Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ <p>Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik yang membahas berbagai topik pendidikan sains dengan implikasi untuk meningkatkan dan meningkatkan praktik pendidikan sains dan teori. Topiknya melibatkan biologi, kimia, fisika, serta beberapa aplikasi pedagogi dan pengembangan guru. Jurnal ini menyediakan beragam makalah penelitian yang menyegarkan dan informatif yang memperluas dan memperdalam pemahaman teoretis kita. Ini juga memberikan implikasi berbasis praktik dan kebijakan dalam konteks pendidikan sains yang relevan</p> en-US stitalabuhanbatu2645@stita.ac.id (LP2M STITA Labuhanbatu) stitalabuhanbatu2645@stita.ac.id (Ismi Yulizar) Mon, 25 Dec 2023 19:49:29 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 REKAPITULASI RATA-RATA DATA HASIL WAWANCARA CALON MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL BUKHARY LABUHANBATU TAHUN 2023 https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/158 <p>Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi dengan cara bertanya jawab dengan narasumber sesuai topik wawancara untuk memperoleh informasi. Wawancara memiliki beberapa jenis yang berdasarkan jumlah responden, waktu wawancara, keterlibatan pihak ketiga, dan alternative komunikasi.</p> <p>Berdarkan fungsinya, wawancara dibagi menjadi tiga, yaitu diagnosik, theurapeutik, dan penelitian. Berdasarkan waktu dibagi menjadi dua yaitu, wawancara singkat dan panjang.</p> <p>Keywords— Rekapitulasi Rata-Rata Hasil &nbsp;Wawancara Calon Mahasiswa Baru</p> Sahbuki Ritonga Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/158 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA KELAS IV MDTA TUNAS BANGSA PULAU INTAN https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/166 <p>Penulis adalah Rohatijah, NPM :17.86232.0002, NIRM : 017.40.1.2.3.1.0167 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Judul penelitian adalah Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Drill pada Kelas IV MDTA Tunas Bangsa Pulau Intan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Banyak permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar terutama yang berkaitan dengan penelitian penulis adalah masalah minat belajar yang rendah, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor yang berasal dari siswa itu sendiri dan dapat pula berasal dari keterampilan guru dalam menggunakan metode mengajar.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas partisipan, karena peneliti terlibat berpartisipasi langsung dalam penelitian mulai awal sampai berakhirnya penelitian. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, dan menggunakan 2 (dua) siklus.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan minat siswa dan bagaimanakah pengaruh metode drill dalam kaitannya dengan pembelajaran siswa terhadap materi pokok ilmu tajwid pada siswakelas IV MDTA Tunas Bangsa Pulau Intan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dengan ukuran ketuntasan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Pada siklus pertama diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 20%, sedangkan pada siklus kedua ketuntasan belajar mencapai 85%, dari data tersebut diperoleh kenaikan sebesar 65%, hal ini menunjukkan kenaikan yang signifikan.</p> ROHATIJAH, Suryatik, Azhar Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/166 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI AZAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MIS DARUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KANAN https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/163 <p>Pada saat penulis melakukan prapenelitian di MIS Darul Muhsinin, Penulis melihat masih ada sebagian siswa yang memiliki kreativitas dan motivasi yang tergolong rendah dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat misalnya tidak sesuai atau factor lainnya, hal ini mendorong penulis untuk menelitinya lebih dalam.<br>Hasil belajar yang penulis maksud adalah sebuah perubahan tingkah laku didalam diri seseorang, perubahan tersebut menyangkut aspek kepribadian. Dapat diambil kesimpulan bahwasannya hasil belajar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya interaksi, proses dan evaluasi belajar. Interaksi antara peserta didik dan pendidik untuk melakukan proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar. Tidak terlepas dari metode dan model pembelajaran yang digunakan.<br>Adapun Metodologi penelitian yang dilakukan didalam penulisan skripsi ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini untuk mengungkapkan apakahmodel pembelajaran demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih pada materi Azan di MIS Darul Muhsinin.<br>Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi azan yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar dari siklus kedua, dimana peningkatan tersebut mencapai 66,1 (9,30%).