MENGUASAI SISTEM PENDIDIKAN NEGARA MAJU
Keywords:
Education System, Negara Maju, Inovasi, Kualitas Guru, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pendidikan di negara-negara maju dan mengidentifikasi praktik-praktik terbaik yang dapat diadaptasi dalam konteks pendidikan Indonesia. Penguasaan terhadap sistem pendidikan negara maju menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Negara-negara seperti Finlandia, Jepang, dan Korea Selatan dikenal memiliki sistem pendidikan yang menekankan pada fleksibilitas kurikulum, pemanfaatan teknologi, kreativitas, inovasi, serta kemandirian belajar siswa. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip tersebut secara selektif, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru, efektivitas pembelajaran, serta manajemen sekolah tanpa mengabaikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan sumber data diperoleh melalui kajian literatur dari jurnal ilmiah, buku, dan laporan lembaga internasional seperti OECD dan UNESCO. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan langkah-langkah pengumpulan data, pengelompokan tema (kurikulum, guru, teknologi, pembelajaran), serta analisis relevansi dengan konteks Indonesia. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan negara maju memiliki karakteristik utama berupa kurikulum fleksibel, pembelajaran berbasis kompetensi, serta penghargaan tinggi terhadap profesionalisme guru. Adaptasi prinsip-prinsip tersebut secara kontekstual dapat memperkuat mutu pendidikan nasional dan mencetak generasi Indonesia yang unggul, berkarakter, serta mampu bersaing di tingkat global.
References
Carney, S. (2022). Reimagining our futures together: a new social contract for education: by UNESCO, Paris, UNESCO, 2021, 186 pages, ISBN 978-92-3-100478-0. Taylor & Francis.
Development, O. for E. C. and. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do. Student Performance in Mathematics, Reading and Science. OECD Publishing.
Fernando, Z., Saputra, D. D., & Saputra, W. (2024). Mengintip Sistem Pendidikan di Negara Termaju di Dunia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 23–26.
Harahap, S. R., & Tumanggor, M. A. (2024). Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Lebih Baik Dengan Inspirasi dari Jepang. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).
Isnaini, T. M. D. W. J., & Ammar, P. N. (2023). Analisis Sistem Problematika dan Kebijakan Pendidikan di China Serta Perbandingan Dengan Pendidikan di Indonesia. Journal of Educational and Cultural Studies, 2, 194–207.
Jalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi pendidikan dalam konteks otonomi daerah. (No Title).
Latansa, M. I., & Sassi, K. (2025). Upaya Sistem Pendidikan di China dalam Meningkatkan Human Development Index. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1828–1850.
Mahsun, M. S. (2005). Metode penelitian bahasa: tahapan strategi, metode dan tekniknya. PT RajaGrafindo Persada.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Munawaroh, L., & Umami, K. (2025). Sistem Pendidikan Modern di Asia (India, China, Korea Selatan). Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 26–43.
Nurrijal, N. (2024). Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan Negara-negara Maju Sebagai Komparasi Kemajuan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Biologi Babasal, 7–20.
Rachmawati, A. (2020). Upaya India Untuk Menjadi Tujuan Pariwisata Medis Di Kawasan Asia Selatan Pada Pemerintahan Presiden Pranab Mukherjee (2012-2017).
Ratnawati, D., Kusumaningrum, K. D., & Muhtarom, T. (2024). Analisis Perbandingan Komparasi Pendidikan Negara Maju Untuk Kemajuan Pendidikan Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 110–118.
Risfina, A. M., Haqi, A., & Oviyanti, F. (2023). Keberhasilan Program Belajar Sepanjang Hayat di Finlandia dalam Perspektif Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 66–74.
Viani, O., & Firmansyah, L. (2025). Sistem Pendidikan Jepang dan Amerika Serikat. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 23–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andina Aprilia Prawanti, Rani Yolanda Syahputri Damanik, irfan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




