ANALISIS ANTARA KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK
Keywords:
Kompetensi, Sosial, guru, Keterlibatan Orang TuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi sosial guru dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, penelitian ini meneliti bagaimana guru dengan kompetensi sosial tinggi mampu menciptakan lingkungan belajar kondusif dan menjalin hubungan positif dengan orang tua siswa. Kompetensi sosial guru, yang meliputi komunikasi efektif, empati, dan kemampuan membangun relasi positif, dianggap berperan penting dalam menciptakan iklim belajar yang suportif. Di sisi lain, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, baik melalui dukungan pembelajaran di rumah, partisipasi dalam kegiatan sekolah, maupun komunikasi rutin dengan guru, berdampak signifikan terhadap prestasi akademik dan perkembangan psikososial anakdan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru yang tinggi berkorelasi positif dengan tingkat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Keterlibatan orang tua juga dipengaruhi oleh komunikasi efektif yang dibangun oleh guru dengan orang tua. Artikel ini memberikan wawasan tentang pentingnya pengembangan kompetensi sosial guru dalam upaya meningkatkan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak.
References
Ambarwati, Dewi, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, And Sri Susanti, ‘Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8.2 (2021), Pp. 173–84
Anatasya, Ervina, Linda Cibya Rahmawati, And Yusuf Tri Herlambang, ‘Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Teknologi Digital Pada Anak’, Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2.1 (2024), Pp. 301–14
Banatul Khoiriah, Irpan Siregar , I. S. ., Dwi Puspita Sari , D. P. S. ., & Irvandy Anugrah Nasution, I. A. N. (2024). PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/10
Hayati, Fitriah, And Nordin Mamat, ‘Pengasuhan Dan Peran Orang Tua (Parenting) Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Paud Banda Aceh, Indonesia’, Jurnal Buah Hati, 1.2 (2014), Pp. 16–30
Huda, Mohamad Nurul, ‘Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Pendidikan’, Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6.1 (2017), Pp. 42–62
Julita, Vita, ‘Analisis Kompetensi Sosial Guru Kelas V B Sdn 001 Pasar Lubuk Jambi Kab. Kuantan Singingi’, 2021
Lilawati, Agustin, ‘Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.1 (2020), Pp. 549–58
Lubis, Leli Hasanah, ‘Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama Pandemi’, Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5.1 (2021)
Nurfazriah, Indah, Annisa Nurhayati Hidayat, Rina Kartikasari, And Duan Yusuffina, ‘Peningkatan Pengetahuan Kader Tentang Kesehatan Ibu Dan Anak Dalam Upaya Pencegahan Aki Dan Akb Di Desa Citaman’, International Journal Of Community Service Learning, 5.4 (2021), Pp. 324–32
Padmadewi, Ni Nyoman, Luh Putu Artini, Putu Kerti Nitiasih, And I Wayan Swandana, ‘Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7.1 (2018), Pp. 64–76
Purnamaningsih, Ine Rahayu, And Tedi Purbangkara, Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Uwais Inspirasi Indonesia, 2022)
Rahma, Sitti, And Irwan Akib, ‘Peran Kompetensi Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9.3 (2023), Pp. 1544–54
Solihat, Ai, Didin Sahidin, Lina Siti Nurwahidah, And Winka Naida, ‘Analisis Struktur Dan Budaya Pesantren Pada Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy’, Jurnal Cahaya Mandalika Issn 2721-4796 (Online), 4.3 (2023), Pp. 310–15
Suryadi, Bambang, ‘Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua, Konsep Diri, Dan Regulasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa’, 2018
Tampubolon, Rina Anggita, Woro Sumarni, And Udi Utomo, ‘Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2021), Pp. 3125–33
Vitasari, Wulan, ‘Komunikasi Guru Dengan Siswa Membangun Motivasi Belajar Siswa’, 2021