MENINGKATKAN KAPASITAS MAHASISWA DENGAN PERAN NARASUMBER DALAM PEMBEKALAN BEM STIT AL BUKHARY LABUHANBATU

Authors

  • Sahbuki Ritonga STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Kapasitas mahasiswa, peran, narasumber, pembekalan, BEM, STIT Al Bukhary Labuhanbatu – Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa melalui peran narasumber dalam kegiatan pembekalan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIT Al Bukhary Labuhanbatu – Sumatera Utara. Kegiatan pembekalan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat kemampuan akademis dan non-akademis mahasiswa, yang tergabung di dalam BEM sehingga dapat  diharapkan dalam mendukung pencapaian kompetensi yang lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi kegiatan pembekalan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran narasumber dalam pembekalan BEM memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kapasitas mahasiswa. Narasumber, yang terdiri dari para ahli dan praktisi di berbagai bidang, memberikan wawasan, pengalaman dan pengetahuan yang relevan dan up-to-date, serta membagikan pengalaman praktis yang dapat diaplikasikan oleh mahasiswa dalam konteks akademis dan profesional. Selain itu, interaksi langsung dengan narasumber juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan dalam studi dan karir mereka di masa depan.

Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan pembekalan dengan melibatkan narasumber internal adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa. Implementasi yang konsisten dan terencana dari kegiatan semacam ini jelas dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan bakat serta keterampilan secara kritis, analitis, dan praktis yang diperlukan dalam pekerjaan mereka serta dunia kerja kelak. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar institusi pendidikan tinggi lainnya dapat mengadopsi pendekatan serupa di dalam program pengembangan mahasiswa mereka, guna mencapai hasil yang lebih optimal dalam pembentukan kompetensi dan kesiapan kerja lulusan.

References

Abduh, Muhammad, Nugroho, and Siskandar, ‘Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa’, Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 1 (1).1 (2014), 1–9

Avi Yanni, Izzatin Kamala, Muhammad Shaleh Assingkily, and Rahmawati Rahmawati, ‘Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan Di Sd Negeri Demakijo 2’, Jurnal Pendidikan, 21.1 (2020), 64–75 <https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.843.2020>

Ipah, Mujiyanto, and Supartono, Hubungan Antara Organisasi BEM Dengan Perilaku Pro-Sosial Mahasiswa STIAB Smaratungga, Academy of Education Journal (Online, 2024), XV

Irpan Siregar, I. S., Suryatik, & Muhammad Zulham Munthe. (2024). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI DI STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU SUMATERA UTARA. Zeniusi Journal, 1(1). https://journal.zeniusi.com/zj/article/view/3

Jayadi, Agung, Desy Hanisa Putri, and Henny Johan, ‘Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika’, Jurnal Kumparan Fisika, 3.1 (2020), 25–32 <https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32>

KBBI, Shared by: MY-DIARYZONE, 2005

Kurniawan, Arifin Hendri, and Shulhuly Ashfahani, ‘Peran Narasumber Dalam Keberlangsungan Program Talk Show Inspirasi Pagi Di JAK TV Tahun 2016’, Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 10.03 (2018), 128 <https://doi.org/10.38041/jikom1.v10i03.37>

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri, ‘Analisis Pengembangan Bahan Ajar’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.2 (2020), 170–87 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara>

Mahmawati, Diyah, Stit Miftahul, and Midad Lumajang, Gerakan Literasi Pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Kabupaten Lumajang, Research Journal: Journal of Social Humanities, CCI

Marjaya, Indra, and Fajar Pasaribu, ‘Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai’, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2.1 (2019), 129–47 <https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650>

Pada, Dosen, Program Studi, Pendidikan Islam, Anak Usia, and Labuhanbatu Sumatera Utara, ‘PERANAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PIAUD SEKOLAH’, 2023, 7–12

Puspitasari, Novi, ‘Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Melalui Pelatihan Public Speaking’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2.2 (2023), 89–96 <https://doi.org/10.54099/jpma.v2i2.622>

Sany, Ezrifal, ‘Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) Prosiding SENATIKA 2021 Aplikasi EVoting Pada Pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nurdin Hamzah’, Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), 2021, 398–408

Septyan, Krisno, and Fadhli Suko Wiryanto, ‘Pembekalan Atas Fenomena Pre-Post Pernikahan Usia Dini Di Kampung Cibuyutan’, Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.1 (2023), 44–48 <https://doi.org/10.24071/aa.v6i1.5375>

Sudarsono, Blasius, ‘Memahami Dokumentasi’, Acarya Pustaka, 3.1 (2017), 47 <https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12735>

Wardaningsih, Shanti, Muhammad Arif Rizqi, Annisa Warastri, and Deasti Nurmaguphita, ‘Peer Counselor’, 3 (2023)

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Sahbuki Ritonga. (2024). MENINGKATKAN KAPASITAS MAHASISWA DENGAN PERAN NARASUMBER DALAM PEMBEKALAN BEM STIT AL BUKHARY LABUHANBATU. Qalam Lil Mubtadiin, 2(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/211