https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/issue/feed Qalam lil Mubtadiin 2024-04-19T11:23:36+07:00 Open Journal Systems <p>Qalam lil Mubtadiin adalah Jurnal Pendidikan adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun di bulan dengan E-ISSN: 2962-8881.dan SK: Nomor: 29628881/II.7.4/SK.ISSN/12/2022</p> https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/171 PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT IMAM SYAFI’I PULO BARGOT 2024-04-02T13:06:17+07:00 Della Khairani dllkhairani@gmail.com Suryatik suryatik.buch@yahoo.co.id Eriani eriani1994@gmail.com <p><em>Pengaruh Bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syaf’i Pulo Bargot. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi’i Pulo Bargot dan berapa besar pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi’i Pulo bargot. Penelitian ini bertujuan untuk mecari data atau membuktikan signifikansi pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi''i Pulo Bargot.</em></p> <p><em>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. penelitian ini dilakukan di Sdit imam syafi''i Pulo Bargot dengan sampel sebanyak 45 siswa.Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian berupa angket bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan skala yang digunakan ialah skala likert. Peneliti mendapatkan hasil rata-rata dari bimbingan orang tua sebesar 31,11 dan hasil rata-rata dari motivasi belajar sebesar 29,02. Kemudian peneliti melakukan uji hipotesis dengan data yang diperoleh peneliti yaitu data dengan nilai yang peneliti dapatkan dari uji hipotesis ialah nilai thitung &gt; ttabel = 2,442 &gt; 1,682 dan nilai signifikans= 0,017 &lt; 0,05. Sehingga ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Imam Syafi’i Pulo Bargot</em></p> 2024-04-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/182 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAUI'ZATUL HASANAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 4 DI MIS MAMBA'UL ULUM LABUHANBATU 2024-04-03T21:08:59+07:00 M.JOPAN ritongabungsu12@gmail.com Bukhari Is bukhariis@yahoo.co.id Azhar azhar@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan Metode Muizatul Hasanah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel yang diteliti yaitu seluruh peserta didik kelas IV MIS Mamba’ul Ulum Lingga Tiga Labuhanbatu yaitu berjumlah 30 siswa. Penerapan model pembelajaran mau’izatul hasanah, berdasarkan hasil pengamatan keaktifan siswa diperoleh rata-rata. Secara klasikal perolehan nilai sudah melampaui capaian batas ketuntasan 90%. Siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa, dengan rat-rata kelas yaitu 83,66. Siswa yang masih belum tuntas atau belum memenuhi KKM tetap diperhatikan dengan cara membimbing dan mengarahkan siswa agar mau belajar lebih giat lagi terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan materi indahnya berperilaku akhlakul karimah.</p> 2024-04-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/173 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 01 RANTAU SELATAN 2024-04-02T11:40:26+07:00 Lanna Sari lannasari12@gmail.com Bukhari Is isbukhhari@gmail.com Suryatik suryatik@gmail.com <p><strong>Lanna Sari Ritonga, 2023, Pengaruh Model Pembelajaran <em>Mind Mapping </em>Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN 01 Rantau Selatan. </strong>Skripsi. Rantauprapat : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran <em>Mind Mapping </em>terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif (<em>Quasi Experiment</em>) dengan sampel penelitian dengan teknik total sampling, Kelas IV A sebagai kelas kontrol peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, diskusi) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas V B sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran <em>Mind Mapping</em></p> <p>Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan dilaksanakan oleh siswa SDN 01 Rantau Selatan sebanyak 23 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 20 soal, jadi peneliti mengambil 20 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data <em>Post Test </em>penggunaan Model Pembelajaran <em>Mind Mapping </em>diperoleh thitung &gt;ttabel (3,458&gt;2,019). Sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran <em>Mind Mapping </em>pada materi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya di kelas IV SDN 01 Rantau Selatan tahun pelajaran 2022/2023.</p> 2024-04-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/183 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIFE JIGSAW DI KELAS IV SDN 01 RANTAU SELATAN. 2024-04-03T21:07:48+07:00 HOTMA YANTI hotmayanti@gmail.com Yuli Yani yuliyani@gmail.com Bukhari Is isbukhari@gmail.com <p><strong>HOTMA YANTI DAULAY,</strong>NIM :19.86232.0054, Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tife jigsaw di Kelas IV sdn 01 Rantau Selatan.</p> <p>Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw</em>dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Pelajaran 2022/2023? Penelitian bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw</em> pada siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data ovservasi. Hasil penelitian diperoleh pada hasil belajar siswa persentase hasil belajar siswa secara klasikal siklus I adalah 39%. kemudian pada siklus II persentase hasil Belajar Siswa secara klasikal adalah 89%.</p> <p>Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak diperlukan. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw</em> telah terbukti dapat meningkatkan hasil&nbsp; belajar pada pelajaran ipa siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan.</p> 2024-04-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Qalam lil Mubtadiin https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/181 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS AL-WASHLIYAH PADANGMATINGGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 2024-04-02T10:22:06+07:00 Ahmad Sholeh Rambe solehrambe12@gmail.com Soybatul Aslamiah Ritonga soybatul89@stita.ac.id Eriani eriani@stita.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media pembelajaran Audio Visualterhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Padang Matinggi Tahun Ajaran 2021/2022 Jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif (<em>Quasi Experiment</em>) dengan sampel penelitian dengan tehnik total sampling, Kelas IV A sebagai kelas kontrol peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, diskusi) kegiatan pembelajaran berpuasat pada guru dan kelas V B sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal&nbsp; dan dilaksanakan oleh siswa MIS Mambaul’Ulum Aek Nabara sebanyak 23 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 20 soal, jadi peneliti mengambil 20 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data <em>Post Test</em>penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual diperoleh t<sub>hitung </sub>&gt;t<sub>tabel </sub>(3,458&gt;2,019). Sehingga H<sub>a </sub>diterima H<sub>0 </sub>ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada materi beriman kepada malaikat di kelas IV MIS Al-Washliyah Padang Matinggi tahun pelajaran 2021/2022.</p> 2024-04-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Qalam lil Mubtadiin