fakhruddin, A. U. 2018. Sukses Menjadi Guru PAUD, Bandung, Rosdakarya.
Haerani Nur, “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional”, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, 2013
Hasanah, U. Juni 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Hidayatu Munawaroh, “Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, 2017
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Kurniati, E. 2017. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak, Jakarta, Prenada Media Group.
Made Ayu Anggraeni, D. Maret 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Of Early Childhood Care & Education .
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta, Pustaka Belajar.
Masyarakat, K. P. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Muchtar, H. J. 2008. Fiqih Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya Offset.
Mukhtar Latif, d. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana Media Group.
Muliyani, N. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia, Yogyakarta, DIVA Press.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Rahayu, A. Y. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita, Jakarta, Indeks.
Rahmadani, N. K. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Jawa. Jurnal PAUD .
Romi Mini, d. 2010. Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak, Jakarta, Indocam Prima.
Rudiyanto, A. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini, Lampung, Darussalam Press.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak, Jakarta, Prenada Media Group.
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga.
BIBLIOGRAPHY
Sari, A. P. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Kucing-kucingan Pada Anak Kelompok B Di TK IT Ar-Raihan . Skripsi .
Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Syamsu Yusuf, N. M. 2013. Perkembangan Peserta Didik., Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan, Jakarta, Erlangga.
Wardatun Nafisah, “Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet dan Lompat Tali terhadap Pembentukan Karakter Demokratis dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar di SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan,” Skripsi pada UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2016, dipublikasikan.
Wiyani, N. A. 2015. Manajemen PAUD Bermutu, Yogyakarta, Gava Media.
Wiyani, N. A. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta, Gava Media.
Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana.
Yus, A. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Yusriani, A. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang disukai Anak-anak, . Yogyakarta, Diva Press.
Yusuf, S. 2013. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.