PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI AZAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MIS DARUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KANAN
DOI:
https://doi.org/10.58822/qlm.v1i1.36Keywords:
—Hasil Belajar, Fikih, Metode DemonstrasiAbstract
Darul Muhsinin, Penulis melihat masih ada sebagian
siswa yang memiliki kreativitas dan motivasi yang
tergolong rendah dalam proses pembelajaran. Hal ini
dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang
digunakan kurang tepat misalnya tidak sesuai atau
factor lainnya, hal ini mendorong penulis untuk
menelitinya lebih dalam.
Hasil belajar yang penulis maksud adalah sebuah
perubahan tingkah laku didalam diri seseorang,
perubahan tersebut menyangkut aspek kepribadian.
Dapat diambil kesimpulan bahwasannya hasil belajar
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya
interaksi, proses, dan evaluasi belajar. Interaksi antara
peserta didik dan pendidik untuk melakukan proses
pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar. Tidak
terlepas dari metode dan model pembelajaran yang
digunakan.
Adapun Metodologi penelitian yang dilakukan
didalam penulisan skripsi ialah penelitian tindakan kelas
(PTK). Metode ini untuk mengungkapkan apakahmodel
pembelajaran demonstrasidapat meningkatkan hasil
belajar mata pelajaran Fikih pada materi Azan di MIS
Darul Muhsinin.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar pada materi azan yang ditunjukkan dengan
meningkatnya hasil belajar dari siklus kedua, dimana
peningkatan tersebut mencapai 66,1 (9,30%).