OPTIMALISASI PENGGUNAAN YOU TUBE SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU DI SEKOLAH
Keywords:
Youtube, Pembelajaran Inovatif, Guru, Teknologi Pendidikan, Media DigitalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan platform video seperti YouTube. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana YouTube dapat dioptimalkan sebagai alat pembelajaran inovatif oleh para guru di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan observasi terhadap praktik pengajaran yang melibatkan YouTube sebagai media bantu. Hasil kajian menunjukkan bahwa YouTube mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman konsep abstrak, serta menyediakan sumber belajar yang variatif dan menarik. Namun, optimalisasi penggunaannya memerlukan pelatihan guru, kurasi konten, serta integrasi dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pelatihan berbasis TIK bagi guru dan pembentukan kurikulum digital yang mendukung penggunaan media YouTube secara efektif.
References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Cahyani, A., & Kusumah, R. G. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1-8.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan
Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: Kemendikbud.
Munir. (2012). Pembelajaran Digital: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan:
Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Susanti, N. (2020). Penggunaan media YouTube dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 123-130.
Wulandari, R. (2021). Pengaruh media YouTube terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 44-52.
Yuliana, R. (2019). Pemanfaatan media sosial YouTube sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-9.
Zulkarnain, A. (2018). Strategi penggunaan media digital dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 231-245.
Hidayat, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis video YouTube untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 155-165.
Iskandar, J. (2020). Efektivitas penggunaan video YouTube sebagai media pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Bandung. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 45-53.
Lestari, P. D. (2018). Peran guru dalam memanfaatkan media digital untuk pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(1), 75-83.
Ningsih, E. P., & Sutrisno, E. (2019). Analisis penggunaan YouTube dalam proses pembelajaran di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 89-97.
Pratiwi, A. R. (2021). Implementasi blended learning menggunakan YouTube dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 112-120.
Rahmawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan media YouTube terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37-45.
Santosa, H. (2019). Kendala dan solusi dalam pemanfaatan media pembelajaran digital di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(3), 210-220.
Sari, N. M., & Putri, F. (2018). Pemanfaatan media video pembelajaran berbasis YouTube dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 6(1), 50-58.
Setiawan, B. (2017). Media pembelajaran inovatif berbasis teknologi digital: Studi kasus penggunaan YouTube. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(1), 30-38.
Wahyuni, S. (2020). Pengembangan model pembelajaran menggunakan YouTube di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(2), 100-110.
Yani, R., & Andini, L. (2019). Pemanfaatan YouTube sebagai media belajar daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 345-356.
Zainuddin, M., & Mariani, S. (2018). Penerapan pembelajaran berbasis video melalui YouTube untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 233-242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dzakiyah Darajat, Anita Ayuanti, Abdul Fattah Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.