PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Media sosial, motivasi belajar, Mahasiswa, UINSU, pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh media sosial terhadap keinginan belajar mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU). Di era digital saat ini, platform seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan WhatsApp tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran. Media sosial dapat meningkatkan motivasi belajar melalui akses informasi akademik dan diskusi perkuliahan, meskipun penggunaannya yang tidak terkontrol dapat menurunkan fokus belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 50 mahasiswa dari berbagai program studi yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap keinginan belajar mahasiswa, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengatur penggunaan media sosial secara bijak dalam mendukung proses pembelajaran.
References
Desemly Suhadi, Calvin, Carolina Indah Lestari, Novia Aryanti, and Agustini Tanjung. n.d.-a. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA.” Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis. Vol. 2.
———. n.d.-b. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA.” Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis. Vol. 2.
Fadila, Rizka, Rina Ulviana, Rozatul Husna, and Iis Marsitah. 2024. “Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan Perkuliahan: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (4): 1–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.778.
Novita, Desi, and Tarishah Ananda Parinduri. n.d. “ANALISIS PERKEMBANGAN ZAMAN TERHADAP BAHASA, SIKAP DAN AKHLAK STUDI KASUS PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL.” Jurnal Dialect. Vol. 1.
Pendidikan Ekonomi, Jurnal, Muhammad Fahmi Akmal, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Mahmudah Hasanah, and Baseran Nor. 2024. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP ULM” 12 (2). https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p168.
Rahman, Sunarti. n.d. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Ramly, Rizal Arizaldy, and Sadriana Ayu. 2022. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” Jurnal Kependidikan Media. Vol. 11.
Rismana, Aida, Ellyn Normelani, and Sidharta Adyatma. n.d. “PENGARUH JEJARING SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT.” http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg.
Syaifudin, Ahmad, and Yandria Elmasari. n.d. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PLUS AL FALAH REJOTANGAN.”
Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2 (3): 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843.
Zahra Nasiruddin, Fathimah Az, and Lisa Gabriella Rapa’. n.d. “DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Regita cahyani, Cemerlang Zebua, Naila Fajirah, Sherlly Amanda, Nabil Al Buchori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.