METODE PERBANDINGAN PENDIDIKAN
Keywords:
metode pendidikan komparatif, analisis sistem pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, kualitas pendidikanAbstract
Metode perbandingan pendidikan merupakan pendekatan sistematis yang bertujuan menganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi sistem pendidikan dari berbagai negara atau daerah. Melalui metode ini, peneliti dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan kurikulum, strategi pembelajaran, manajemen pendidikan, serta faktor sosial, budaya, dan ekonomi yang memengaruhinya. Hasil analisis tidak hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang kualitas dan efektivitas suatu sistem pendidikan, tetapi juga menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan yang lebih relevan dan inovatif. Dengan demikian, metode perbandingan pendidikan berperan penting sebagai sarana refleksi dan inspirasi untuk meningkatkan mutu pendidikan secara global.
References
Abdul Wahab Syakhrani, (2022). “ Pengertian, Tujuan, Metode dan Ruang Lingkup Perbandingan Pendidikan”, Educational Journal: General and Specific Research, Vol.2 No.3
Dr. H. Mahmud, M.Si, (2018), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : CV Pustaka Setia
Maryus Supradi (2018), “Education For All Studi Kasus Pendidikan Lintas Negara ( Materi Kuliah Perbandingan Pendidikan)”, Jakarta: Penerbit Adab
Sugiyono,(2019), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Sofia, Munadiya Nur Fadillah, Nurul Afiah, Irfan Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