</p> ARSYAD RIPAI SIREGAR, Bukhari Is, Suryatik Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/163 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 KLASIFIKASI KUALITAS MANGGA HARUM MANIS: PENDEKATAN NEURAL NETWORK https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/161 <p>Mangga Harum Manis adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia yang dapat dikategorikan menjadi tiga tingkat kualitas: Grade A, B, dan C. Penelitian ini mengimplementasikan algoritma multilayer perceptron (MLP) dengan fungsi aktivasi ReLU dan optimasi Adam, serta variasi jumlah neuron 10, 20, dan 30 pada masing-masing lapisan tersembunyi. Performa dari ketiga model yang dibangun dianalisis menggunakan nilai akurasi, presisi, dan recall yang diperoleh dari evaluasi menggunakan confusion matrix. Model dengan kombinasi 20-30-10 neuron dalam lapisan tersembunyi menunjukkan performa terbaik. Dengan akurasi = 82.5%, presisi = 82.2%, dan recall = 82.4% untuk klasifikasi data latih, dan akurasi = 77.4%, presisi = 78.1%, dan recall = 77.4% untuk klasifikasi data uji, kombinasi ini melampaui performa dua model lainnya. Dengan perbandingan rata-rata antara performa klasifikasi data latih dan data uji di bawah 5%, model yang dihasilkan menunjukkan ketahanan yang sangat baik terhadap perubahan data atau penambahan data selanjutnya.</p> M. Faisal Afiff Tarigan Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/161 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR IT ROBBANI RANTAUPRAPAT https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/159 <p>Era digital merupakan masa dimana perkembangan teknologi terjadi di seluruh belahan dunia. Sebagai masyarakat yang hidup di era digital ini, sepatutnya kita mengikuti arus perkembangan teknologi yang saat ini kita rasakan. Memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah-masalah dalam dunia pendidikan merupakan tindakan yang bijaksana. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah menggunakan media video berbasis teknologi komputer sebagai media pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Beberapa temuan dari kelebihan video yang diantaranya bersifat menyenangkan bagi siswa, mampu memberikan sajikan informasi yang konkret, dan mampu menghadirkan pengalaman belajar yang tidak mungkin didapatkan siswa di luar lingkungan sekolah, seperti sejarah kemerdekaan misalnya. Ketiga kelebihan tersebut menjadikan video dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, media video juga dinilai efektif digunakan untuk jenjang siswa sekolah dasar karena ketiga kelebihan tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa sekolah dasar yang berada pada fase operasional konkret.</p> <p>Keywords — Efektivitas, Video, Media Pembelajaran.</p> Leli Hasanah Lubis Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/159 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI UNTUK KELAS V MIS AL - AZHAR BAR DIAGRAM MEMANFAATKAN MEDIA UMUM. https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/167 <p>Kajian ini berencana untuk menentukan (1) tingkat minat membaca puisi dengan menggunakan media umum, (2) tingkat kemampuan membaca puisi siswa kelas 5 MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge menggunakan media umum. Ujian ini dipimpin di MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam ulasan ini, hanya terbatas pada masalah "Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat". Ilmuwan memanfaatkan media umum untuk membangun keunggulan dan kemampuan siswa dalam memahami puisi. Spekulasi penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan media umum dapat membangun keunggulan siswa dalam memahami puisi,</p> <p>pemanfaatan media umum dapat lebih mengembangkan kemampuan membaca siswa dalam memahami puisi. Nilai normal pada kondisi dasar sebelum penggunaan media umum dalam pembelajaran adalah 66 dan pada siklus utama terdapat peningkatan nilai normal siswa menjadi 72,5. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca puisi siswa dengan pemanfaatan media umum sebesar 6,5 tempat. Peningkatan kemampuan membaca syair diperoleh dari korelasi nilai normal siswa pada kondisi dasar dengan nilai normal pada siklus primer. Pada siklus kedua nilai normal kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 77,5, hal ini menunjukkan peningkatan 5 poin dari siklus utama. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi tidak hanya pada kelebihan siswa dan kemampuan pemahaman puisi saja, tetapi jumlah siswa yang mencapai KKM 75 juga meningkat. Kondisi yang mendasarinya adalah tingkat siswa yang sampai di KKM ada 5 siswa yang sampai di KKM (20%) dan 5 siswa yang belum sampai di KKM (setengah). Pada siklus utama terdapat 5 siswa yang mencapai KKM (setengah) dan lebih dari 5 siswa yang belum mencapai KKM (setengah) peningkatannya adalah 20%. Pada siklus II terdapat 7 siswa yang mencapai KKM (70%) dan lebih dari 3 siswa yang belum mencapai KKM (30%), hal ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. sebesar 20%.</p> Suliyana, Jupriaman, Yuliyani Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/167 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS III MDTA NURUL UMMI DUSUN PURWOSARI SIGAMBAL https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/165 <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menegetahui adakah peningkatan pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar Siswa kelas III MDTA Nurul Ummi pada mata pelajaran Akidah Akhkak.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar (X), dan variabel terikat penelitian ini adalah motivasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MDTA yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 20 siswa. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah angket dan post test siswa kelas III, dan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, post test dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS V:23.