PENERAPAN METODE LITERASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

Authors

  • Wina Sunartanti Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Jupriaman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

metode literasi, kualitas pembelajaran, PGMI, Pendidikan tinggi, literasi kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode literasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menggali pengalaman dan persepsi mahasiswa serta dosen terhadap metode literasi yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode literasi, seperti membaca kritis, diskusi berbasis teks, dan penulisan reflektif, secara signifikan meningkatkan pemahaman materi, keterampilan analisis, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dosen juga melaporkan peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran serta peningkatan kualitas tugas yang dihasilkan. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu dan variasi kemampuan literasi, penerapan metode literasi secara keseluruhan memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran di PGMI. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan untuk mengintegrasikan metode literasi secara lebih komprehensif dalam kurikulum dan menyediakan pelatihan bagi dosen untuk mengoptimalkan penerapan metode ini.

References

Amanda, Jenia, ‘Analisis Keterampilan Membaca Cepat Pesarta Didik Kelas III Di Bina Cendekia Islamic Elementary School’ (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Amin, Lutfil, Moch Fauzi, Mathori Mathori, Nasiruddin Nasiruddin, Miftahus Surur, and Ahmad Hafas Rasyidi, ‘Analisis Metode Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pembelajaran’, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2.2 (2024), pp. 1–12

Aritonang, Betty Debora, Ira Adi Citra, Ni Putu Diah Tirta Ningsih, and Komang Ayu Nuriasih, ‘Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Sd Melalui Metode Bercerita’, Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 1.1 (2021), pp. 297–309

Asmiranti, Yayu Laras, ‘PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP KELAS VI”’ (FKIP UNPAS, 2016)

Banatul Khoiriah, Irpan Siregar , I. S. ., Dwi Puspita Sari , D. P. S. ., & Irvandy Anugrah Nasution, I. A. N. (2024). PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/10

Hadi, Ahmad Abdul, Anisa Sarifah, Tauri Maftuhah, and Wiwin Dwi Putri, ‘Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar’, Renjana Pendidikan Dasar, 3.1 (2023), pp. 22–30

KRISHNA, PARAMA NANDA, ‘Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Mahasiswa PPKn Universitas Lampung Dalam Mengakses Informasi Media Sosial’, 2023

Nurbaeti, Nurbaeti, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin, ‘Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia’, Jurnal Tahsinia, 3.2 (2022), pp. 98–106

Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, and Syofiyah Hasna, ‘Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.2 (2022), pp. 8839–48

Rahman, Budi, and Haryanto Haryanto, ‘Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2’, Jurnal Prima Edukasia, 2.2 (2014), pp. 127–37

Supriyono, Supriyono, ‘Meningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner’, Indonesian Journal Of Elementary Education (Ijoee), 4.2 (2023), pp. 1–10

Timbowo, Afriani Putri, Alfareza Thaib, Ifana Lumayo, Abdul Rahmat, and Rusmin Husain, ‘Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Literasi Membaca Melalui Book Club Di Sdn 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo’, Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1.3 (2022), pp. 37–41

Yulianti, Nidha, ‘Penerapan Literasi Membaca Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang.’ (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta)

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Wina Sunartanti Sinaga, & Jupriaman. (2024). PENERAPAN METODE LITERASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI). Qalam Lil Mubtadiin, 2(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/221