Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM <p>Qalam lil Mubtadiin adalah Jurnal Pendidikan adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dengan E-ISSN: 2962-8881.</p> en-US lp2mstitalabuhanbatu@gmail.com (Ismi Yulizar, S.Pd., MS) lp2mstitalabuhanbatu@gmail.com (LP2M STITA LABUHANBATU) Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DI KELAS 5 MIS HARISMA PULO PADANG https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/260 <p>Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif. Yang dilakuan pada kelas control dan eksperimen, Penelitian ini menggunakan angket dan media pembelajaran ceramah didukung dengan Power Point/video dan game, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Materi ekosistem siswa-siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Harisma Pulo Padang. MIS Harisma Pulo Padang yang berjumlah 40 siswa.</p> <p>Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan media pembelajaran Video, Power Point hingga <em>Ice Braking</em>, setelah itu diberikan pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,60 dengan standar deviasi 5,950. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata 62,40 dengan standar deviasi 10,257. Bila dilihat dari hasil nilai pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran ceramah dan didukung dengan video sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan meningkatnya minat belajar siswa. Setelah dilakukan uji hipotesis untuk melihat pengaruh media pembelajaran interaktif siswa dilakukan dengan menggunakan uji t. Pada uji t satu pihak dimana H<sub>a </sub>diterima dan H<sub>o</sub> ditolak jika t<sub>hitung&nbsp; </sub>≥&nbsp; t<sub>tabel</sub>. Tetapi jika H<sub>o </sub>diterima dan H<sub>a</sub> ditolak jika t<sub>hitung </sub>&nbsp;≤&nbsp; t<sub>tabel</sub>. Total t<sub>hitung </sub>diperoleh 2,183 dan data t<sub>tabel </sub>diperoleh 2,035, maka kriteria pengujian data diperoleh t<sub>hitung&nbsp; </sub>≥&nbsp; t<sub>tabel </sub>yaitu 2,183 <sub>&nbsp;</sub>≥&nbsp; 2,035. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media pembelajaran interaktif pada mata Pelajaran IPS siswa di MIS Harisma Pulo padang pada tahun pelajaran 2023/2024.</p> Sri Hariati Hasibuan, Sahbuki Ritonga, Suryatik, Soybatul Aslamiyah Ritonga, Ismi Yulizar Copyright (c) 2025 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/260 Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE JIBRIL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/258 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode <em>Jibril </em>terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara Tahun Ajaran 2023/2024.</p> <p>Metode <em>Jibril </em>merupakan salah satu metode pembelajaran islam. Yaitu metode <em>Talqin-Talqiq </em>(menirukan). Yang dimaksud dengan <em>Talqin-Talqiq </em>adalah menirukan bacaan guru satu persatu ketika dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an hingga benar atau pas ketika dalam membaca Al-Qur‟an.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuntitatif. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan studi domumentasi. Sampel diambil 15% dari populasi. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode <em>Jibril.</em></p> <p>Instrumen penelitian menggunakan tes sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh t<sub>hitung</sub> – t<sub>tabel</sub> (2,069 &lt;2,003). Sehingga h<sub>a</sub> diterima dan h<sub>o</sub> ditolak.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh t<sub>hitung</sub>–t<sub>tabel</sub> (2,069 &lt;2,003). Sehingga h<sub>a</sub> diterima dan h<sub>o</sub> ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode <em>Jibril </em>terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an sesuai dengan makhraj, tanda baca Al- Qur‟an dan tajwidnya di kelas V Sekolah Dasar Negeri 21</p> Tetty Yana Ritonga, Suryatik, Ismi Yulizar Copyright (c) 2025 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/258 Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KONSEP BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 21 RANTAU UTARA LABUHANBATU https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/250 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media herbarium terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam konsep bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV di sekolah dasar negeri 21 rantau utara labuhanbatu tahun ajaran 2023/2024 jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (<em>Quasi Exsperiment</em>) dengan sample penelitian total sampling, kelas IV A sebagai kelas kontrol, peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi dan tanya jawab) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen kegiatan proses pembelajaran Menggunakan Media Herbarium.</p> <p>Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal dan dilaksanakan oleh siswa/i Sekolah Dasar Negeri 20 Rantau Utara sebanyak 30 peserta. Untuk memperoleh validitas soal tes pilihan ganda yang menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,5 hasil uji hipotesis data <em>post test </em>Menggunakan Media Herbarium diperoleh thitung <em>&nbsp;&gt; </em>ttabel (2, 236 &gt; 1, 677). Sehingga H1 diterimah H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan mengunakan Media Herbarium Pada Materi Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2023/2024.</p> Fadilah Kharisma, Sahbuki Ritonga, Soybatul Aslamiyah Ritonga, Eriani, Ismi Yulizar Copyright (c) 2025 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/250 Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 12 PERLABIAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/259 <p>Shinta Arsita Sari, 2024, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian dan seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini adalah jenis Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan teknik sensus/sampling total. Sehingga jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V dan VI SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,02 &lt; 0,05 dan nilai thitung &gt; ttabel yaitu 2,168 &gt; 1,693. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square)&nbsp; yang nilainya&nbsp; sebesar 0,229&nbsp; atau senilai 22,9 %. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024.</p> Shinta Arsita Sari, Jupriaman, Leli Hasanah lubis Copyright (c) 2025 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/259 Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TADABBUR ALAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 21 RANTAU UTARA https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/257 <p>Motivasi belajar merupakan salah satu cara yang menjadi factor utama dalam belajar, namun siswa memiliki kesulitan dalam memahami pembelajaran agama islam, begitu pula dengan kurangnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran agama islam, halite pulalah yang menjadikan penulis melatar belakangi untuk menggunakan metode tadabbur alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengaruh model pembelajaran tadabbur alam terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam di SDN Rantau Utara di Kelas IV&nbsp; tahun pelajaran 2023-2024.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 21 Rantau Utara,dan SDN 16 Rantau Utara, sedangkan intrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah uji hipotesis.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan&nbsp; model pembelajaran tadabbur alam sangat berpengaruh untuk motivasi belajar anak didik, kelayakan dalam penerapan model pembelajaran tadabbur ini dapat dilihat dari hasis uji hipotesis menggunakan (SPSS) dengan memproleh nilai&nbsp; <strong>t</strong>hitung&nbsp; 2.276 sedangkan <strong>t</strong>tabel&nbsp; 0,05 sedangkan Ha diterima dan Ho di tolah atau bias dikatakan terdapat pengaruh yang signitifikan dari metode pembelajaran tadabbur alam terhadap motivasi belajar siswa.</p> Santianah Tanjung, Suryatik, Ismi Yulizar Copyright (c) 2025 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/257 Fri, 28 Mar 2025 00:00:00 +0700