UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AL AMTSAL DI MIS PERDAMEAN SIGAMBAL RANTAUPRAPAT

Authors

  • Muhammad Zulham Munthe STIT Al-Bukhary
  • Sahbuki Ritonga STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU
  • Leli hasanah Lubis STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v1i1.40

Keywords:

Kreatifitas Belajar, Model Pembelajaran AlAmtsal

Abstract

Penulis adalah Muhammad Zulham Munthe, Nomor
Pokok Mahasiswa 17.86232.0008, dengan judul
penelitian Upaya Peningkatan Kreatifitas Belajar
Melalui model Pembelajaran Al Amtsal di MIS
Perdamean Sigambal Rantauprapat, Mahaiswa
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary
Labuhanbatu.
Bertolak dari pembahasan penelitian tentang
metode yang digunakan guru untuk meningkatkan
kreativiatas siswa dalam belajar belum efektif,
dimana kreatifitas belajar siswa berperan
membentuk karakter dan kreatifitas. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan merencanakan sebanyak 2 (dua) siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di
MIS Perdamean Sigambal, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran al-amtsal dapat
meningkatkan kreativitas belajar siswa khususnya
pada mata pelajaran fiqih materi ibadah haji pada
siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan ketuntasan hasil belajar fiqih pada
setiap siklus.
Pada kondisi awal nilai diperoleh adalah 6,0,
setelah dilakukan siklus pertama terdapat kenaikan
menjadi 73, dan selanjutnya pada siklus kedua
perolehan nilai menjadi 93,33. Berdasarkan hasil
yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran al-amtsal sangat efektif digunakan
untuk meningkatkan kreatifitas belajar.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Muhammad Zulham Munthe, Sahbuki Ritonga, & Leli hasanah Lubis. (2022). UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AL AMTSAL DI MIS PERDAMEAN SIGAMBAL RANTAUPRAPAT. Qalam Lil Mubtadiin, 1(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v1i1.40