PENGARUH METODE USWATUN HASANAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA

Authors

  • Asmanadia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Bukhari Is Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Dwina Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Metode, Uswatun Hasanah, Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Uswatun Hasanah terhadap pembentukan karakter siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024.

Uswatun Hasanah merupakan salah satu metode pembelajaran dalam Islam. Yaitu suatu metode keteladanan  yang menggunakan orang sebagai panutan dalam berbuat. Yang dimaksud dengan keteladanan adalah keteladanan yang baik dimana dengan meneladani panutannya bisa menjadikan seseorang mempunyai karakter (akhlak) yang baik. Lickona mengemukakan bahwa karakter adalah reliable inner disposition to respond to situation in a morrally good way. Yang berarti suatu terdalam dalam merespon situasi dalam suatu cara yang baik dan bermoral.

Metode penelitian yang digunakan yaitu Jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan  metode konvensional dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode Uswatun Hasanah. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 20 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh  thitung  >  ttabel (2,606 > 2,019). Sehingga ha diterima dan h0 ditolak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh  thitung = ttabel (2,606 > 2,019). Sehingga ha diterima dan h0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Uswatun Hasanah terhadap pembentukan karakter siswa materi Akhlakul Karimah di kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024.

References

Ahsanulkhaq, Moh, 2019, Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Prakarsa Paedagogia, ISSN : 2620-6641, 2.1, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Baroroh, R. Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati, 2020, Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, ISSN : 2721-2483, 9.2, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.

Departemen Agama RI, 2012, Mushafal-Qur`An Tafsir Perkata Kode Arab, PT Insan Media Pustaka, Jakarta.

Djaali, 2020, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara, Jakarta.

Fadilah, 2021, Pendidikan Karakter, Agrapana Media, CV. Agrapana Media, Jawa Timur.

Fatmasari, Era, dkk, 2022, Analisis Karakter Gemar Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar, Journal of Basic Education Research (JBER), ISSN : 2716-1560, 3.3, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia.

Gunawan, Heri, 2022, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi, ALFABETA, Bandung.

Hasanuddin, dkk, 2023, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2615-3564, 1.1, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang.

Hidayat, Otib Satibi, 2013, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan.

Iskandar, Bukhari, Suryatik, 2021, Metode Dan Model Pembelajaran, CV. Manhaji, Medan.

Khasanah, Hidayatul, Yuli Nurkhasanah, Agus Riyadi, 2016, Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Anak Hiperaktif Di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang, Jurnal Ilmu Dakwah, ISSN : 1693-8054, 36.1, UIN Walisongo Semarang.

Marzuki, 2015, Pendidikan Karakter Islam, Amzah, Jakarta.

Muslimin, Erwin, Siti Julaeha, Nurwadjah, Andewi Suhartini, 2021, Konsep Dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02.1, UIN Sunan Gunung Djati.

Nadhiratul, Hadiah, 2024, Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Kelas V Pada Mata Pelajaran PPKN dI MI, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nantara, Didit, 2022, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Di Sekolah Dan Peran Guru, Jurnal Pendidikan Tambusai, ISSN : 2614-3097, 6.1, Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Widang-Tuban.

Nasution, Hambali Alman, 2020, Pendidikan Karakter Perspektif Ibnu Sina, Al-Ikhtibar : Jurnaal Ilmu Pendidikan, ISSN : 2550-0686, 7.1, UIN Sunan Kalijaga.

Purwanti, Dwi, 2017, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya, DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, ISSN : 2581-1835, 1.2, SDN 1 Pohkumbang Karanganyar Kebumen Sejarah.

Rahmawati, Sutania, Arbaiyah Yusuf, Aisy. Zahra, Syaharani., K, 2023, Peranan Teori Belajar Psikoanalisa Dalam Pembentukan Karakter Remaja, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, ISSN : 2089-5364, 19.9, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Rifki, Muchamad, dkk, 2023, Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru Di Sekolah, Jurnal BASICEDU, ISSN : 2580-1147, 7.1, Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Pamanukan Indonesia.

Rofi`ie, Abdul Halim, 2017, Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan, Wakasita, 1.1, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Rohaenah, Ike Nilawati, Suhartini Andewi, Ahmad Nur Wadjah, 2020, Teologi Konsep Uswatun Hasanah Rosulullah, Jurnal Kajian Filsafat, Teologi, Dan Humaniora, ISSN : 2460-3635, 6.1, Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Setyaningrum, Yayuk, Rais Rahmat, Setianingsih Eka Sari, 2020, Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, ISSN : 2621-5705, 3.3, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia.

Situmorang, Johar T.H, 2020, Mengenal Kepribadian Manusia, Cahaya Harapan, Yogyakarta.

Solihin, Rahmat, 2021, Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah, CV.Adanu Adimata, Jawa Barat.

Suharyanto, Eka, Yunus, 2021, Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial CV Adanu Abimata, Jawa Barat.

Sutiono, Profesionalisme Guru, Tahdzib Al-Akhlak, Jurnal Pendidikan Islam, ISSN : 2721-2521, 4.2, Universitas Islam As-Syafi`Iyah.

Syafaruddin, Nurgaya Pasha, Mahariah, 2014, Ilmu Pendidikan Islam Melejitkan Potensi Budaya Umat , Hijri Pustaka Utama, Jakarta.

Tim Redaksi Nuansa, Aulia, 2006, Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Nuansa Aulia, Bandung.

Triwiyanto, Teguh, 2014, Pengantar Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Tussalekhah, Zakia, 2023, Penerapan Metode Uswatun Hasanah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Tk Anggrek Putih Teluk Betung Barat Bandar Lampung, UIN Raden Intan Lampung.

Wahyuni, Akhtim, 2021, Pendidikan Karakter Membentuk Pribadi Positif Dan Unggul Di Sekolah, UMSIDA Press, Jawa Timur.

Wirabumi, Ridwan, 2020, Metode Pembelajaran Ceramah, Annual Conference On Islamic Education And Thought, I.I, Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia.

Yani, Muhammad, 2021, Hakikat Guru Dalam Pendidikan Islam, Sultra Educational Journal (Seduj), ISSN: 2807-7474, 1.2, STIT Darussalamah Teupin Raya.

Yaqin, Muhammad Nurul, M. Robith Rosfan, 2021, Konsepsi Uswatun Hasanah Dalam Pendidikan Karakter Siswa, Fakta : Jurnal Pendidikan Agama Islam, ISSN : 2775-0906, 1.1, Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Preduan Sumenep, Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia.

Yuliani, Dinar, 2021, Implementasi Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran PKn Di SDN Baranangsiang, Aulad : Journal on Early Childhood, ISSN: 2655-433X, 4.3, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Asmanadia, Bukhari Is, Dwina Putri, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH METODE USWATUN HASANAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA. Qalam Lil Mubtadiin, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/283