https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/issue/feedQalam lil Mubtadiin2025-09-29T09:27:39+07:00Ismi Yulizar, S.Pd., MSlp2mstitalabuhanbatu@gmail.comOpen Journal Systems<p>Qalam lil Mubtadiin adalah Jurnal Pendidikan adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dengan E-ISSN: 2962-8881.</p>https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/299Etika Profesi Sebagai Landasan Moral dalam Dunia Pendidikan2025-08-12T15:12:49+07:00Nada Sabillah Siti Nur Afifahnadasabillah59@gmail.com<p><em>The teaching profession is one that is deeply rooted in moral values; it is not merely an ordinary occupation. A teacher is not only responsible for instructing but also for educating, guiding, serving as a role model, and inspiring students in various aspects of life. This paper aims to examine how professional ethics serve as a moral foundation in the field of education. Using a literature study method with a qualitative approach, this article explores the teacher's role as a morally grounded profession, the meaning and implementation of professional ethics, and the challenges faced by teachers in the modern era. The findings of this study indicate that strengthening professional ethics must be carried out comprehensively. Teachers with strong ethical awareness will be able to fulfill their roles professionally, uphold integrity, and make meaningful contributions to the development of a dignified and human-centered education system. Thus, professional ethics should not merely be seen as a set of rules, but as the very soul of a teacher’s service</em></p>2025-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Nada Sabillah Siti Nur Afifahhttps://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/203PERAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DI BENGKULU2025-08-06T02:34:38+07:00delamadiana mardianamardianadela88@gmail.com<p>Salah satu faktor penting dalam peningkatan mutu pendidikan adalah peran dari kepala sekolah dalam mengelola sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan. Peran ini tentunnya yang harus dianalisis untuk mengetahui keberhasilan seorang kepala sekolah dalam mengembang tugas dan tanggung jawabnya dalam peningkatan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan kembali data-data yang telah terkumpul mengenai peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu yang meliputi membuat terobosan program unggulan (Program Keasramaan /MAN PK, Program Kelas Cambrige, Layanan PTSP dan Sistem Perpustakaan Digital), menjadikan visi dan misi sekolah sebagai pedoman dan komitmen pengembangan pembelajaran, pembentukan tim penjamin mutu melibat semua unsur dan pengelolaan SDM dengan prinsip Profesionalitas dan Integritas</p>2025-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 delamadiana mardianahttps://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/396OPTIMALISASI PENGGUNAAN YOU TUBE SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU DI SEKOLAH2025-09-02T10:21:03+07:00Dzakiyah DarajatDzakiyahdarajat4@gmail.comAnita Ayuantianitaayuanti7@gmail.comAbdul Fattah Nasutionabdulfattahnasution@uinsu.ac.id<p>Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan platform video seperti YouTube. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana YouTube dapat dioptimalkan sebagai alat pembelajaran inovatif oleh para guru di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan observasi terhadap praktik pengajaran yang melibatkan YouTube sebagai media bantu. Hasil kajian menunjukkan bahwa YouTube mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman konsep abstrak, serta menyediakan sumber belajar yang variatif dan menarik. Namun, optimalisasi penggunaannya memerlukan pelatihan guru, kurasi konten, serta integrasi dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pelatihan berbasis TIK bagi guru dan pembentukan kurikulum digital yang mendukung penggunaan media YouTube secara efektif.</p>2025-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Dzakiyah Darajat, Anita Ayuanti, Abdul Fattah Nasutionhttps://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/283PENGARUH METODE USWATUN HASANAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA2025-08-06T02:33:43+07:00Asmanadiaasmanadia21@gmail.comBukhari Isbukhariis@yahoo.co.idDwina Putridwinaputri@gmail.comIsmi Yulizarismiyulizar64@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode <em>Uswatun Hasanah</em> terhadap pembentukan karakter siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024.</p> <p><em>Uswatun Hasanah</em> merupakan salah satu metode pembelajaran dalam Islam. Yaitu suatu metode keteladanan yang menggunakan orang sebagai panutan dalam berbuat. Yang dimaksud dengan keteladanan adalah keteladanan yang baik dimana dengan meneladani panutannya bisa menjadikan seseorang mempunyai karakter (akhlak) yang baik. Lickona mengemukakan bahwa karakter adalah <em>reliable inner disposition to respond to situation in a morrally good way.</em> Yang berarti suatu terdalam dalam merespon situasi dalam suatu cara yang baik dan bermoral.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan yaitu Jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode <em>Uswatun Hasanah</em><em>. </em>Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 20 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh t<sub>hitung </sub>> <sub> </sub>t<sub>tabel </sub>(2,606 > 2,019). Sehingga h<sub>a</sub> diterima dan h<sub>0</sub> ditolak.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh t<sub>hitung = </sub>t<sub>tabel </sub>(2,606 > 2,019). Sehingga h<sub>a</sub> diterima dan h<sub>0</sub> ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode <em>Uswatun Hasanah </em>terhadap pembentukan karakter siswa materi Akhlakul Karimah di kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024.</p>2025-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Asmanadia, Bukhari Is, Dwina Putri, Ismi Yulizarhttps://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/401PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA2025-09-07T20:42:18+07:00Regita cahyaniregita0703241010@uinsu.ac.idCemerlang Zebuacemerlang0703241009@uinsu.ac.idNaila Fajirahnaila0703241012@uinsu.ac.idSherlly Amandashelly0703241011@uinsu.ac.idNabil Al Buchorinabil0703241005@uinsu.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh media sosial terhadap keinginan belajar mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU). Di era digital saat ini, platform seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan WhatsApp tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran. Media sosial dapat meningkatkan motivasi belajar melalui akses informasi akademik dan diskusi perkuliahan, meskipun penggunaannya yang tidak terkontrol dapat menurunkan fokus belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 50 mahasiswa dari berbagai program studi yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap keinginan belajar mahasiswa, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengatur penggunaan media sosial secara bijak dalam mendukung proses pembelajaran<strong>.</strong></p>2025-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Regita cahyani, Cemerlang Zebua, Naila Fajirah, Sherlly Amanda, Nabil Al Buchori