PERAN GURU DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Nora Dalimunthe Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19, Teknologi Informasi, Aplikasi Pembelajaran, Tantangan Guru, Media Internet

Abstract

Semua pihak menyadai bahwa proses pembelajaran tidak boleh terhenti. Situasi Covid-19 memberikan pembelajaran untuk tetap berbuat termasuk dalam dunia pendidikan. Semua pihak secara suka atau tidak suka dalam menjalankan usahanya dengan menggunakan jarak jauh yaitu dengan memanfaatkan internet sebagai sama berkomunikasi denga menggunakan berbagai aplikasi seperti  Short Massage Service (SMS), WhatsApp Group, Zoom Meeting, yang didukung oleh aplikasi berjalan pada perangkat seluler dan dapat diakses dari komputer. Proses pembelajaran saat covid berlangsung melalui berbagai aplikasi tersebut diatas. Dan saat ini proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dan menggunakan aplikasi zoom dan lain sebagainya sehingga menambah teknik pembelajaran atau disebut juga dengan proses pembelajaran jarak jauh.

Dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh ini, guru dituntut untuk dapat mengoperasikan aplikasi dan perangkat baik software maupun hardware. Ruang kelas dialihkan menjadi sebuah medium. Fakta dilapangan ditemukan bahwa banyak guru mengoperasikan WhatsApp Group sebagai pengganti kelas saat pembelajaran jarak jauh, ada yang dapat menjalankan operasi di sistem Zoom untuk melakukan pembelajaran, menggunakan email saat pembelajaran jarak jauh berlangsung.

Pembelajaran jarak jauh merupakan sebuah proses pembelajaran yang memisahkan antara peserta didik dan pendidik yang disebabkan berbagai faktor dan situasi dengan menggunakan bantuan media, metode atau teknik khusus dan juga memanfaatkan teknologi informasi sabagai sarana perantara komunikasi atau interaksi peserta didik dengan pendidik dalam menyampaikan materi atau mengumpulkan tugas saat proses pembelajaran tanpa harus bertemu secara langsung. Semua proses pembelajaran dilakukan dengan baik dengan bantuan kemajuan teknologi informasi sehingga dapat menghubungkan pendidik dan peserta didik melalui laman elearning, whatsapp, google class, aplikasi zoom maupun you tube

Tantangan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran jarak jauh (1) Gagap teknologi dalam menggunakan media internet misalnya dalam menggunakan smartphone, laptop dan benda pendukung lainnya. (2) Jaringan internet yang tidak mendukung. (3) Sarana pendukung pembelajaran siswa kurang memadai. (4) Pembuatan rencana pembelajaran jarak jauh (5) Kemampuan ekonomi yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran menggunakan media internet

References

Azzahra, Puspita Selly. 2021, Tantangan dan Upaya Guru SMA dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Pendidikan, Vol.12 No. 2 Universitas Padjadjaran, Bandung.

Hanurani, Hikmawati. 2019, Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Biologi Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13 No. 35 Balai Pendidikan dan Penelitian Bandung.

Irpan Siregar, I. S., Suryatik, & Muhammad Zulham Munthe. (2024). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI DI STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU SUMATERA UTARA. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/3.

Irvandy Anugrah, I. A., Jupriaman, Dwina Putri , D. P. ., & Muhammad Zulham Munthe , M. Z. M. . (2024). POTENSI DAN TANTANGAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/9

Iskandar Bukhari, 2018, Panduan Penulisan Karya Ilmiah dan Skripsi, ISBN 978-602-6918-87-1, Penerbit Kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Sumatera Utara dengan CV. Manhaji, Medan.

Nanda, Pristika Mellysa. dkk, 2021, Peran Guru Terhadap Meningkatkan Kemampuan Paserta Didik Selama Pembeljaaran Jauh Ditengah COVID-19 di MTsN Binjai, Jurnal JURMA, Vol. 5 No. 1 Universitas Negeri Sumatera Utara, Medan.

Pakpahan, Roida. 2020, Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19, Jurnal JISAMAR, Vol. 4 No. 2 Universitas Bina Sarana Informatika, Jawa Barat.

Prawiyogi, Giri Anggy. 2020, Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta, Jurnal Pendidikan Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang Indonesia, Jawa Barat.

Sabaniah, Siti. dkk, 2021, Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid – 19, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2 No. 1 Universitas Sunan Gunung Djati, Cirebon.

Satrianingrum, Prima Arifah. dkk, 2021, Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 1 Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryatik, 2020, Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, ISBN 978-623-6763-02-5, Penerbit Kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Sumatera Utara dengan CV. Manhaji, Medan.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Nora Dalimunthe, & Suryatik. (2024). PERAN GURU DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Qalam Lil Mubtadiin, 2(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/215