SUPERVISI DAN KEBANGKITAN PENDIDIKAN INDONESIA

Authors

  • Dinda Siti Azura Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar
  • Candy Khairani Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar
  • Irfan Fauzi Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar

Keywords:

Supervisi Pendidikan, Kebangkitan Pendidikan, Strategi Bertahan, Keberlanjutan Lembaga, Strategi Kompetitif, Daya Saing Global, Penguatan Kelembagaan

Abstract

Kebangkitan pendidikan Indonesia menuntut pendekatan supervisi yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga transformatif. Dalam tantangan global dan kompleksitas internal lembaga pendidikan, dibutuhkan strategi yang adaptif dan progresif. Pertama, strategi bertahan yang berfokus pada ketahanan sistemik dan respon terhadap krisis. Kedua, strategi mempertahankan kehidupan lembaga yang menitikberatkan pada keberlanjutan kelembagaan melalui inovasi kebijakan, peningkatan mutu SDM, dan pengelolaan sumber daya secara efektif. Ketiga, strategi yang berorientasi pada persaingan dengan menumbuhkan budaya mutu, daya saing akademik, serta keunggulan program pendidikan. Dalam menggerakkan ketiga strategi tersebut, supervisi diposisikan  bukan sekadar pengawasan, melainkan instrumen pembangunan institusi. Dengan demikian, supervisi pendidikan perlu didesain secara kolaboratif, partisipatif, dan berbasis data, demi mengantarkan pendidikan Indonesia menuju era keemasan yang berdaya saing global dan berbasis nilai.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. Y. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974.

Arifah Nurhasanah, B., Rahma, D. Z., & Subandi. (2025). Pendekatan dalam supervisi pendidikan. Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 3(1), 6–7.

Arum, D. M. (2023). Strategi manajemen pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. JME: Journal Management Education, 1(2), 70–72.

Baidowi, A., & Syamsudin. (2022). Strategi supervisi pendidikan di sekolah. Alim: Journal of Islamic Education, 4(1), 29.

Bani Amien, N., Masruroh, E., Muhammad, & Nurhadi, A. (2024). Pelaksanaan supervisi di lembaga pendidikan. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Krisna, Ezra. & Winduwati, S. 2021, Strategi Komunikasi Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bimbel Timothy’s, Cengkareng, Jakarta Barat). Prologia, 5(2), 313. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10200

Maududi, Muhammad. Mukhlis. & Ekowati, S. 2023, Strategi Public Relations di Masa Pandemi Covid-19 untuk Mempertahankan Citra Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Komunikasi, 14(1), 102–109. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.15266

Ozali, Imam. 2021, Strategi Pemasaran Philippine Airlines dalam Menghadapi Persaingan Penerbangan pada Pasar Indonesia Tahun 2020. Jurnal Sosial Sains, 1(9). https://doi.org/10.36418/sosains.v1i9.209

Rachman, Megawati Nadya. 2020, Evaluasi Penyelenggaraan Webinar: Strategi UMKM Korea Selatan Bertahan Dalam Pandemi COVID-19. Cendekia Niaga, 4(2), 1–15. https://doi.org/10.52391/jcn.v4i2.501

Ramadhan, Adji Rahmat. & Mega, S. A. 2022, Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Bandar Lampung Sebagai Strategi Bertahan Selama Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(02). https://doi.org/10.57084/jmb.v3i02.916

Rizqi, Fathur Alfan Moh. dkk. 2023, Analisis Strategi Bersaing dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada Madju Toys. Jurnal Strategi Dan Bisnis, 11(2), 161. https://doi.org/10.19184/jsb.v11i2.43526

Safril, dkk. 2025. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Lembaga Penyiaran Radio di Wilayah Bangka. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2419

Salsabilillah Rachmania, dkk. 2023, Strategi Manajemen Kurikulum yang Berorientasi pada Hasil Belajar di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. ARZUSIN, 4(1), 99–111. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i1.2275

Setyorini, W. F., Megawati, R., Sutomo, A., & Narimo, S. (2025). Peran kepala sekolah selaku pelaku supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu manajemen pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 7(1), 38.

Siregar, Hannum Latifa. dkk. 2024, Strategi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Padang Untuk Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Jurnal Relasi Publik, 2(3), 337–351. https://doi.org/10.59581/jrp-widyakarya.v2i3.3595

Viviana Mayasari, 2023, Model kualitas aset dan e-commerce pada kinerja UMKM yang dimoderasi oleh strategi persaingan produk. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 446–457. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.289

Yulianto, Edi. 2024, Supervisi dalam Pendidikan Islam: Menyempurnakan Proses Pembelajaran Menuju Kualitas Pendidikan yang Unggul. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 25–40. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.35.

Downloads

Published

2025-12-22

How to Cite

Dinda Siti Azura, Candy Khairani, & Irfan Fauzi. (2025). SUPERVISI DAN KEBANGKITAN PENDIDIKAN INDONESIA. Qalam Lil Mubtadiin, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/482