</p> <p>Dari Hasil penelitian Setelah dilakukan uji hipotesis untuk melihat pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar Siswa yaitu digunakan uji t. Uji t satu pihak dimana Ha di terima dan Ho ditolak jika thitung ≥ ttabel dan Ho diterima dan Ha ditolak jika thitung ≤ ttabel. Harga thitung diperoleh 4,661 dan data ttabel diketahui 1,686. Maka kriteria pengujian data diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 4,661 ≥ 1,686. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan media gambar terhadap moivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak Siswa kelas III MDTA Nurul Ummi Dusun Purwosari Sigambal.</p> NUR FITRI NINGSIH, Junaidi, Yuli Yani Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/165 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS IV MIS AL-AZHAR BAGAN BILAH https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/162 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIS Al-Azhar Bagan Bilah . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) model kemmis dan mc. tenggard. penelitian dilakukan pada semester I tahun ajaran 2020/2021 dalam dua siklus. setiap siklus ada dua pertemuan. subjek penelitian ini ada siswa kelas IV ada berjumlah 20. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. teknik alnalisis data dilakukan secara deskriptip kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV MIS Al-Azhar Bagan Bilah. hasil belajar saat pratindakan , rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 4 orang atau 32% dan belum tuntas ada 16 orang atau 68% hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. pada siklus 1 diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 71,92. ketuntasan ada 8 orang siswa atau 40% dan b elum tuntas 12 orang atau 60%berarti ada kenaikan nilai rata-rata pratindakan ke siklus I sebesar 6,61. sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas menjadi 76,90%. dan ketuntasan ada 17orang atau 82% dan belum tuntas 3 orang atau 11% dengan demikian ada kenaikan rat-rat dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. hal ini ditandai dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab perganyaan dan mengemukakan pendapat.</p> SITI APSO HARAHAP, Leli Hasanah, Ali Sadikin Ritonga Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/162 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 SPIRITUALITAS DAN KESEHATAN https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/160 <p>Manusia diciptakan dengan dua dimensi, <br>yaitu dimensi fisik atau tubuh dan dimensi ruh atau <br>jiwa dengan karakteristik masing-masing. Para <br>ilmuan perennial sejak dahulu menyatakan bahwa <br>ada 3 (tiga) elemen penting dalam tubuh manusia, <br>yaitu tubuh, mental dan ruh atau dalam istilah lain <br>adalah body, mind and spirit. Seiiring dengan <br>perkembangan ilmu pengetahuan yang cenderung <br>mengagungkan sekulerisme dan ilmu pengetahuan <br>semata memunculkan pandangan bahwa manusia <br>tidak lebih dari sekumpulan benda-benda belaka <br>yang terdiri dari tulang, otot, syaraf dan hal-hal <br>lain yang berbentuk material fisik saja. Hal ini <br>menjadikan manusia sebagai robot tanpa jiwa atau <br>the hollow man. Proyek ini digadang-gadang<br>dapat menyelesaikan seluruh permasalahan <br>manusia namun faktanya malahan memunculkan <br>masalah baru di antaranya adalah kehilangan <br>orientasi makna hidup. <br><br>Penelitian ini merupakan penelitian studi <br>pustaka atau library research. Studi kepustakaan <br>merupakan penelitian yang dilakukan dengan <br>mempelajari secara komperehensif berbagai <br>literatur yang relevan dengan spiritualitas dan <br>kesehatan. Hasil penelitian ini adalah (a) <br>paradigma kedokteran kontemporer sangat <br>responsif terhadap spiritualitas yang berhasil <br>menyodorkan bukti sahih hubungan saling <br>memengaruhi antara elemen fisik, emosi, sosial, <br>budaya dan spiritualitas, (b) hubungan antara fisik <br>dan psikis adalah hubungan saling mempengaruhi <br>dan melengkapi sehingga pengobatan modern <br>tidak lagi dapat hanya mengandalkan obat-obatan <br>fisik semata.<br>, (c) tawaran solusi spiritualitas dan <br>pemberdayaannya membantu manusia mencapai <br>tujuan hidup yaitu kebahagiaan.<br>. <br>Keywords—Spiritualitas, Kesehatan, <br>Paradigma Kedokteran Modern.</p> Azhar Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/160 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK DENGAN PERMAINAN PIPA BOCOR DI TK GENERASI HATI RANTAU SELATAN https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/168 <p>Penelitian &nbsp;ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kerja sama anak di TK Generasi Hati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan kerjasama anak dengan permainan pipa bocor di TK Generasi Hati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B TK Generasi Hati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pembelajaran dengan permainan pipa bocor terbukti memiliki potensi untuk membangun kerjasama diantara sesama anggota kelompok. Kedua, pembelajaran dengan permainan pipa lines memakasa anggota kelompok untuk bersikap secara serius dalam menyikapi persoalan yang muncul dalam kelompoknya. Ketiga, pembelajaran dengan permainan pipa lines menumbuhkan pula sikap tanggungjawab, disiplin, saling menghargai, kesabaran, dan kesadaran kelompok untuk saling membantu terhadap sesama anggota kelompok.</p> Soybatul Aslamiah Ritonga, Haris Suwondo, Widia Lestari Copyright (c) 2023 Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/168 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700