PENGARUH ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI MIS DESA LEDONGBARAT KECAMATAN AEKLEDONG KABUPATEN ASAHAN”.
DOI:
https://doi.org/10.58822/qlm.v1i1.38Keywords:
Pengaruh orang tua, Proses pembelajaran, Covid19.Abstract
Pada maca covid-19 dimana proses pembelajaran
harus berlangsung dengan baik maka pemerintah
melakukan pengawasan dengan memberlakukan
protocol Kesehatan yang ketat, tidak terlepas dari
Lembaga Pendidikan sehingga berimbas terhadap proses
pembelajaran. Maka untuk proses pembelajaran yang
harus dilaksanakan dilakukan kebijakan pembelajaran
melalui daring. Dalam pelaksanaan daring ini menuai
pro dan kontra dan wajib melibatkan peran orang tua
dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini menuai
permasahan yang banyak dikalangan orang tua, hal ini
menjadi salah satu objek daya tarik untuk penulis
lakukan penelitian.
Berdasarkan uraian diatas penulis berpendapat
bahwa pengertian pengaruh orang tua adalah kekuatan
atau daya yang ada dan timbul dari orang yang ikut
membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan
seseorang dalam keluarga yaitu ayah dan ibu kandung
atau yang dianggap tua karena cerdik pandai, ahli dan
sebagainya atau orang-orang yang dihormati atau orang
tua angkat pria dan wanita yang menjadi ayah dan ibu
seseorang berdasarkan adat atau hukum yang berlaku
untuk mempengaruhi orang lain yang berada dalam
keluarga itu agar mengikutinya atau bertingkah laku
sebagaimana yang dikehendaki oleh orang tua yang ada
dalam keluarga tersebut.
Kalau diinventarisir lebih rinci maka yang dimaksud
orang tua adalah sebagai berikut:
a). Ayah dan ibu kandung.
b). Ayah dan ibu angkat.
c). Orang yang paling dituakan dalam keluarga
tersebut.
d). Orang yang dianggap tua karena wibawanya.
Menghadapi bahaya virus covid-19 pemerintah
Indonesia melakukan berbagai kegiatan untuk
memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut
Bersama-sama dengan seluruh apat dan jajarannya
mengajak masyarakat untuk mengikuti protocol
Kesehatan. Diantara usaha pemerintah dengan
mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun
2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
dalam usaha percepatan penanganan Covid-19, hal ini
mempunyai dampak pembatan pada berbagai aktivitas
termasuk kegiatan Pendidikan.Sementara itu aktivitas
belajar dari rumah (BDR) secara resmi dikeluarkan
dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor
36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran Secara
Daring dan Bekerja Dari Rumah
Variabel yang penulis kemukakan terdiri dari
variable bebas dan variable terikan. Variabel bebas
adalah variable yang mempengaruhi atau menjadi sebab
perubahannya atau timbulnya variable dependent
(terikat), yang dalam hal ini untuk variable bebas
(Variable independent) disimbolkan dengan ‘X”. Variabel
X dalam penelitian ini adalah pengaruh orang tua, yang
akan mempengaruhi variable Y. Variabel terikat adalah
variable yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat
karena adanya variable bebas, variable ini disebut juga
Proceeding Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Buykhary 2
dengan variable independent yang disimbolkan dengan
“Y”. Adapun variable Y proses pembelajharan dimasa
covid 19